Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / 16 Obyek Wisata Di Blitar Yang Patut Dikunjungi – Wisata Blitar

16 Obyek Wisata Di Blitar Yang Patut Dikunjungi – Wisata Blitar


16 Obyek Wisata Di Blitar Yang Patut Dikunjungi – Wisata Blitar

Selain dikenal sebagai kota bersejarah, Blitar juga mempunyai beberapa tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Apa sajakah aneka obyek wisata di Blitar?

Berikut 16 Obyek Wisata di Blitar yang Patut Dikunjungi :

Pantai Tambakrejo1. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo berada di Desa Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar, dan berjarak kurang lebih 30 km jika Anda berangkat dari pusat Kota Blitar.

Obyek wisata di Blitar ini memiliki hamparan pasir putih kekuningan, air lautnya berwarna biru menyegarkan, dan ombaknya cukup besar.

Kegiatan yang menyenangkan di pantai ini adalah bersantai, bermain air dan pasir.

Selain itu, Pantai Tambakrejo berada dekat dengan Tempat Pelelangan Ikan. Bagi wisatawan yang ingin membeli beberapa ikan segar di sana, harganya pasti jauh lebih murah dibandingkan dengan pasar modern.

Fasilitas pendukung yang tersedia di obyek wisata ini antara lain areal parkir, kedai makan, pasar ikan, mushola, dan kamar mandi.

Pantai Pasetran2. Pantai Pasetran Gondo Mayit

Jika wisatawan ingin bersantai di sebuah pantai dengan suasana yang lebih tenang dibandingkan Pantai Tambakrejo, Anda dapat berkunjung ke Pantai Pasetran Gondo Mayit.

Lokasinya berada di sisi timur Pantai Tambakrejo.

Untuk menuju ke sana, wisatawan harus berjalan kaki menelusuri bukit dan menyebrangi sungai dengan menggunakan perahu, atau pilihan rute lainnya adalah melalui jalan pedesaan. Namun, Anda harus berpindah lokasi parkir kendaraan dan sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua.

Selain suasananya yang sepi, fasilitas di Pantai Pasetran Gondo Mayit pun juga minim. Di sini hanya ada satu warung yang menjual makanan dan minuman ringan. Namun, justru inilah kelebihan dari obyek wisata di Blitar ini, karena nuansanya yang masih alami dan menawan.

Pantai Jolosutro3. Pantai Jolosutro

Obyek wisata di Blitar ini berada di Desa Ringenrejo, Kec. Wates. Untuk menuju ke tempat wisata ini, wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih 45 km jika berangkat dari pusat Kota Blitar.

Pantai berpasir hitam ini berada di sebuah teluk kecil dan berada di wilayah perbukitan.

Di tepi pantai juga terdapat beberapa batu karang dengan beragam ukuran.

Walaupun pasirnya berwarna hitam, namun Pantai Jolosutro merupakan salah satu pantai di Blitar yang menarik untuk dikunjungi bersama dengan keluarga.

Pantai Serang4. Pantai Serang

Kawasan wisata Pantai Serang terbagi menjadi 3 wilayah.

Wilayah utama memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas dan merupakan tempat untuk diselenggarakannya ritual Larung Sesaji.

Dua wilayah pantai lainnya berada di sisi barat pantai utama. Apabila wisatawan tertarik untuk menuju ke pantai tersebut, Anda harus berjalan melintasi bukit. Setelah tiba di pantai kedua, pesona hamparan pasir putihnya tidak kalah cantik, namun kawasan pantai ini lebih kecil dibandingkan dengan pantai utama.

Berjalan lagi ke arah barat, maka wisatawan akan tiba di pantai yang ketiga. Hamparan pasir putih di pantai ini lebih luas daripada 2 pantai lainnya, sehingga sangat nyaman untuk dijadikan sebagai tempat bersantai.

Pantai Serang berjarak sekitar 45 km dari pusat kota. Obyek wisata di Blitar ini berada di Desa Serang, Kec. Panggung Rejo.

Pantai Peh Pulo5. Pantai Peh Pulo

Obyek wisata di Blitar ini berada di wilayah Panggung Rejo, tepatnya di Desa Sumbersih, Kec. Panggung Rejo, Kab. Blitar.

Untuk tiba di lokasi pantai, membutuhkan waktu kurang lebih 75 menit menggunakan kendaraan bermotor dari Kota Blitar.

Perjalanan panjang untuk menuju ke Pantai Peh Pulo memang cukup melelahkan namun juga sangat menyenangkan. Sebagai pelengkap di dalam perjalanan Anda, janganlah lupa untuk membawa makanan dan minuman ringan.

Tempat wisata ini memiliki 3 kawasan pantai pasir putih yang menawan, yaitu bernama Wedhi Ombo, Wedhi Ciut, dan Wedhi Kembar. Selain itu, dihadapan Pantai Peh Pulo terdapat beberapa pulau karang, sehingga membuat panorama alam di pantai ini menjadi lebih indah.

Pantai Pangi6. Pantai Pangi

Terletak sekitar 10 km dari Pantai Tambakrejo, Pantai Pangi merupakan salah satu obyek wisata pantai di Blitar yang patut dikunjungi.

Lokasi pantai berada di wilayah Desa Tumpak Kepuh, Kec. Bakung, Kab. Blitar.

Jika wisatawan berangkat dari Kota Jember, maka akan menempuh jarak sekitar 40 km dalam waktu kurang lebih 90 menit. Sekitar 300 meter sebelum tiba di lokasi pantai, Anda harus menyebrangi sungai. Oleh karena itu, apabila tidak menggunakan mobil 4 WD atau motor, sebaiknya wisatawan berjalan kaki ketika melewati sungai tersebut. Terutama pada saat musim hujan dimana debit air sungai cukup tinggi.

Jerih payah tersebut akan segera terbayarkan ketika Anda tiba di tepi pantai. Pesona alam pantainya yang menawan, mampu untuk menghilangkan rasa lelah selama di perjalanan.

Arung Jeram Soko7. Arung Jeram Soko

Kabupaten Blitar juga mempunyai wisata arung jeram.

Bagi Anda yang menyukai tantangan dan petualangan, sempatkanlah untuk berwisata air di Arung Jeram Soko.

Wisatawan akan mengarungi sungai sepanjang 9 km dengan tingkat kesulitan grade 2 dan 3, sehingga tepat bagi Anda yang masih rafter pemula.

Selama di perjalanan, wisatawan akan melalui 6 kanal dengan kedalaman antara 3 s.d. 10 meter. Tantangan yang terakhir adalah Anda akan melewati sebuah terowongan kecil.

Candi Penataran8. Candi Penataran

Candi dengan latar belakang agama Hindu ini telah berdiri sejak zaman Kerajaan Kediri.

Obyek wisata di Blitar ini berada pada ketinggian 450 m dpl, terletak di Desa Penataran, Kec. Nglegok, Kab. Blitar.

Berkunjung ke candi ini dapat membuat wisatawan seolah sedang berada pada zaman kerajaan.

Kompleks Candi Penataran adalah yang terbesar di Kab. Blitar. Luas lahannya sekitar 180 x 130 meter dan dibagi menjadi 3 kawasan. Di kawasan yang pertama terdapat 6 bangunan yaitu Bale Agung, Candi Angka Tahun, Batur Pendopo, dan 3 Miniatur Candi.

Memasuki kawasan kedua, Anda akan berjumpa dengan Candi Naga. Sedangkan di kawasan yang ketiga, terlihat Candi Induk dengan ukuran panjang 32,5 meter, lebarnya 29,7 meter dan tingginya 7,2 meter.

Candi Sawentar9. Candi Sawentar

Obyek wisata di Blitar ini diperkirakan dibangun pada masa awal Kerajaan Majapahit sebagai bangunan suci agama Hindu.

Lokasi candi berada di Desa Sawentar, Kec. Kanigoro, Kab. Blitar.

Candi Sawentar dibuat dengan menggunakan batuan andesit.

Ukuran candi yang disebut Lwa Wentar di dalam Kitab Negarakertagama ini adalah 9,53 m x 6,86 m x 10,65 m.

Candi Plumbangan10. Candi Plumbangan

Candi Plumbangan memiliki ukuran panjang 4,09 meter, lebarnya 2,27 meter, dan tingginya 5,6 meter.

Candi yang terbuat dari batuan andesit ini memiliki pahatan angka pada bagian ambang pintu yaitu 1312 saka (1390 M), sehingga diperkirakan Candi Plumbangan didirikan pada masa Kerajaan Majapahit.

Obyek wisata di Blitar ini berada di Desa Plumbangan, Kec. Doko, Kab. Blitar. Selain bangunan utama yaitu gapura paduraksa, terdapat juga beberapa prasasti dan artefak seperti arca, yoni, dan jaladwara di sekeliling kawasan candi.

Goa Embultuk11. Goa Embultuk

Goa alam yang kaya akan stalagmit dan stalaktit ini berada di Desa Tumpak Kepuh, Kec. Bakung.

Obyek wisata di Blitar ini berjarak kurang lebih 40 km dari pusat kota.

Goa Embultuk memiliki panjang kurang lebih 1500 meter dengan tinggi dan lebar sekitar 3 meter.

Bagi wisatawan yang ingin menjelajahi kedalaman goa, harus menggunakan alat bantu penerangan dan membawa pakaian ganti. Tempat wisata ini akan semakin ramai pengunjung pada saat musim libur sekolah.

wisata di blitar12. Agrowisata Karangsari

Setelah puas berkeliling pantai di Kab. Blitar, segarkan kembali diri Anda dengan menikmati manisnya buah belimbing di Agrowisata Karangsari.

Obyek wisata di Blitar ini berada di Desa Karangsari, Kec. Sukorejo.

Terdapat 2 jenis belimbing di Agrowisata Karangsari yaitu jenis Bangkok dan Philipina. Keduanya sama manisnya, namun jenis Bangkok lebih mudah untuk dirawat dan buahnya pun lebih lebat.

Wisatawan diperbolehkan untuk memetik sendiri buah belimbing yang akan dibeli. Sebagai oleh-oleh, obyek wisata ini juga memiliki beberapa produk yang dibuat dengan menggunakan bahan utama belimbing, seperti Dodol Belimbing, Manisan Belimbing, Keripik Belimbing, Sirup dan Selai Belimbing.

Penangkaran Rusa Maliran13. Penangkaran Rusa Maliran

Penangkaran Rusa Maliran berada di Kec. Ponggok, Kab. Blitar. Di dalam kawasan ini wisatawan akan berjumpa dengan sekitar 200 ekor rusa.

Harga tiket masuknya adalah sebesar Rp 2000/orang dewasa, dan untuk anak-anak mendapatkan diskon 50%.

Beberapa fasilitas yang tersedia di obyek wisata di Blitar ini antara lain gazebo, taman bermain, warung makan, dan kamar mandi.

Penangkaran Rusa Maliran Blitar tidak hanya tepat sebagai tempat untuk bertamasya bersama keluarga, namun juga memberikan edukasi kepada anak-anak tentang cara memelihara rusa.

Pemandian Sumber Udel14. Pemandian Sumber Udel

Obyek wisata di Blitar ini adalah wahana air yang pastinya sangat disukai oleh semua umur.

Lokasinya berada di Jln. Kali Brantas, Kel. Bendo, Kab. Blitar, kurang lebih 500 meter dari Makam Bung Karno.

Selain tersedia kolam renang dewasa, juga terdapat kolam renang untuk anak-anak. Selain itu, terdapat pula area water boom dengan kedalaman antara 1 s.d. 1,5 meter, membuat pengunjung memiliki banyak pilihan untuk bersenang-senang.

Pada sisi timur pemandian telah disediakan wahana permainan air khusus untuk anak-anak. Sedangkan pada sisi selatan terdapat kolam renang yang dipergunakan pada saat lomba, dan telah dilengkapi dengan fasilitas tempat duduk penonton. Beberapa fasilitas lainnya di Pemandian Sumber Udel antara lain panggung gembira, taman bermain, dan jasa persewaan alat renang.

Istana Gebang15. Istana Gebang

Istana Gebang adalah rumah masa kecil Ir. Soekarno. Lokasi istana berada di Jln. Sultan Agung, Nomor, 69, Kab. Blitar.

Istana ini berdiri di atas lahan seluas 2 hektar. Di bagian ruang tamu terdapat furniture model lama seperti kursi, meja, dan lemari.

Di dalam ruang keluarga, wisatawan akan menyaksikan deretan kursi kayu dengan kombinasi anyaman rotan. Selain itu, terdapat juga kursi santai yang terbuat dari kayu.

Balai Kesenian berada di sisi kanan rumah utama. Dahulu balai tersebut memang dipakai sebagai tempat bagi para seniman untuk berekspresi. Setiap tanggal kelahiran Ir. Soekarno yaitu pada tanggal 6 Juni, akan diselenggarakan haul dan pertunjukan seni sebagai sebuah hiburan untuk rakyat.

perpustakaan Bung Karno16. Wisata Ziarah

Siapa yang tidak mengenal Presiden Pertama RI yaitu Ir. Soekarno. Beliau adalah seseorang yang telah berjasa membawa Indonesia meraih kemerdekaan.

Makam Ir. Soekarno berada di Jln. Kalasan, Kel. Bendogerit, Kec. Sanawetan, Kab. Blitar.

Pada tahun 2004, berada dalam satu kompleks dengan makam, dibangun Perpustakaan & Museum Bung Karno. Baskoro Tedjo & Pribadi Widodo dari ITB adalah ketua tim arsiteknya.

Selain makam Ir. Soekarno, wisatawan juga berkesempatan untuk ziarah ke Makam Adipati Arya Blitar. Beliau adalah adipati pertama Kab. Blitar. Lokasi makam berada di Kel. Blitar, Kec. Sukorejo, Kab. Blitar.

Sungguh beragam aneka tempat wisata di Blitar. Setelah wisatawan puas melakukan perjalanan wisata di Blitar, kunjungilah beberapa pantai yang menakjubkan di kawasan timur Pulau Jawa yaitu Banyuwangi. Wisata pantai di Banyuwangi telah terkenal hingga ke mancanegara.

Please Share :

Related Post


7 Obyek Wisata Di Situbondo Yang Patut Dikunjungi – Wisata Situbondo
7 Obyek Wisata Di Situbondo Yang Patut Dikunjungi – Wisata Situbondo

Situbondo – salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal…

8 Obyek Wisata Di Probolinggo Yang Patut Dikunjungi
8 Obyek Wisata Di Probolinggo Yang Patut Dikunjungi

Siapa yang tidak mengenal keindahan alam dari Gunung Bromo? Hampir…

7 Obyek Wisata Di Bondowoso Yang Patut Dikunjungi – Wisata Bondowoso
7 Obyek Wisata Di Bondowoso Yang Patut Dikunjungi – Wisata Bondowoso

Bondowoso merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal…

7 Obyek Wisata Di Kediri Yang Patut Dikunjungi – Wisata Kediri
7 Obyek Wisata Di Kediri Yang Patut Dikunjungi – Wisata Kediri

Kota dan Kabupaten Kediri memiliki beberapa tempat wisata yang menyenangkan.…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *