Home  /  Wisata Bali  / Wisata Bahari Tulamben – Pesona Alam Bawah Laut Yang Menawan

Wisata Bahari Tulamben – Pesona Alam Bawah Laut Yang Menawan


Wisata Bahari Tulamben – Pesona Alam Bawah Laut Yang Menawan

Tulamben merupakan sebuah desa yang memiliki pesona alam bawah laut yang menawan. Hampir setiap hari desa ini selalu dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal ataupun wisatawan asing. Mereka bertujuan untuk menikmati wisata bahari Tulamben yang telah terkenal hingga ke mancanegara.

Kesan pertama ketika menginjakkan kaki di Tulamben, mungkin sebagian besar wisatawan akan merasa bahwa tidak ada hal yang luar biasa di obyek wisata ini. Tidak begitu menarik jika dibandingkan dengan tempat wisata pantai lainnya yang ada di Pulau Bali.

pesona pantai tulambenTidak akan ditemukan bentangan pasir putih yang terasa lembut di kaki. Hanya hamparan batu-batu koral yang tampak menghiasi tepi pantai.

Namun, perbedaan ini justru memberikan sebuah pilihan bagi wisatawan yang berkeinginan untuk menikmati pesona alam pantai yang berbeda.

Berjalan di atas batu-batu koral tersebut akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan, karena sistem syaraf pada kaki akan tertekan sehingga membantu memperlancar peredaran darah.

Sesuai dengan namanya yaitu Tulamben yang berasal dari kata “batulambih” yang artinya adalah banyak batu, sebagai akibat dari letusan gunung Agung. Seiring berjalannya waktu nama tersebut berubah menjadi Batulamben dan akhirnya menjadi Tulamben.

Lain di permukaan, lain pula alam bawah lautnya. Tulamben menyimpan sebuah pesona keindahan kerajaan laut yang telah dikenal oleh banyak wisatawan.

Airnya yang jernih dan arus lautnya yang tenang membuat aktivitas diving di Tulamben terasa lebih santai dan begitu menyenangkan. Lokasi ini sangat tepat bagi para wisatawan yang ingin belajar menyelam.

wisata bahari tulamben

Apa yang dapat ditemukan di wisata bahari Tulamben?

Bagi wisatawan yang mencoba untuk menjelajahi wisata bahari Tulamben, wisatawan akan disambut dengan keindahan terumbu karang dan aneka ikan laut yang unik seperti jack fish, lion fish, leaf fish, garden eel, ghost pipe fish, dan lain-lain.

Selain itu, di lokasi ini terdapat kapal kargo Amerika USAT Liberty Glo yang tenggelam sekitar 25 meter dari tepi pantai. Pada kedalaman 5 hingga 30 meter, para penyelam dapat menelusuri celah-celah kapal yang telah bersatu dengan kehidupan laut.

Tampak beberapa terumbu karang yang menempel pada dinding-dinding kapal dan aneka ikan laut yang menjadikan tempat tersebut sebagai wahana bermain bagi mereka.

pantai tulamben

Sekilas Sejarah kapal USAT Liberty Glo

Kapal USAT Liberty Glo dibuat pada saat perang dunia I di Philadelphia dan berfungsi untuk mengangkut pasukan Amerika. Pada tanggal 11 Januari 1942, kapal tersebut mengangkut rel kereta api dan karet untuk kepentingan perang dunia II.

Berlayar dari Australia menuju ke Filipina. Ketika berada pada 19 km di selat Lombok, kapal tersebut tertembak oleh torpedo kapal selam pasukan Jepang.

Kapal perang Belanda “HNLMS Van Ghent” dan kapal perang Amerika “USS Paul Jones” berusaha untuk menarik kapal kargo tersebut menuju ke pelabuhan Belanda di Singaraja.

Namun, dikarenakan kerusakan yang cukup parah, membuat USAT Liberty Glo berlabuh di pantai Tulamben. Setelah semua barang yang diangkut dapat diselamatkan, kapal USAT Liberty Glo dibiarkan tetap berada di pantai Tulamben.

Pada tahun 1963 terjadi letusan gunung Agung. Aliran lava tidak hanya merusak wilayah desa Tulamben, namun juga membuat kapal USAT Liberty Glo terseret lava hingga sekitar 25 meter dari tepi pantai dan tenggelam.

Transportasi Menuju Ke Desa Tulamben

Tulamben berlokasi di kecamatan Kubu, kab. Karangasem, Bali. Jika wisatawan berangkat dari bandara Ngurah Rai, akan membutuhkan waktu lebih dari 2 jam untuk sampai di lokasi, dengan menempuh jarak sekitar 106 km.

Selama perjalanan wisatawan akan ditemani dengan pesona hijau alam Bali. Namun ketika akan sampai di lokasi, pemandangan alam yang ditawarkan adalah sebuah tanah yang tandus, berpasir, dan terdapat bekas lava yang telah membeku.

Wisatawan dapat menyewa mobil atau motor. Terdapat beberapa jasa sewa mobil dan motor di Bali dengan harga yang terjangkau.

Harga sewa mobil mulai dari Rp 200 ribu per hari, sedangkan harga sewa motor sekitar Rp 50.000-75.000/perhari.

Namun, dengan jarak perjalanan yang cukup panjang jika wisatawan berangkat dari bandara Ngurah Rai, maka sebaiknya wisatawan menyewa mobil. Terkecuali jika wisatawan berada di lokasi wisata Candidasa, wisatawan dapat menyewa motor untuk menuju ke Tulamben.

Selain itu, wisatawan dapat mengambil sebuah paket wisata yang ditawarkan oleh beberapa agen wisata di Pulau Bali. Pastikan dalam jadwal wisata tersebut terdapat kunjungan ke pantai Tulamben.

Biaya parkir mobil di tempat wisata ini adalah sebesar Rp 5.000/mobil.

Penginapan

Umumnya, ada beberapa wisatawan yang memilih penginapan di lokasi wisata Candidasa. Akan tetapi, jika wisatawan ingin menginap di wilayah pantai Tulamben, telah tersedia beberapa penginapan berkelas yang layak dijadikan sebagai tempat beristirahat.

Saran :

  1. Temperatur udara di Pantai Tulamben begitu panas hingga mencapai 35 oC, oleh karena itu sebaiknya setiap wisatawan menggunakan krim tabir surya.
  2. Memakai topi dan menggunakan kacamata hitam akan membuat wisatawan merasa lebih nyaman selama berada di pantai.
  3. Tidak jauh dari pantai, terdapat tempat wisata bahari menarik lainnya yaitu Pantai Amed.

Wisatawan dapat mencoba aktivitas diving di sana serta melihat kapal patroli Jepang yang tenggelam sekitar 10 meter dari tepi pantai.

Tulamben adalah salah satu tempat wisata bahari yang menyenangkan di pulau Bali. Pada saat musim liburan, ada lebih dari 80 orang penyelam yang secara bersamaan menikmati keindahan kerajaan laut Tulamben.

Bagi wisatawan yang gemar atau ingin belajar diving, wisata bahari Tulamben adalah tempat yang tepat untuk kegiatan tersebut.

Please Share :

Related Post


Pantai Labuhan Amuk – Aktivitas Wisata Bahari Yang Menyenangkan
Pantai Labuhan Amuk – Aktivitas Wisata Bahari Yang Menyenangkan

Dengan latar belakang tanah perbukitan yang hijau, terdapat sebuah pantai…

Wisata Alam Sangeh di Pulau Bali
Wisata Alam Sangeh di Pulau Bali

Pulau Bali tidak hanya terkenal karena memiliki beberapa wisata pantai…

Pantai Kuta – Wisata Bali Yang Legendaris
Pantai Kuta – Wisata Bali Yang Legendaris

Pantai Kuta, sebuah desa yang tenang sekarang berubah menjadi tempat…

Hotel Murah Di Bali – Penginapan Terjangkau di Pulau Bali
Hotel Murah Di Bali – Penginapan Terjangkau di Pulau Bali

Berlibur ke Pulau Bali merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan.…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *