Home  /  Wisata Sumatera  /  Aceh  / 4 Obyek Wisata Air Terjun di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan

4 Obyek Wisata Air Terjun di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan


4 Obyek Wisata Air Terjun di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan

Obyek wisata air terjun merupakan salah satu tempat yang menyenangkan untuk berlibur bersama dengan teman atau keluarga. Terdapat 4 obyek wisata air terjun di Aceh yang mempesona. Salah satu dari air terjun tersebut berada di pulau Weh.

Berikut 4 Obyek Wisata Air Terjun di Aceh :

air terjun pria laot1. Air Terjun Pria Laot

Wisata air terjun Pria Laot terletak di hulu Gunung Sarung Keris, pulau Weh. Tempat wisata ini sering dikunjungi oleh wisatawan.

Untuk menuju ke lokasi wisata, wisatawan bisa menggunakan kendaraan bermotor.

Setelah menempuh perjalanan selama 12 km dari kota Sabang, perjalanan akan berhenti di sebuah areal parkir kendaraan di dekat menara pompa air minum kota Sabang.

Kemudian, perjalanan akan dilanjutkan dengan cara berjalan kaki sejauh 1 km menelusuri jalan setapak yang telah di beton. Sembari menikmati panorama alamnya yang indah, petualangan menuju ke lokasi wisata air terjun Pria Laot akan terasa menyenangkan. Dalam waktu sekitar 25 menit, wisatawan telah sampai di tempat wisata ini.

Selain berfoto dan bersantai di tepi kolam air terjun Pria Laot, biasanya para wisatawan juga akan berenang atau berendam di dalam kolam. Dengan kedalaman kolam antara 1 hingga 1,5 meter, tentunya akan memberikan kepuasan kepada setiap wisatawan. Belum begitu lama berendam di dalam kolam ini, tiba-tiba seperti ada yang menggelitik di beberapa bagian tubuh. Ternyata di kolam air terjun Pria Laot, terdapat ikan Garra Rufa.

Read more

air terjun lhoong2. Air Terjun Lhoong

Bersantai di atas batu besar sembari menikmati panorama alam yang indah dan berhawa sejuk adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan di lokasi wisata air terjun Lhoong.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati kesegaran dari airnya yang sejuk.

Kolam air terjun Lhoong memiliki 3 tingkat kedalaman sehingga dapat memberikan kepuasan bagi setiap wisatawan untuk berenang atau berendam di dalam kolam tersebut.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, obyek wisata air terjun Lhoong berlokasi di desa Tunong Krueng Kala, kec. Lhoong, kab. Aceh Besar. Jarak lokasi air terjun dari kota Banda Aceh sekitar 75 km.

Selama perjalanan menuju ke tempat wisata dengan menggunakan kendaraan bermotor, wisatawan akan melalui rute pegunungan yang sarat akan tanjakan, turunan, dan berkelok-kelok. Oleh karena itu, bagi wisatawan yang mudah mabok, disarankan untuk minum obat anti mabok sebelum menuju ke lokasi. Terkecuali untuk sopir, karena obat tersebut dapat menyebabkan kantuk.

Read more

air terjun sangka pane3. Air Terjun 17 Tingkat

Air Terjun 17 Tingkat, dengan membaca namanya sebagian besar wisatawan akan membayangkan bahwa air terjun ini memiliki 17 tingkatan.

Bayangan tersebut tidak salah, air terjun 17 tingkat memiliki 17 tingkatan air yang mempesona.

Namun, ada sebagian wisatawan yang berpendapat bahwa air terjun tersebut hanya memiliki 7 tingkatan.

Bahkan penduduk setempat berpendapat bahwa air terjun 17 tingkat mempunyai 20 tingkatan. Perbedaan pendapat ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung atau berwisata ke obyek wisata yang indah ini. Mereka ingin membuktikan sendiri jumlah tingkatan pada air terjun 17 tingkat yang telah terkenal di kalangan wisatawan.

Selain itu, panorama alam di sekitar air terjun sangat menawan. Udaranya bersih dan berhawa sejuk, airnya jernih dan menyegarkan. Setiap wisatawan yang berlibur ke tempat wisata ini, akan merasa bahagia, tenang dan nyaman.

Air terjun 17 tingkat terletak di kab. Aceh Tamiang, tepatnya di desa Bengkelang dan Pengidam, kec. Bandar Pusaka. Jarak lokasi wisata ini dari ibukota kec. Bandar Pusaka sekitar 8 km. Namun, jika wisatawan berangkat dari ibukota kab. Aceh Tamiang (Karang Baru), jarak yang harus ditempuh untuk menuju ke tempat wisata ini sekitar 50 km.

Setelah memarkir kendaraan pada areal yang telah disediakan, wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki. Rute untuk menuju ke lokasi wisata air terjun cukup berat, karena harus melalui jalan menurun yang cukup tajam.

Read more

air terjun blang kolam4. Air Terjun Blang Kolam

Obyek wisata air terjun Blang Kolam tidaklah asing bagi penduduk kota Lhokseumawe.

Umumnya, mereka telah lebih dari satu kali berkunjung ke tempat wisata yang indah ini.

Hal ini disebabkan karena air terjun Blang Kolam hanya berjarak sekitar 21 km dari kota Lhokseumawe, tepatnya di desa Sido Mulyo, kec. Kuta Makmur.

Air terjun Blang Kolam memiliki ketinggian hingga 75 meter. Tentunya dengan ketinggian tersebut, air yang terjun menghempas batu karang akan menciptakan suara gemuruh yang menakjubkan.

Panorama alam di sekitar air terjun yang asri, serta udaranya yang sejuk dan menyegarkan, pastinya menjadikan tempat wisata ini menjadi tujuan para wisatawan untuk berlibur bersama dengan keluarga atau teman. Apalagi pada saat musim libur, obyek wisata ini begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Namun, wisatawan harus melakukan sedikit perjuangan untuk mencapai lokasi wisata air terjun di Aceh ini. Setelah melewati pintu masuk, perjalanan akan dilanjutkan dengan cara menuruni ratusan anak tangga yang akan menuntun wisatawan menuju ke tepi air terjun. Wisatawan tidak perlu terburu-buru, jika terasa lelah sediakan waktu untuk beristirahat sembari menikmati panorama alam yang menawan dan berhawa sejuk.

Read more

==>> Ingin mengenal lebih jauh mengenai tempat wisata di Aceh, silahkan berkunjung di sini.

Itulah 4 obyek wisata air terjun di Aceh yang indah dan menawan. Tidak lengkap rasanya jika berwisata ke Aceh namun tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke obyek wisata air terjunnya.

Please Share :

Related Post


Pulau Rubiah – Surga Taman Laut di Kepulauan Weh
Pulau Rubiah – Surga Taman Laut di Kepulauan Weh

Aceh kota serambi Mekkah, kalimat ini telah sering kita dengar.…

Menikmati Panorama Pantai Gapang – Indah dan Menawan
Menikmati Panorama Pantai Gapang – Indah dan Menawan

Pantai Gapang, belum banyak wisatawan yang mengetahui keindahan dari pantai…

Indahnya Pantai Anoi Itam
Indahnya Pantai Anoi Itam

Sebuah pantai yang unik dan memiliki pasir yang berwarna hitam…

Suasana Santai di Kawasan Wisata Benteng Kuto Besak
Suasana Santai di Kawasan Wisata Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak Palembang adalah sebuah bangunan keraton yang didirikan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *