Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / 5 Obyek Wisata Di Gresik Yang Patut Dikunjungi – Wisata Gresik

5 Obyek Wisata Di Gresik Yang Patut Dikunjungi – Wisata Gresik


5 Obyek Wisata Di Gresik Yang Patut Dikunjungi – Wisata Gresik

Kabupaten Gresik terletak di dataran rendah dan berada di sebelah barat Kota Surabaya. Di kabupaten ini terdapat beberapa obyek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan beberapa obyek wisata di Gresik yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Berikut 5 Obyek Wisata di Gresik yang Patut Dikunjungi :

obyek wisata di gresik1. Pulau Bawean

Pulau Bawean – salah satu obyek wisata di Gresik yang berada di laut Jawa dan berjarak sekitar 120 km dari pusat Kota Gresik.

Wisatawan dapat menggunakan kapal feri atau kapal cepat untuk menuju ke pulau ini dengan waktu tempuh antara 3 hingga 8 jam.

Dari Pelabuhan Gresik atau Pelabuhan Bawean terdapat 3 pilihan kapal yang beroperasi pada hari yang berbeda.

Bahari Express 1C berangkat dari Pelabuhan Gresik pada hari Selasa, Kamis, dan Minggu. Sedangkan dari Pulaun Bawean kapal ini berangkat pada hari Senin, Rabu, dan Sabtu. Kapal berangkat pada pukul 09.00 WIB, dan waktu tempuhnya adalah sekitar 3,5 jam.

Natuna Express berangkat dari Pelabuhan Gresik pada hari Senin, Rabu, dan Sabtu, dan dari Pulau Bawean pada hari Selasa, Kamis, dan Minggu. Waktu tempuhnya sekitar 3,5 jam, dan berangkat pada pukul 09.00 WIB.

Kapal yang ketiga adalah kapal feri dengan ukuran yang lebih besar dan dapat mengangkut mobil dan motor. Nama kapal tersebut adalah Gili Iyang. Kapal ini berangkat setiap hari Jumat baik dari Pelabuhan Gresik maupun Pelabuhan Bawean. Di Pelabuhan Gresik berangkat pada pukul 21.00 WIB, sedangkan di Pelabuhan Bawean berangkat pada pukul 09.00 WIB. Waktu tempuhnya cukup lama yaitu sekitar 8 jam.

Selama berada di Pulau Bawean, wisatawan dapat mengunjungi aneka obyek wisatanya yang menarik. Setidaknya terdapat 6 obyek wisata yang patut dikunjungi yaitu :

pulau gilia. Pulau Gili

Sebuah pulau kecil dengan jarak sekitar 2,3 km dari Pulau Bawean. Wisatawan dapat berwisata ke pulau ini dengan menyewa perahu nelayan.

Setelah menempuh perjalanan laut selama kurang lebih 30 menit, Anda akan tiba di pulau yang dihuni sekitar 700 kepala keluarga.

Kegiatan yang menyenangkan di kawasan wisata ini adalah bersantai di tepi pantainya yang berpasir putih. Suasana pantai akan terlihat semakin indah pada saat matahari tenggelam. Wisata di Gresik ini mampu untuk memberikan rasa nyaman.

pulau nokob. Pulau Noko

Pulau Noko tidak hanya memiliki bentangan pasir putih yang menawan, namun juga ditumbuhi dengan semak belukar.

Luas pulau tak berpenghuni ini hanya sekitar 1 km2 dan daratannya didominasi oleh hamparan pasir putih.

Selain bersantai di tepi pantai, kegiatan lainnya yang tak kalah menyenangkan adalah snorkeling.

Namun, wisatawan harus membawa sendiri segala perlengkapan dan peralatannya.

Tanjung Gaangc. Tanjung Gaang

Obyek wisata pantai di Pulau Bawean yang menawarkan keindahan tebing dan batu karang yang kokoh.

Lokasi tempat wisata ini berada di sisi barat Pulau Bawean, tepatnya di Desa Kumalasa dan berjarak kurang lebih 8 km dari Kecamatan Sangkapura.

Untuk menuju ke Tanjung Gaang wisatawan dapat menggunakan moda transportasi laut dan darat, namun perjalanan ini akan lebih menyenangkan jika Anda memakai transportasi laut yaitu dengan menyewa perahu nelayan. Perairan Pulau Bawean yang jernih dengan aneka biota lautnya akan menemani Anda selama di perjalanan.

Danau Kastobad. Danau Kastoba

Obyek wisata danau di Pulau Bawean yang namanya mirip dengan Danau Toba di Sumatera Utara ini, berada di pusat Pulau Bawean, tepatnya di Kecamatan Tambak.

Panorama alam danau sungguh indah dan masih alami.

Airnya tenang dan jernih sehingga membuat para pengunjung tak sabar untuk segera berenang.

Namun, untuk tiba di lokasi danau membutuhkan perjuangan yang cukup berat, karena wisatawan harus berjalan kaki melewati jalan setapak, menaiki bukit, dan menembus hutan. Obyek wisata di Pulau Bawean ini wajib dikunjungi bagi Anda yang berjiwa petualang.

Air Terjun Laccare. Air Terjun Laccar

Air Terjun Laccar adalah salah satu obyek wisata air terjun di Pulau Bawean dengan ketinggian kurang lebih 20 meter.

Tempat wisata ini berada di Dusun Laccar, Ds. Kebuntelukdalam, dan berjarak kurang lebih 15 km dari Kecamatan Sangkapura.

Untuk menuju ke tempat wisata ini wisatawan dapat menggunakan kendaraan bermotor roda 2 atau 4. Namun, kendaraan hanya bisa mengantarkan Anda sampai di Dusun Laccar. Perjalanan kemudian akan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 km, menelusuri jalan setapak, dan menyebrangi sungai berbatu.

Suasana alam di sekitar air terjun yang masih alami ini, kaya akan tanaman hijau yang menyegarkan. Mandi atau bermain air di kawasan wisata Air Terjun Laccar dapat mengembalikan kesegaran tubuh.

Rusa Baweanf. Penangkaran Rusa Bawean

Kunjungan wisata yang terakhir adalah menuju ke Penangkaran Rusa Bawean.

Rusa Bawean memiliki nama latin Axis Kuhlii dan hanya dapat ditemukan di Pulau Bawean.

Rusa jantan memiliki ketinggian antara 60 s.d. 70 cm, sedangkan tinggi rusa betina antara 25 s.d. 47 cm.

Rusa Bawean termasuk dalam spesies langka yang terancam punah. Hewan yang aktif mencari makan pada saat malam hari ini, populasinya hanya tersisa kurang lebih 300 ekor.

Luas Penangkaran Rusa di Pulau Bawean adalah sekitar 4 hektar. Walaupun berada di dalam penangkaran, namun rusa ini tidak jinak seperti di kebun binatang. Selain itu, wisatawan tidak diizinkan untuk memberi makan rusa tanpa ada izin dari pengelola setempat.

Telaga Ngipik2. Telaga Ngipik

Obyek wisata di Gresik ini berada di Jln. Siti Fatimah Binti Maimun, Desa Ngipik, dan berjarak sekitar 1,5 km di sebelah barat alun-alun kota.

Saat yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah pada waktu pagi dan sore hari.

Selain bersantai dan menikmati panorama alamnya yang asri, wisatawan juga dapat berkeliling danau dengan menggunakan perahu karet.

Fasilitas permainan lainnya yang tersedia di kawasan wisata ini antara lain sepeda air, perahu motor, dan arena bermain anak-anak. Disamping itu, Telaga Ngipik juga berfungsi sebagai tempat berlatih ski air di Kab. Gresik.

Beberapa fasilitas pendukung juga telah dibangun di area wisata ini, seperti areal parkir kendaraan, panggung hiburan, dan cafe atau kedai makan. Telaga yang berada di kawasan industri Gresik ini, merupakan tempat yang menyenangkan untuk bersantai bersama keluarga. Bahkan, bagi Anda yang senang memancing, maka Anda dapat menyalurkan hobi tersebut di sini.

Pantai Delegan3. Pantai Delegan

Pantai pasir putih yang ramai dikunjungi terutama pada saat akhir pekan, dikenal dengan nama Pantai Delegan.

Obyek wisata di Gresik ini berada di Desa Delegan, Kec. Panceng, yaitu sekitar 40 km dari pusat kota.

Kegiatan yang umumnya dilakukan di Pantai Delegan adalah bersantai, bermain air atau berenang, dan berjalan menelusuri tepi pantai sembari merasakan sejuknya angin pantai. Selain itu, di pantai ini juga dilengkapi fasilitas permainan untuk anak-anak.

Beberapa fasilitas pendukung lainnya yang telah disediakan di Pantai Delegan yaitu areal parkir kendaraan, kedai makan, dan kamar mandi.

Bukit Awan Waterpark4. Bukit Awan Waterpark

Kabupaten Gresik yang berada di wilayah pesisir utara pastinya berhawa panas.

Oleh karena itu, bagi wisatawan yang ingin menyegarkan badan, dapat berkunjung ke Bukit Awan Waterpark.

Obyek wisata di Gresik ini berada di Jln. R. Ayu Siti Aminah, Nomor 1, Desa Randuagung, Kec. Kebomas, Gresik.

Taman wisata air ini memiliki kolam khusus anak dan dewasa. Ditambah dengan wahana seluncuran yang cukup tinggi dan berliku, pastinya akan membuat liburan keluarga Anda di Bukit Awan Waterpark menjadi lebih menyenangkan.

5. Wisata Ziarah

Selain berwisata ke pantai, danau, dan taman air, di Kota Gresik juga terdapat wisata ziarah. Biasanya obyek wisata di Gresik ini begitu ramai pada saat Hari Raya Idul Fitri.

Wisatawan dapat berziarah ke makam Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) yang berlokasi di Desa Gapuro, makam Sunan Giri yang berada di Desa Giri, makam Sunan Prapen, makam Kanjeng Sepuh, dan makam Fatimah binti Maimun di Desa Klangonan, serta petilasan Sunan Kalijaga yang berada di wilayah Gunung Surowiti, Kec. Panceng.

Setelah berlibur ke Gresik, lanjutkanlah perjalanan wisata Anda menuju ke Kota Tuban. Di sana terdapat beberapa tempat wisata yang tidak kalah dengan wisata di Gresik.

Please Share :

Related Post


7 Obyek Wisata Di Situbondo Yang Patut Dikunjungi – Wisata Situbondo
7 Obyek Wisata Di Situbondo Yang Patut Dikunjungi – Wisata Situbondo

Situbondo – salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal…

5 Obyek Wisata Di Madiun Yang Patut Dikunjungi – Wisata Madiun
5 Obyek Wisata Di Madiun Yang Patut Dikunjungi – Wisata Madiun

Jika berkunjung ke kota Madiun maka tak lengkap rasanya apabila…

10 Obyek Wisata Di Pacitan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pacitan
10 Obyek Wisata Di Pacitan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pacitan

Berjarak kurang lebih 100 km dari Kota Solo, Kabupaten Pacitan…

Rekreasi Sembari Belajar Sejarah di Istana Air Taman Sari
Rekreasi Sembari Belajar Sejarah di Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari merupakan salah satu lokasi yang tidak…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *