Home  /  Wisata Sumatera  /  Aceh  / Nikmatnya Wisata Alam Di Pulau Weh

Nikmatnya Wisata Alam Di Pulau Weh


Nikmatnya Wisata Alam Di Pulau Weh

Di bagian paling barat kepulauan Indonesia terdapat sebuah pulau yang sangat menawan keindahan alamnya. Pulau ini dikenal dengan nama Pulau Weh. Sebuah pulau yang indah dengan luas sekitar 121 km2, dan masih termasuk di dalam wilayah Provinsi Aceh.

Di sekitar Pulau Weh terdapat 4 buah pulau kecil lainnya, yaitu Pulau Seulako dengan luas 0,055 km2, Pulau Klah dengan luas 0,186 km2, Pulau Rubiah dengan luas 0,357 km2, dan Pulau Rondo dengan luas 0,650 km2. Pulau Rubiah adalah pulau paling utara di Indonesia.

Keindahan Pulau Weh tidak hanya dikenal di Indonesia saja. Wisatawan asing juga banyak yang berkunjung ke Pulau Weh untuk menikmati keindahan alamnya yang masih alami. Sehingga tidak heran jika banyak yacht dan kapal pesiar yang berkunjung ke tempat wisata ini. Bahkan menurut beberapa sumber, keindahan taman laut di Pulau Weh tidak kalah jika dibandingkan dengan keindahan taman laut Bunaken di Sulawesi Utara.

taman laut-wisata alam di pulau weh

Kota Sabang adalah kota terbesar di Pulau Weh. Kota ini merupakan zona ekonomi bebas Indonesia. Di bagian utara kota Sabang terdapat bangunan peninggalan Belanda dan sebuah pemandangan laut yang indah. Sedangkan di bagian selatan kota terdapat pemukiman tradisional, toko dan restoran.

Nikmatnya wisata alam di pulau Weh bukanlah hanya omongan semata. Salah satu kegiatan rekreasi yang paling menyenangkan di pulau ini adalah menyelam. Dengan menyelam, wisatawan dapat menikmati keindahan alam laut di tempat wisata ini. Salah satu lokasi menyelam yang sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah Taman Laut di Pulau Rubiah.

Di tempat ini wisatawan dapat melihat keindahan terumbu karang dan aneka ikan hias yang cantik. Bahkan ada beberapa wisatawan yang berjumpa dengan ikan pari manta, lumba-lumba, penyu dan paus. Agar kegiatan menyelam ini menjadi lebih berkesan, wisatawan dapat menyewa seorang instruktur yang akan memberikan panduan untuk menuju ke lokasi-lokasi penyelaman yang paling indah di Pulau Weh.

wisata alam di pulau weh

Berikut beberapa tempat wisata yang menarik di Pulau Weh :

1. Pantai Anoi Itam

Pantai yang indah dengan bentangan pasir berwana hitam.

2. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga memiliki tiga buah sumur air tawar di sepanjang pantai. Berbeda dengan pantai Anoi Itam, pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih.

3. Pantai Gapang

Pantai Gapang adalah pantai yang sangat menawan, ada banyak resort yang bisa ditemui di pantai Gapang. Pantai ini merupakan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Pulau Weh.

4. Pantai Iboih

Berlokasi di ujung barat Pulau Sumatera, pantai Iboih memberikan sebuah keindahan alam yang masih alami. Air laut di pantai Iboih begitu jernih, sehingga membuat beberapa wisatawan tampak asyik dengan aktivitas diving dan snorkeling.

5. Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot merupakan salah satu obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi di pulau Weh. Selain berfungsi sebagai sumber air tawar bagi penduduk di Pulau Weh, danau ini juga memiliki panorama alam yang masih alami dan menawan.

6. Air Terjun Pria Laot

Tidak hanya wisata pantai yang bisa dinikmati di Pulau Weh, di tempat ini juga terdapat wisata air terjun yang bernama Pria Laot. Air terjun ini berlokasi di Desa Pria Laot, Kelurahan Iboih, Sabang, Provinsi Aceh.

7. Pulau Rubiah

Pulau tak berpenghuni yang masih alami, indah dan menawan. Pulau Rubiah terkenal dengan wisata lautnya yang sangat cantik.

8. Tugu Nol km, Melintasi Jalan Monyet (Monkey Road)

Lokasi ini adalah titik nol wilayah Indonesia. Posisinya berada di ujung barat laut Pulau Weh, tepatnya di dalam kawasan Hutan Wisata Sabang. Untuk menuju ke sana, wisatawan akan melintasi “jalan monyet” yaitu sebuah jalan yang memiliki banyak spesies monyet. Monyet-monyet tersebut dilestarikan dan dilindungi.

9. Pemandian Air Panas Keuneukai

Sebuah tempat pemandian air panas yang dapat memberikan kesegaran bagi para wisatawan. Pemandian Air Panas Keuneukai dipercaya dapat meningkatkan stamina dan menyembuhkan berbagai penyakit.

penyu-wisata alam di pulau weh

Transportasi Menuju Ke Wisata Alam Pulau Weh

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Weh, wisatawan dapat menggunakan kapal ferry dari pelabuhan Ulee Lheue di kota Banda Aceh untuk menuju ke pelabuhan Balohan di Pulau Weh. Perjalanan ini akan membutuhkan waktu selama kurang lebih 2 jam.

Selain menggunakan kapal ferry, terdapat pilihan yang lain yaitu menggunakan speed boat. Dengan menaiki speed boat, dalam waktu sekitar 45 menit wisatawan telah sampai di pulau Weh. Namun, pastinya tarif speed boat lebih mahal dibandingkan tarif kapal ferry.

Selama berwisata di Pulau Weh, wisatawan bisa menggunakan transportasi umum seperti minibus, taksi dan juga becak. Disamping itu, juga tersedia jasa rental mobil dan motor. Tentunya perjalanan wisata akan lebih menarik jika wisatawan menyewa mobil atau motor.

Jika wisatawan adalah seorang petualang, liburan ini akan terasa lebih berkesan apabila wisatawan mengelilingi pulau Weh dengan cara berjalan kaki. Panorama alamnya yang menawan mampu untuk memberikan kenyamanan selama wisatawan berjalan kaki.

Penginapan Di Pulau Weh

Nikmatnya wisata alam di pulau Weh akan membuat para wisatawan merasa nyaman selama berada di tempat wisata ini. Hal ini membuat beberapa wisatawan memilih untuk tinggal lebih lama di pulau yang mempesona ini.

Oleh karena itu, telah disediakan beberapa penginapan dengan variasi standar harga. Jika wisatawan ingin merasakan kehidupan yang sederhana, maka wisatawan bisa mencoba penginapan pondok kayu.

Akan tetapi, bagi wisatawan yang menyukai lingkungan yang lebih nyaman, telah tersedia beberapa cottage di pulau ini yang tentunya menawarkan harga yang lebih mahal.

Souvenir Khas Pulau Weh

Souvenir khas dari pulau ini adalah barang-barang yang terbuat dari bahan kayu dan batok kelapa.

Kuliner Di Pulau Weh

Di pasar tradisional, wisatawan bisa membeli aneka buah-buahan tropis yang segar, lauk pauk dan makanan ringan tradisional seperti : dodol, keripik, kue, dan roti khas pulau ini. Hampir semua makanan yang dijual di pasar ini adalah kreasi penduduk Pulau Weh.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pasar ini, usahakan untuk datang di pagi hari, karena pada pagi hari masih terdapat banyak pilihan aneka jajanan di pasar ini.

Jika wisatawan ingin merasakan kelezatan makanan laut andalan Pulau Weh, makanan tersebut dapat ditemukan di daerah pantai Gapang, Ujong Kareung, dan di daerah pantai Iboih. Kelezatan makanannya sebanding dengan harganya.

Saran

  1. Usahakan untuk menggunakan pakaian yang santai dan sopan.
  2. Panasnya cuaca di sekitar pantai dapat membuat kulit seperti terbakar. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menggunakan krim tabir surya.
Please Share :

Related Post


Tugu Nol Kilometer Kota Sabang – Melewati Monkey Road
Tugu Nol Kilometer Kota Sabang – Melewati Monkey Road

R. Soerardjo adalah pencipta lagu Dari Sabang Sampai Merauke. Lagu…

Pantai Kuala Merisi – Pesona Pantai di Aceh Jaya
Pantai Kuala Merisi – Pesona Pantai di Aceh Jaya

Provinsi Aceh memiliki beberapa pantai yang indah dengan karakteristik tersendiri…

Berwisata Sembari Berolahraga di Jakabaring Sport City
Berwisata Sembari Berolahraga di Jakabaring Sport City

Di kota Palembang terdapat sebuah lokasi yang menyenangkan untuk bersantai…

4 Obyek Wisata Air Terjun di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan
4 Obyek Wisata Air Terjun di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan

Obyek wisata air terjun merupakan salah satu tempat yang menyenangkan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *