Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / 12 Obyek Wisata Di Jember Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jember

12 Obyek Wisata Di Jember Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jember


12 Obyek Wisata Di Jember Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jember

Jember –  Selain terkenal dengan kualitas tembakaunya, salah satu kabupaten di Jawa Timur ini juga memiliki beberapa obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti wisata pantai, wisata alam, dan wisata air. Seperti apa obyek wisata di Jember?

Berikut 12 Obyek Wisata di Jember yang Patut Dikunjungi :

Pantai Papuma1. Pantai Papuma

Pantai Papuma – salah satu obyek wisata pantai di Jember yang berada di pesisir selatan.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih sehingga terasa sangat nyaman ketika kita bersantai di tepi pantai.

Selain pasir putih, bentangan batu karang dengan bentuk dan ukuran yang beragam juga dapat kita jumpai di sana.

Bagi Anda yang berjiwa petualang, pada saat air surut Anda dapat berkunjung ke Goa Lawa dengan kedalaman hingga 30 meter.

Beberapa fasilitas pendukung juga telah disediakan di kawasan wisata ini. Wisatawan dapat mencoba kelezatan seafood di salah satu kedai yang berada di sekitar pantai. Selain itu, pada saat nelayan setempat pulang dari melaut, Anda berkesempatan untuk membeli hasil tangkapan mereka.

Obyek wisata di Jember ini berjarak sekitar 45 km dari pusat kota. Wisatawan membutuhkan waktu kurang lebih 60 menit untuk tiba di lokasi pantai. Pantai Papuma (Pasir Putih Malikan), berada di Desa Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember. Harga tiket masuk ke Pantai Papuma adalah sebesar Rp 15.000/orang.

pantai watu ulo2. Pantai Watu Ulo

Lokasi pantai ini berdekatan dengan Pantai Papuma.

Diberi nama Pantai Watu Ulo dikarenakan rangkaian batu karang yang berada di kawasan pantai tampak memanjang dari tepi pantai hingga ke laut.

Disamping bersantai dan menikmati pesona alamnya yang menawan, wisatawan juga dapat mengunjungi Goa Jepang. Menariknya, Pantai Watu Ulo juga menyediakan area untuk berkemah dan taman bermain.

Obyek wisata Jember ini berada di Desa Sumberejo, Kec. Ambulu. Apabila wisatawan berangkat dari Kota Jember, akan menempuh jarak sekitar 40 km. Harga tiket masuknya yaitu sebesar Rp 7500/orang.

Pantai Puger3. Pantai Puger

Obyek wisata di Jember ini memiliki panjang garis pantai sekitar 3 km.

Selain sebagai tempat wisata yang menyenangkan, di kawasan pantai ini juga terdapat Pusat Pelelangan Ikan.

Pantai Puger memiliki jarak sekitar 36 km dari pusat Kota Jember.

Setelah puas berlibur di Pantai Puger, wisatawan dapat berkunjung ke Pantai Kucur yang letaknya bersebelahan. Selain itu, Anda juga diperbolehkan menyewa perahu nelayan untuk memancing ikan atau sekedar berlayar menikmati indahnya perairan di selatan pulau Jawa.

Pantai Puger akan terlihat semakin cantik ketika matahari terbenam. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini adalah sebesar Rp 5000/orang pada hari libur.

wisata di jember4. Pantai Bandealit

Obyek wisata di Jember ini tidak hanya tepat untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin bersantai di tepi pantai dengan suasana alamnya yang indah dan menawan, namun di sini wisatawan juga bisa berenang, bermain selancar angin, dan memancing.

Pantai Bandealit berlokasi di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, dan bersebelahan dengan Pantai Sukamade yaitu salah satu pantai terkenal di Kab. Banyuwangi untuk konservasi penyu.

Pesona alam Pantai Bandealit tidak hanya berada di kawasan pantai, di sisi timurnya terdapat sebuah muara sungai. Wisatawan dapat berpetualang ke muara tersebut dengan menggunakan kano atau speed boat. Sembari berwisata perahu, Anda juga akan dimanjakan dengan pesona hutan mangrove yang menawan.

Namun, ketika musim hujan, air pada muara sungai yang tampak seperti danau akan mengering, sehingga aktivitas kano atau speed boat tidak dapat dilakukan. Ini adalah sebuah fenomena yang unik.

Beberapa fasilitas yang berada di tempat wisata ini antara lain areal parkir kendaraan, kamar mandi, gazebo, dan camping ground.

Pantai Bandealit berjarak sekitar 59 km dari pusat Kota Jember. Dikarenakan kondisi jalannya yang cukup sulit dan berat, sebaiknya wisatawan menggunakan mobil 4 WD. Harga tiket masuk ke kawasan TN Meru Betiri adalah sebesar Rp 8000/orang.

Pantai Paseban5. Pantai Paseban

Terletak di sebelah barat laut dari Kota Jember, dengan jarak kurang lebih 52 km, Pantai Paseban merupakan salah satu obyek wisata pantai di Jember yang layak untuk dikunjungi.

Lokasi pantai berada di Desa Paseban, Kec. Kencong, Kab. Jember.

Pantai ini terkenal dengan keindahan matahari terbenamnya, dan juga memiliki ombak yang cukup besar untuk berselancar.

Oleh karena itu, bagi wisatawan yang memiliki kegemaran surfing, bisa melakukan aktivitas tersebut di Pantai Paseban.

Air Terjun Tancak6. Air Terjun Tancak

Obyek wisata di Jember ini hanya berjarak sekitar 16 km dari pusat kota, tepatnya di Desa Suci, Kec. Panti, Kab. Jember.

Tidak begitu sulit untuk tiba di lokasi air terjun, setelah berkendara selama kurang lebih 40 menit dari Kota Jember, wisatawan akan tiba di Kecamatan Panti.

Setelah itu, dari tempat parkir kendaraan, wisatawan harus berjalan kaki menelusuri jalan setapak sejauh 3,5 km.

Selama di perjalanan, Anda akan melewati perkebunan kopi Gunung Pasang dengan segala aktivitasnya. Perjalanan ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam.

Ketinggian Air Terjun Tancak adalah sekitar 82 meter, dan berada di sebuah tempat yang berhawa sejuk. Obyek wisata ini sangat tepat untuk dikunjungi bagi mereka yang senang berpetualang.

Puncak Rembangan Jember7. Puncak Rembangan

Wisatawan pasti telah mengenal obyek wisata Puncak yang berada di Bogor, di Kabupaten Jember juga terdapat tempat wisata yang berlokasi di dataran tinggi.

Obyek wisata tersebut dikenal dengan nama Puncak Rembangan.

Puncak Rembangan berada pada jarak kurang lebih 12 km di sisi utara Kota Jember. Selama berwisata di kawasan ini, wisatawan akan menjumpai perkebunan kopi, buah naga, dan aneka tanaman hijau lainnya.

Beberapa fasilitas pendukung juga telah dibangun di Puncak Rembangan. Di sana terdapat restoran, penginapan, kolam renang, taman bermain, area untuk berkemah, dan sebagainya. Obyek wisata di Jember ini akan menampilkan view yang semakin indah ketika dikunjungi pada malam hari.

Perkebunan Teh Gunung Gambir8. Perkebunan Teh Gunung Gambir

Selain perkebunan kopi dan tembakau, Kabupaten Jember juga memiliki perkebunan teh yang berada pada jarak sekitar 48 km dari pusat kota.

Perkebunan ini dibangun oleh bangsa Belanda pada tahun 1918.

Suasana alamnya begitu nyaman dan berhawa sejuk karena berada pada ketinggian sekitar 1000 meter dpl.

Selain melihat aktivitas para pekerja memetik daun teh dan menyaksikan proses pembuatan teh hingga menjadi minuman, wisatawan yang berwisata ke Perkebunan Teh Gunung Gambir juga dapat berolahraga seperti jogging, tenis, dan berenang.

Beberapa penginapan juga telah tersedia di kawasan wisata ini. Menikmati suasana malam di Perkebunan Teh Gunung Gambir akan membawa suasana hati menjadi lebih tenang, nyaman, dan damai.

Obyek wisata di Jember ini berlokasi di lereng Gunung Argopuro. Untuk menuju ke tempat wisata ini, wisatawan dapat menggunakan mobil pribadi atau rental.

Waterboom Niagara Jember9. Waterboom Niagara

Obyek wisata air di Jember ini berada di wilayah Ambulu yaitu sekitar 30 km dari pusat kota.

Waterboom Niagara adalah tempat rekreasi yang menyenangkan bersama dengan keluarga.

Di wahana air ini terdapat dua kolam dengan kedalaman yang berbeda. Untuk kolam yang besar kedalamannya mencapai 160 cm, sedangkan kolam kecil untuk anak-anak kedalamannya sekitar 60 cm.

Beberapa fasilitas yang tersedia di wahana air Jember ini antara lain restoran atau kafe, gazebo, mushola, kamar mandi, dan sebagainya. Harga tiket masuknya sekitar Rp 15.000/orang.

Tiara Waterpark Jember10. Tiara Waterpark Jember

Tiara Waterpark Jember – wahana air di Jember yang memiliki beragam fasilitas permainan sehingga akan membuat suasana bermain menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Obyek wisata Jember ini berada di Jln. Kaliurang, Sumbersari, Kab. Jember dan hanya berjarak kurang lebih 2 km dari Univ. Jember.

Tiara Waterpark Jember buka setiap hari pada jam 08.00 s.d. 17.00 WIB. Harga tiket masuk pada hari Senin –  Sabtu adalah sebesar Rp 22.000/orang, sedangkan di hari Minggu dan Libur Nasional sebesar Rp 25.000/orang + softdrink.

Bagi orangtua, sembari menunggu anak-anak bermain air, dapat bersantai di area cafe yang memiliki fasilitas free wifi dan karaoke.

Pemandian Kebon Agung Jember11. Pemandian Kebon Agung

Berada di utara Kota Jember dengan jarak kurang lebih 3 km dari pusat kota.

Obyek wisata di Jember ini merupakan sebuah wahana air yang berada pada ketinggian 110 meter dpl.

Pemandian Kebon Agung berlokasi di Kelurahan Kebon Agung, Kec. Kaliwates, Kab. Jember.

Air yang mengisi kolam renang di tempat wisata ini berasal dari mata air alami Watu Remuk. Terdapat 2 kolam renang yakni untuk dewasa & anak-anak. Kolam renang orang dewasa berukuran 50 x 20 meter.

Beberapa fasilitas pendukung yang terdapat di kawasan wisata ini antara lain penginapan, taman bermain, dan restoran.

Pemandian Patemon Jember12. Pemandian Patemon

Obyek wisata Jember ini berlokasi di Kecamatan Tanggul, Kab. Jember. Pemandian Patemon telah dibangun sejak zaman Belanda.

Walaupun jaraknya cukup jauh dari Kota Jember yaitu sekitar 30 km, namun pemandian ini merupakan salah satu tempat yang menyenangkan di Jember untuk bermain air bersama keluarga.

Sembari berenang dan merasakan kesegaran airnya yang berasal dari mata air alami Pegunungan Argopuro, wisatawan juga dapat menikmati panorama alamnya yang menawan dan berhawa sejuk. Pemandian Patemon berada pada ketinggian sekitar 500 meter dpl.

==>> Baca artikel menarik lainnya mengenai aneka wisata di Lumajang.

Berwisata bersama keluarga ke Jember akan memberikan suasana liburan yang menyenangkan. Aneka obyek wisata di Jember mampu untuk memberikan suasana santai nan nyaman.

Please Share :

Related Post


11 Obyek Wisata Di Malang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Malang
11 Obyek Wisata Di Malang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Malang

Kota berhawa sejuk ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik…

8 Obyek Wisata Di Pasuruan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pasuruan
8 Obyek Wisata Di Pasuruan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pasuruan

Terletak di Provinsi Jawa Timur, Kota Pasuruan berada di jalan…

7 Obyek Wisata Di Kediri Yang Patut Dikunjungi – Wisata Kediri
7 Obyek Wisata Di Kediri Yang Patut Dikunjungi – Wisata Kediri

Kota dan Kabupaten Kediri memiliki beberapa tempat wisata yang menyenangkan.…

16 Obyek Wisata Di Blitar Yang Patut Dikunjungi – Wisata Blitar
16 Obyek Wisata Di Blitar Yang Patut Dikunjungi – Wisata Blitar

Selain dikenal sebagai kota bersejarah, Blitar juga mempunyai beberapa tempat…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *