Home  /  Wisata Sumatera  /  Aceh  / Wisata Danau Dan Pegunungan Di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan

Wisata Danau Dan Pegunungan Di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan


Wisata Danau Dan Pegunungan Di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan

Berlibur ke provinsi Aceh tidak hanya berkunjung ke 8 pantai indah yang ada di tempat ini. Provinsi yang terletak di ujung pulau Sumatera ini, memiliki obyek wisata danau dan pegunungan yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Apa sajakah obyek wisata danau dan pegunungan di Aceh?

Berikut wisata danau dan pegunungan di Aceh :

danau aneuk laot1. Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot (Danau Anak Laut) adalah sebuah obyek wisata danau yang berlokasi di pulau Weh.

Danau seluas 37,5 hektar ini, selain menawarkan sebuah pesona alam danau yang indah, juga berperan penting bagi penduduk kota Sabang.

Air tawar yang disediakan oleh danau ini dimanfaatkan oleh penduduk setempat. Bahkan untuk suplai air bersih di kota Sabang, PDAM di kota ini menggunakan air dari danau tersebut.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Danau Aneuk Laot, danau ini terletak di kec. Aneuk Laot, kota Sabang, pulau Weh. Dengan jarak kurang lebih 5 km dari kota Sabang, obyek wisata ini dapat ditempuh dalam waktu 20 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

danau laot tawar2. Danau Laut Tawar

Bertamasya ke Danau Laut Tawar akan memberikan sebuah nuansa liburan yang menyenangkan.

Pesona alamnya yang indah, lokasinya yang berada pada sebuah daerah yang berhawa sejuk, dan jernihnya air di danau ini, tentunya akan memberikan sebuah kenyamanan dan kebahagiaan bagi setiap wisatawan yang berkunjung.

Salah satu jenis ikan yang sering dijumpai di danau ini yaitu ikan depik.

Ikan ini memiliki rasa yang gurih serta menjadi salah satu andalan pangan bagi penduduk setempat. Wisatawan bisa membeli ikan tersebut sebagai oleh-oleh khas obyek wisata Danau Laut Tawar. Ikan ini dijual dengan menggunakan satuan bambu dan katok. 1 bambu sama dengan 1 kg, dan 1 katok memiliki berat kurang lebih 250 gram.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Danau Laut Tawar, danau yang luas seperti lautan ini berlokasi di kabupaten Aceh Tengah. Jika wisatawan berangkat dari kota Banda Aceh, perjalanan untuk menuju ke danau ini membutuhkan waktu antara 8 sampai dengan 9 jam.

gunung seulawah agam3. Gunung Seulawah Agam

Bagi wisatawan yang menyukai obyek wisata pegunungan, selama wisatawan sedang berlibur di Provinsi Aceh, jangan melewatkan kesempatan untuk berpetualang ke Gunung Seulawah Agam.

Perjalanan untuk mendaki gunung ini tidak begitu berat, karena jalan untuk menuju ke puncak gunung cukup landai.

Kemiringan tertinggi pada Gunung Seulawah Agam adalah sekitar 70 derajat sepanjang 500 meter. Selebihnya wisatawan akan melalui jalan dengan kemiringan kurang lebih 50 derajat.

Begitu tiba di puncak gunung, sebuah ketenangan, kedamaian dan kenyamanan akan segera dirasakan oleh wisatawan. Di tempat wisata ini, wisatawan bisa melepaskan rasa penat akibat dari aktivitas kegiatan sehari-hari.

Gunung Seulawah Agam berlokasi di Kec. Seulimeum, Kab. Aceh Besar, Prov. Aceh. Nama lain dari gunung ini adalah Solawaik Agam, Solawa Agam, Selawadjanten, dan Goldberg.

gunung burni telong4. Gunung Burni Telong

Jika dalam bahasa Indonesia Gunung Burni Telong berarti gunung yang terbakar.

Pada tanggal 7 Desember 1924 gunung ini pernah meletus dan menyebabkan kehancuran bagi lingkungan di sekitarnya.

Bagi wisatawan yang ingin berpetualang ke Gunung Burni Telong, gunung yang masih aktif sampai dengan saat ini berlokasi sekitar 5 km dari ibu kota Bener Meriah.

Untuk menuju ke puncak gunung, terdapat dua buah jalur yang bisa dipilih oleh wisatawan. Jalur yang pertama yaitu melalui desa Bandar Lampahan Timang Gajah (jalur Edelweis). Pada jalur pendakian ini, wisatawan dapat berjumpa dengan bunga Edelweis.

Masyarakat Gayo menyebut bunga ini dengan nama bunga abadi. Jalur yang kedua untuk menuju ke puncak gunung adalah melalui lereng tenggara, melewati kampung Sentral.

Untuk bisa mencapai ke puncak gunung melalui kedua jalur ini, dibutuhkan waktu sekitar 4 jam.

Bagi anda yang senang berpetualang, sangat disayangkan jika tidak mengunjungi obyek wisata wisata danau dan pegunungan di Aceh. Namun, jika anda menyukai wisata pantai atau yang lainnya, baca lebih lanjut di sini mengenai aneka wisata di Aceh. Provinsi Aceh memiliki aneka wisata pantai yang indah dan masih alami.

Please Share :

Related Post


Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin – Masjid Terbesar di Palembang
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin – Masjid Terbesar di Palembang

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin atau sering disebut dengan nama…

4 Obyek Wisata Air Terjun di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan
4 Obyek Wisata Air Terjun di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan

Obyek wisata air terjun merupakan salah satu tempat yang menyenangkan…

Jernihnya Air Laut Pantai Iboih – Sungguh Menakjubkan
Jernihnya Air Laut Pantai Iboih – Sungguh Menakjubkan

Provinsi Aceh ternyata menyimpan beberapa tempat wisata yang sangat cantik…

Berwisata Sembari Berolahraga di Jakabaring Sport City
Berwisata Sembari Berolahraga di Jakabaring Sport City

Di kota Palembang terdapat sebuah lokasi yang menyenangkan untuk bersantai…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *