Home  /  Wisata Jawa  / 2 Wisata Air Terjun di Yogyakarta yang Wajib Untuk Dikunjungi

2 Wisata Air Terjun di Yogyakarta yang Wajib Untuk Dikunjungi


2 Wisata Air Terjun di Yogyakarta yang Wajib Untuk Dikunjungi

Apakah Anda sedang liburan di Kota Yogya? Kota yang nyaman ini memang kaya akan tempat wisata menarik. Selain wisata candi dan goa, juga terdapat wisata air terjun.

Berikut 2 wisata Air Terjun di Yogyakarta yang wajib untuk dikunjungi: 

air-terjun-goa-cerme1. Indahnya Air Terjun Goa Cerme

Masih asing dengan tempat wisata ini? Air Terjun Goa Cerme juga termasuk salah satu wisata yang terletak di Desa Giritirto, Kabupaten Bantul, Yogyakarta atau sekitar 27 km dari Bantul.

Goa ini memiliki sejarah masa lalu karena sering dimanfaatkan oleh Wali Songo untuk mencari inspirasi atau membicarakan hal-hal penting. Tapi sayangnya promosi wisata ini kurang terdengar gaungnya.

Goa Cerme memiliki banyak ruang-ruang kosong, dalam, dan panjang sehingga harus berhati-hati pada saat masuk. Selain itu, juga karena banyaknya sarang kelelawar. Namun pemandangannya yang indah tidak akan mengecewakan.

Stalaktit dan stalagmit yang ada di dalam goa sangatlah indah. Stalaktit dan juga stalagmit tersebut berbentuk ornamen seperti sodastraw, moon milk, atau juga pilar besar berwarna putih berkilau yang terlihat seperti kristal. Disamping itu, juga mengalir sungai kecil di sepanjang goa ini.

Pada pinggir goa terdapat juga bebatuan yang sangat indah, dan jika wisatawan menganggap goa ini hanya goa biasa, Anda salah. Karena jika Anda bersabar sedikit, wisatawan akan menemukan Air Terjun yang berlokasi di ujung goa.

Air Terjun ini mengalir dengan deras dan sangat indah. Melihat air terjun yang biasanya terdapat di alam bebas, kini bisa Anda saksikan juga di dalam sebuah goa. Air Terjun inilah yang membuat Goa Cerme memiliki sungai kecil di dalamnya.

Pada saat musim hujan tiba, aliran air terjun tersebut juga akan semakin deras. Oleh karena itu, wisatawan jangan menyerah sampai di tengah goa ya. Karena perjalanan panjang selama hampir dua jam tersebut tidak akan mengecewakan.

Berdasarkan pada beberapa sumber informasi, ada banyak wisatawan yang menyerah di tengah jalan, dan salah satu hal yang patut diketahui yaitu wisatawan dapat keluar dari Goa Cerme dengan melewati Air Terjun Goa Cerme sebagai pintu keluar.

Pada saat wisatawan berwisata ke tempat ini, pastikan Anda menggunakan pakaian yang nyaman dan mudah kering karena medannya cenderung basah. Pastikan juga Anda menggunakan sepatu boot atau sepatu biasa yang tidak licin.

wisata-air-terjun-di-yogyakarta2. Air Terjun Sri Gethuk dan Pesonanya

Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu obyek wisata populer di Yogyakarta.

Diapit oleh dua tebing dengan ketinggian sekitar 50 meter, air terjun tersebut selalu mengalir dan bisa dinikmati kapanpun.

Uniknya, air yang berlimpah tersebut terletak di kawasan tanah tandus Gunung Kidul.

Pesona Air Terjun Sri Gethuk memang terus memikat dan menarik banyak wisatawan. Bahkan, akhir tahun lalu lokasi tersebut dijadikan sebagai tempat syuting salah satu film Hollywood ‘Beyond Skyline’. Momentum tersebut tentu menjadi promosi terbaik dan semangat tersendiri untuk mengembangkan obyek wisata di Tanah Air.

Fasilitas

Jika dibandingkan lokasi wisata lainnya, Air Terjun Sri Gethuk belum memiliki banyak fasilitas. Meski demikian, pengunjung tetap bisa menikmati pesonanya dengan menyewa perahu untuk menyusuri area sekitar. Bagi pengunjung yang tidak bisa berenang juga ada penyewaan ban.

Tarif yang dikenakan sekitar Rp 7000/orang untuk kapal, dan Rp 5000 per ban (tarif bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan).

Selain itu, di sekitar kawasan juga terdapat warung-warung makanan. Menurut pengelola, rencananya akan ada penambahan fasilitas menarik seperti flying fox dan rafting.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Dari informasi terbaru, untuk bisa menikmati objek wisata ini pengunjung dikenakan tarif sekitar Rp 10000/orang (harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan).

Jam kunjungan dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Waktu terbaik untuk berwisata ke sana adalah ketika musim kemarau dan tiba di lokasi sekitar pukul 12 siang. Di waktu tersebut pengunjung akan disajikan pemandangan pelangi dan kejernihan air yang indah.

Baca : Kebun Binatang Gembira Loka

Transportasi

Kawasan Air Terjun Sri Gethuk berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Yogyakarta. Lokasi tersebut tepatnya berada di Dusun Menggoran, Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta.

Untuk menuju ke sana hanya bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi. Terdapat dua jalur yang bisa dilalui, diantaranya:

– Jalur utama

Start dari pusat kota Yogyakarta – Jalan Wonosari – melewati bukit Pathuk – kemudian pertigaan Gading dan pilih arah kanan lewat Playen. Lalu belok kanan lewat kecamatan Palihan – ada pertigaan ambil kanan. Dari sana terdapat beberapa papan petunjuk arah menuju ke kawasan Air Terjun Sri Gethuk.

– Jalur alternatif

Lewat jalan Imogiri Barat – kemudian Panggang – Paliyan – lewat Playen – lalu Bleberan. Kemudian langsung menuju ke arah Goa Rancang Kencono.

Jika ingin ke lokasi dengan memakai perahu, maka wisatawan harus berjalan kaki sekitar 300 m ke dermaga. Anda juga bisa memilih berjalan kaki sejauh 450 m dengan melewati pematang sawah serta menuruni 96 anak tangga.

Please Share :

Related Post


Museum Keraton Yogyakarta
Museum Keraton Yogyakarta

Museum merupakan salah satu tempat yang banyak dipilih baik untuk…

Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta
Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Ketika musim liburan tiba, banyak keluarga mulai merencakan perjalanan wisata.…

20 Obyek Wisata Di Surabaya yang Patut Dikunjungi
20 Obyek Wisata Di Surabaya yang Patut Dikunjungi

Surabaya – Ibukota Provinsi Jawa Timur ini merupakan kota terbesar…

4 Candi di Yogyakarta Selain Candi Prambanan
4 Candi di Yogyakarta Selain Candi Prambanan

Yogyakarta tidak hanya memiliki sebuah candi yang telah terkenal hingga…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *