Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / 9 Obyek Wisata Di Banyuwangi Yang Patut Dikunjungi – Wisata Banyuwangi

9 Obyek Wisata Di Banyuwangi Yang Patut Dikunjungi – Wisata Banyuwangi


9 Obyek Wisata Di Banyuwangi Yang Patut Dikunjungi – Wisata Banyuwangi

Banyuwangi – sebuah kabupaten di Jawa Timur yang memiliki beberapa obyek wisata menarik untuk dikunjungi. Kontur wilayahnya terdiri dari dataran tinggi dan rendah, sehingga setiap wisatawan yang berwisata ke Banyuwangi dapat menikmati aneka obyek wisata pegunungan maupun pantai. Simak ulasannya mengenai aneka wisata di Banyuwangi.

Berikut 9 Obyek Wisata Di Banyuwangi Yang Patut Dikunjungi :

wisata di banyuwangi1. Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan salah satu obyek wisata di Banyuwangi yang telah terkenal hingga ke mancanegara.

Wisata alam ini sangat tepat bagi anda yang senang berpetualang mendaki gunung.

Sebenarnya Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang memiliki sifat asam dan lokasinya terletak di puncak Gunung Ijen. Luas kawah ini sekitar 5466 hektar dengan kedalaman hingga 200 meter dan berada pada ketinggian 2368 meter dpl.

Jika Anda ingin melihat sebuah fenomena unik di Kawah Ijen, wisatawan sebaiknya berkunjung ketika dini hari. Pada saat itu, setiap pengunjung dapat melihat indahnya “blue fire”. Fenomena ini hanya ada 2 di dunia, selain di Indonesia juga terdapat di Islandia. Biasanya “blue fire” akan muncul dari celah bebatuan pada jam 01.00 s.d. 02.00 WIB. Seiring dengan akan munculnya matahari, secara perlahan “blue fire” menjadi tidak terlihat.

Setelah menikmati indahnya fenomena unik tersebut, kegiatan wisata akan dilanjutkan dengan menyaksikan keindahan sunrise. Dinginnya udara pada saat itu, secara perlahan akan menjadi sedikit lebih hangat.

Apabila wisatawan ingin berwisata ke Kawah Ijen, dari Kota Banyuwangi perjalanan akan dilanjutkan menuju ke Desa Banyusari, Kec. Licin. Kemudian dengan menaiki truk pengangkut belerang, wisatawan akan diantarkan menuju ke Paltuding. Perjalanan ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam.

Paltuding adalah pintu gerbang untuk menuju ke Cagar Alam Taman Wisata Ijen, dan di sini juga terdapat Pos Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam (PHPA). Petualangan ini akan diteruskan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 3 km.

Walaupun jaraknya tidak begitu jauh, namun wisatawan akan melewati medan yang cukup berat. Selain kondisi jalannya yang berpasir, kemiringan jalur yang akan dilalui sekitar 25 hingga 35 derajat.

Di tengah perjalanan terdapat pos peristirahatan yang dikenal dengan nama Pos Bunder. Bagi Anda yang belum terbiasa mendaki gunung, sebaiknya beristirahat sejenak di pos ini. Setelah melewati Pos Bunder, perjalanan untuk menuju ke puncak sedikit lebih ringan karena jalur tersebut sedikit landai.

Setelah tiba di kawasan wisata Kawah Ijen, untuk menuju ke tepi kawah wisatawan harus melalui jalan berbatu dan cukup terjal sejauh kurang lebih 250 meter.

Total waktu tempuh dari Paltuding ke Kawah Ijen adalah sekitar 2 jam. Bagi yang telah terbiasa, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam.

pantai pulau merah2. Pantai Pulau Merah

Dengan hanya membaca nama dari obyek wisata di Banyuwangi ini, wisatawan akan terbayang dengan pesona keindahan pantai yang memiliki pasir berwarna merah atau pink seperti Pantai Tangsi di Lombok.

Akan tetapi, pada kenyataannya obyek wisata pantai ini tidak memiliki pasir yang berwarna merah. Pasir di Pantai Pulau Merah berwarna putih dan bersih.

Pemberian nama tersebut disebabkan karena pada jarak sekitar 100 meter dari tepi pantai terdapat pulau yang tanahnya berwarna merah. Pulau tersebut tidak begitu luas dan bentuknya seperti sebuah bukit kecil. Pada saat air laut surut, wisatawan bisa berjalan kaki menuju ke Pulau Merah. Dahulu, Pantai Pulau Merah diberi nama Pantai Ringin Pitu.

Kegiatan yang menyenangkan di Pantai Pulau Merah adalah bersantai di tepi pantai, bermain air, membuat sebuah istana pasir, bahkan surfing. Ketinggian ombak di pantai ini mencapai 4 s.d. 5 meter. Oleh karena itu, Pantai Pulau Merah pernah dipakai sebagai tempat untuk menyelenggarakan Kompetisi Surfing Internasional pada tahun 2013.

Apabila wisatawan ingin berkunjung ke tempat wisata ini, Pantai Pulau Merah terletak di Desa Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Banyuwangi. Jika Anda berangkat dari Kota Banyuwangi, akan menempuh jarak kurang lebih 80 km. Setiap pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 3000/orang pada hari biasa, dan Rp 5000/orang pada saat akhir pekan.

Obyek wisata di Banyuwangi ini juga dapat dikunjungi dengan menggunakan transportasi umum. Wisatawan dapat menggunakan Bus Ujang Jaya/Minto dari Terminal Brawijaya menuju ke Kec. Pesanggaran. Setelah turun di Pasar Pesanggaran, lanjutkan perjalanan dengan memakai jasa ojek menuju ke Pantai Pulau Merah.

Pantai Sukamade3. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade berlokasi di Desa Sarongan, Kec. Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini berjarak sekitar 100 km dari Kota Banyuwangi.

Untuk menuju ke tempat wisata ini, wisatawan harus menghadapi perjalanan yang menantang sejauh 30 km.

Ketika akan tiba di lokasi pantai, kendaraan harus menyebrangi sungai dengan kedalaman sekitar 40 cm pada saat surut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan mobil 4 x 4 (4 wheel drive).

Akses jalan yang menantang adrenalin ini menjadi daya tarik bagi mereka yang berjiwa petualang. Alternatif lainnya adalah dengan mencari agen travel di Banyuwangi untuk diantarkan ke Pantai Sukamade.

Jika wisatawan ingin menggunakan transportasi umum, dari Terminal Brawijaya menggunakan bus yang menuju ke Terminal Jajag. Kemudian perjalanan akan dilanjutkan menuju ke Kecamatan Pesanggaran memakai angkutan umum. Agar tiba di lokasi pantai, Anda harus menumpang truk khusus yang mengangkut bahan makanan menuju ke Sukamade.

Di Pantai Sukamade wisatawan tidak hanya bisa bersantai sembari menikmati keindahan pesona alam pantai. Salah satu tujuan para pengunjung berwisata ke obyek wisata di Banyuwangi ini adalah untuk ikut serta dalam kegiatan melepas tukik (anak penyu) kembali ke alam bebas. Pantai Sukamade merupakan salah satu pantai di Indonesia yang menjadi tempat favorit bagi penyu untuk bertelur terutama penyu hijau.

Teluk Hijau4. Teluk Hijau

Teluk Hijau adalah obyek wisata pantai di Banyuwangi yang berlokasi di Kec. Pesanggaran, Banyuwangi.

Sama seperti Pantai Sukamade dan Pantai Rajeg Wesi, Teluk Hijau juga termasuk di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Apabila dilihat dari jauh, obyek wisata di Banyuwangi ini terlihat berwarna kehijauan.

Untuk menuju ke Teluk Hijau, jalur yang ditempuh sama seperti jika wisatawan ingin berlibur ke Pantai Sukamade. Teluk Hijau adalah pantai pertama yang akan dijumpai sebelum Anda tiba di Pantai Sukamade.

Pantai Teluk Hijau berada tidak jauh dari pemukiman penduduk Pantai Rajeg Wesi. Wisatawan dapat menitipkan kendaraan kepada penduduk setempat. Kemudian perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 2 km melalui jalan setapak.

Sebelum tiba di Pantai Teluk Hijau, wisatawan akan berjumpa dengan Pantai Batu. Kondisi di tepi Pantai Batu dipenuhi dengan beragam batu sungai dari yang berukuran kecil hingga sedang. Teruskanlah perjalanan hingga Anda tiba di pantai berpasir putih.

Di kawasan wisata Teluk Hijau, wisatawan bisa bersantai di tepi pantai yang masih sepi dan alami. Air lautnya yang jernih begitu menggoda sehingga ada sebagian wisatawan yang melepaskan lelah dengan cara berenang atau bermain air.

Setelah puas berenang, jangan lupa untuk berkunjung ke bukit kecil yang berada dekat dengan pantai. Satu hal yang unik, di satu sisi bukit terdapat aneka batu yang berwarna kuning kecoklatan. Sebelum pulang, wisatawan dapat berbilas di area air terjun yang berada pada jarak sekitar 20 meter di sisi timur pantai.

Setelah puas berwisata di Pantai Teluk Hijau, janganlah lupa untuk bersantai sejenak di Pantai Rajeg Wesi. Nuansa pasir pantai di Teluk Hijau berbeda dengan Pantai Rajeg Wesi.

Pasir Pantai Rajeg Wesi tidak berwarna putih atau hitam, melainkan berwarna coklat sebagai akibat dari endapan lumpur yang berasal dari sungai yang bermuara di kawasan pantai. Obyek wisata di Banyuwangi ini sungguh unik.

Pantai Watu Dodol5. Pantai Watu Dodol

Terletak di pintu masuk Kabupaten Banyuwangi, Pantai Watu Dodol siap untuk menyambut wisatawan yang datang dari Kabupaten Situbondo.

Nama Watu Dodol berasal dari keberadaan batu besar dengan tinggi sekitar 6 meter dan berada di tengah jalan raya.

Obyek wisata di Banyuwangi ini hanya berjarak kurang lebih 5 km dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

Ada banyak wisatawan yang singgah di tempat wisata ini untuk beristirahat sembari menikmati suasana pantainya yang tenang dan nyaman. Selain itu, di lokasi wisata ini juga terdapat sumur air tawar di tepi pantai. Wisatawan bisa membuktikannya sendiri rasa tawar pada sumur tersebut.

Penginapan dan restoran/warung makan telah berdiri di kawasan wisata ini. Telah tersedia aneka makanan khas Banyuwangi yang begitu menggugah selera untuk segera disantap.

Pantai Plengkung6. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung telah terkenal hingga ke mancanegara sebagai salah satu pantai terbaik di Indonesia untuk surfing.

Biasanya, saat terbaik untuk surfing adalah pada bulan Mei s.d. Oktober. Obyek wisata di Banyuwangi ini juga dikenal dengan nama G-Land.

Pantai Plengkung berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Untuk menuju ke tempat wisata ini, wisatawan akan melintasi areal Alas Purwo yang didominasi oleh pohon jati.

Selain sebagai tempat yang menyenangkan untuk surfing, Pantai Plengkung juga memiliki pesona alam pantai yang menawan. Pasir putihnya terasa lembut di kaki dan biru muda air lautnya menggoda setiap pengunjung untuk segera berenang.

pulau tabuhan7. Pulau Tabuhan

Obyek wisata di Banyuwangi ini sangat tepat untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin bersantai di sebuah pulau tak berpenghuni.

Pulau dengan luas kurang lebih 5 hektar ini berada di Desa Bangsring, Kec. Wongsorejo, Banyuwangi.

Apabila wisatawan berangkat dari Kota Banyuwangi, akan menempuh jarak sekitar 20 km. Diperlukan sedikit perjuangan untuk tiba di kawasan wisata Pulau Tabuhan. Dengan berjalan kaki melewati Kebun Pasewaran (milik PT. PN XII), wisatawan akan sampai di Pantai Kampe.

Di pantai ini terdapat beberapa perahu nelayan dan siap untuk mengantarkan Anda menuju ke Pulau Tabuhan. Obyek wisata Banyuwangi ini berada di tengah selat yang memisahkan Pulau Bali dan Pulau Jawa.

Selain menikmati pesona alam di areal pulau, panorama alam bawah laut yang berada di perairan Pulau Tabuhan sangat menarik untuk dijelajahi. Aneka terumbu karang, ikan, dan biota laut lainnya terlihat begitu cantik. Bagi wisatawan yang menyukai snorkeling dan scuba diving, sediakanlah waktu untuk melakukan kegiatan tersebut di lokasi wisata ini.

Agrowisata Kalibendo8. Agrowisata Kalibendo

Berlibur ke Kota Banyuwangi tentunya tidak hanya untuk bersantai di tepi pantai, wisatawan juga dapat berwisata alam ke perkebunan Kalibendo.

Obyek wisata di Banyuwangi ini berjarak kurang lebih 20 km dari pusat Kota Banyuwangi, tepatnya di Desa Kampung Anyar, Kec. Glagah, Banyuwangi.

Lokasi Agrowisata Kalibendo terletak satu jalur dengan wisata alam Kawah Ijen. Beberapa tanaman yang tumbuh subur di agrowisata ini adalah kopi, cengkeh, dan karet. Selain itu, di kawasan Kalibendo juga terdapat wisata air terjun dengan ketinggian sekitar 10 meter.

Sungguh menyenangkan berada di tempat wisata ini, selain bisa melihat langsung aneka tanamannya, wisatawan juga bisa bersantai sembari menikmati udaranya yang sejuk dan menyegarkan.

Pemandian Tamansuruh Banyuwangi9. Pemandian Tamansuruh Banyuwangi

Setelah lelah berpetualang ke beberapa obyek wisata di Banyuwangi, segarkan kembali diri Anda di Pemandian Tamansuruh Banyuwangi.

Air yang mengisi kolam renang ini berasal dari mata air alami seperti Taman Narmada di Lombok.

Temperatur air di Pemandian Tamansuruh Banyuwangi tidak hangat dan juga tidak dingin. Wisatawan akan merasa nyaman selama berada di dalam kolam sembari menikmati udaranya yang berhawa sejuk.

Pemandian Tamansuruh berlokasi di Dusun Wonosari, Ds. Tamansuruh, kec. Glagah, Banyuwangi. Tempat wisata ini berjarak sekitar 9 km dari Kota Banyuwangi, dan berada pada ketinggian kurang lebih 1000 meter di atas permukaan laut.

Sungguh menyenangkan menikmati aneka wisata di Banyuwangi. Kotanya nyaman dan sangat pas sebagai tempat untuk berlibur.

Jika wisatawan ingin mencoba menelusuri tempat wisata yang lainnya, cobalah untuk berwisata ke Gresik. Di sana terdapat sebuah pulau kecil yang menyimpan panorama pantai yang menawan.

Please Share :

Related Post


11 Obyek Wisata Di Lumajang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lumajang
11 Obyek Wisata Di Lumajang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lumajang

Setelah berwisata di Kabupaten Jember, lanjutkan perjalanan wisata Anda menuju…

6 Obyek Wisata Di Mojokerto Yang Patut Dikunjungi – Wisata Mojokerto
6 Obyek Wisata Di Mojokerto Yang Patut Dikunjungi – Wisata Mojokerto

Mojokerto adalah salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang terkenal…

6 Obyek Wisata Di Ngawi Yang Patut Dikunjungi – Wisata Ngawi
6 Obyek Wisata Di Ngawi Yang Patut Dikunjungi – Wisata Ngawi

Anda sedang berada di Kota Ngawi? Sempatkanlah untuk berwisata ke…

3 Wisata Goa di Yogyakarta
3 Wisata Goa di Yogyakarta

Bagi wisatawan yang sedang berlibur bersama dengan keluarga ke Yogyakarta,…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *