Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / 7 Obyek Wisata Di Bondowoso Yang Patut Dikunjungi – Wisata Bondowoso

7 Obyek Wisata Di Bondowoso Yang Patut Dikunjungi – Wisata Bondowoso


7 Obyek Wisata Di Bondowoso Yang Patut Dikunjungi – Wisata Bondowoso

Bondowoso merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan tape manis sebagai makanan khasnya. Secara geografis, wilayah Bondowoso meliputi perbukitan, pegunungan, dan dataran rendah. Luas perbukitan adalah 24,9 %, pegunungan 44,4 %, dan 30,7 % dataran rendah. Kabupaten ini berada pada ketinggian 78 hingga 2.300 mdpl.

Bagi wisatawan yang memiliki rencana untuk berkunjung ke Bondowoso, selain memburu oleh-oleh khasnya yaitu tape manis, sempatkanlah untuk berwisata ke beberapa obyek wisatanya yang menarik. Apa saja obyek wisata di Bondowoso?

Berikut 7 Obyek Wisata di Bondowoso yang Patut Dikunjungi :

wisata di bondowoso1. Air Terjun Blawan

Obyek wisata di Bondowoso ini merupakan tempat yang asyik untuk wisata alam.

Air yang mengalir ke lokasi air terjun ini berasal dari Sungai Kali Pahit, Kawah Ijen.

Satu hal yang menarik, air tersebut tidak mengalir ke permukaan, melainkan masuk ke dalam terowongan bawah tanah dan muncul di Asembagus, Kab. Situbondo hingga akhirnya mengalir ke Laut Jawa.

Ketinggian air terjun yang airnya berwarna kekuningan ini adalah sekitar 30 meter. Warna kuning tersebut disebabkan oleh kandungan belerang Gunung Ijen.

Selain menikmati obyek wisata air terjun, wisatawan juga bisa berkunjung ke pemandian air panas yang berada kurang lebih 100 meter dari Air Terjun Blawan. Pemandian air panas alami ini bernama Dhamar Wulan. Kemudian lanjutkan perjalanan untuk menuju ke Goa Kapur yang berada pada jarak kurang lebih 75 meter dari lokasi air terjun. Selain itu Anda juga dapat bertamasya ke perkebunan Strawberry.

Beberapa fasilitas pendukung telah berdiri di kawasan wisata ini. Terdapat penginapan yang siap untuk melayani para wisatawan, diantaranya adalah Penginapan Catimor atau Penginapan Arabica.

Air Terjun Blawan berlokasi di Desa Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso. Jika wisatawan berangkat dari Kota Bondowoso, akan menempuh jarak sekitar 52 km. Harga tiket masuknya adalah Rp 2000/orang.

Perkebunan Kalisat Jampit2. Perkebunan Kalisat Jampit

Perkebunan kopi Kalisat Jampit adalah agrowisata di Kab. Bondowoso yang dikelola oleh PTPN VII.

Lokasi tempat wisata ini berada sekitar  74 km di sebelah timur Kota Bondowoso.

Berada pada ketinggian sekitar 900 meter dpl, dengan luas kurang lebih 4000 hektar, tanaman kopi di kawasan ini tumbuh dengan subur. Suasana alamnya yang berhawa sejuk mampu untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan yang berkunjung.

Tidak hanya bertamasya ke kebun kopi, wisatawan juga berkesempatan untuk melihat proses penggilingan kopi Arabica dan merasakan kelezatan secangkir kopi kelas dunia.

Beberapa fasilitas pendukung yang berada pada obyek wisata di Bondowoso ini antara lain penginapan, kolam renang, perkebunan bunga, dan sarana rekreasi keluarga.

Air Terjun Polo Agung3. Air Terjun Polo Agung

Obyek wisata di Bondowoso ini berada di Desa Sukorejo, Kec. Sumber Wringin, Bondowoso.

Jika wisatawan berangkat dari Kota Bondowoso, Air Terjun Polo Agung berada kurang lebih 40 km di sisi timur kota.

Anda dapat menggunakan transportasi umum atau pribadi untuk menuju ke tempat wisata ini.

Setelah tiba di lokasi, wisatawan dapat bersantai di salah satu dari 3 gazebo yang berada di tepi air terjun. Obyek wisata ini sangat tepat sebagai tempat untuk bersantai bersama dengan teman atau keluarga. Selain air terjun, terdapat juga tempat wisata lainnya yaitu Lembah Hijau.

Air Terjun Tancak Kembar4. Air Terjun Tancak Kembar

Obyek wisata di Bondowoso ini sangat tepat bagi Anda yang berjiwa petualang dan menyukai wisata alam.

Untuk tiba di tepi air terjun, wisatawan harus melewati jalan yang cukup terjal dan cenderung licin terutama pada saat musim hujan.

Dari desa terakhir, wisatawan harus berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam.

Air Terjun Tancak Kembar berada pada ketinggian sekitar 1000 meter dpl. Panorama alamnya tampak menawan dimana aneka tanaman tumbuh dengan subur di sini. Obyek wisata yang berhawa sejuk ini berada di lereng Gunung Argopura.

Sesuai dengan namanya yaitu “Tancak Kembar” yang artinya adalah air terjun kembar, di lokasi wisata ini terdapat 2 air terjun pada jarak sekitar 20 meter dengan ketinggian yang sama yaitu kurang lebih 77 meter. Air Terjun Tancak Kembar berada di Desa Andongsari, Kec. Pakem, yaitu sekitar 25 km di sisi barat Kota Bondowoso.

Bosamba Rafting5. Bosamba Rafting

Bagi Anda yang menginginkan olahraga air yang menantang dan pastinya akan memacu adrenalin, arung jeram di Sungai Sampeanbaru adalah pilihan yang tepat.

Selama 2 jam wisatawan akan mengarungi derasnya arus sungai sepanjang kurang lebih 14 km. Di tempat wisata ini terdapat 27 jeram yang harus ditaklukkan.

Pesona alam di sepanjang sungai terlihat begitu menawan. Wisatawan akan berjumpa dengan 3 air terjun dan goa kelelawar. Obyek wisata di Bondowoso ini akan memberikan nuansa arung jeram yang menarik dan menyenangkan.

Selain wisata arung jeram, Bosamba Rafting juga mempunyai kegiatan wisata lainnya yaitu paint ball, flying fox, dan sebagainya.

Kerajinan Kuningan Bondowoso6. Kerajinan Kuningan Bondowoso

Pergi berwisata tidak hanya berkunjung ke pantai, pegunungan, ataupun danau.

Di Kabupaten Bondowoso, wisatawan dapat mengunjungi Kerajinan Kuningan yang berada di Desa Cindogo, Kec. Tapen, dan Desa Jurangsapi.

Hasil Kerajinan Kuningan di kedua desa tersebut antara lain guci, tempat bunga, peralatan rumah tangga, cinderamata, dan sebagainya.

Keistimewaan aneka produk Kuningan Bondowoso adalah tanpa pengolahan tambahan, warna kuning dan kilaunya dapat bertahan lama. Oleh karena itu, kualitas produk kuningan dari Bondowoso telah terkenal hingga ke mancanegara.

Pemandian Tasnan7. Pemandian Tasnan

Obyek wisata di Bondowoso ini telah hadir sejak sekitar tahun 1920. Bangsa Belanda membangunnya sebagai tempat untuk bersantai dan beristirahat.

Panorama alamnya yang asri dan menawan, membuat setiap pengunjung merasa nyaman dan damai. Tidak hanya lingkungannya yang berhawa sejuk, air di dalam kolam yang berasal dari mata air alami juga terasa sejuk serta menyegarkan.

Saat ini, fasilitas di wisata Pemandian Tasnan telah mengalami renovasi agar selalu tampil menarik. Pemerintah Bondowoso berencana untuk mengembangkan obyek wisata ini dimana nantinya akan terdapat beberapa fasilitas tambahan seperti cottage, hall, tracking alam, dan panggung yang dapat dipergunakan untuk pentas seni.

Pemandian Tasnan berlokasi di Desa Taman, Kec. Grujukan, Kab. Bondowoso. Obyek wisata ini berada sekitar 8 km di sebelah selatan Kota Bondowoso.

Setelah puas bermain air, bagi Anda yang menyukai obyek wisata sejarah, sempatkanlah untuk berkunjung ke situs Megalitikum yang berada sekitar 2 km dari lokasi Pemandian Tasnan.

Baca : Aneka ragam wisata di Pasuruan

Sungguh menyenangkan berwisata ke Bondowoso. Meskipun tidak cukup 2 hari untuk mengunjungi semua tempat wisata di Bondowoso.

Please Share :

Related Post


Berwisata ke Museum Sonobudoyo Yogyakarta
Berwisata ke Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Apakah Anda pecinta keris? Jika iya, wisatawan harus mengunjungi Museum…

Keindahan Alam di Hutan Pinus Mangunan
Keindahan Alam di Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan atau juga dikenal dengan Hutan Pinus Imogiri…

7 Obyek Wisata Di Jombang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jombang
7 Obyek Wisata Di Jombang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jombang

Kabupaten Jombang memiliki aneka pariwisata yang menarik untuk dikunjungi. Bagi…

5 Obyek Wisata Di Nganjuk Yang Patut Dikunjungi – Wisata Nganjuk
5 Obyek Wisata Di Nganjuk Yang Patut Dikunjungi – Wisata Nganjuk

Apakah Anda pernah mencoba Kerupuk Upil? Makanan dengan nama yang…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *