Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / 7 Obyek Wisata Di Jombang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jombang

7 Obyek Wisata Di Jombang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jombang


7 Obyek Wisata Di Jombang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jombang

Kabupaten Jombang memiliki aneka pariwisata yang menarik untuk dikunjungi. Bagi wisatawan yang sedang berada di Jombang, tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke beberapa obyek wisata di Jombang bersama dengan teman atau keluarga.

Berikut 7 Obyek Wisata di Jombang yang Patut Dikunjungi :

kampung durian bido1. Kampung Durian

Buah dengan aroma yang menyengat ini memang disukai oleh banyak orang.

Ketika tiba musim durian lokal yaitu pada bulan September hingga Februari, ada banyak pedagang kaki lima yang membuka lapak di pinggir jalan.

Di Kabupaten Jombang, terdapat sebuah daerah yang terkenal dengan kualitas buah duriannya. Wilayah tersebut berada di Desa Sumber, Kec. Wonosalam, yaitu sekitar 40 km dari Kota Jombang. “Kampung Durian” adalah nama lain dari obyek wisata di Jombang ini.

Aneka varian durian yang dijual di Kampung Durian diantaranya adalah durian sus, durian kerikil, durian bawor, durian bido, durian ketan, dan lain-lain. Terdapat juga jenis durian unggul dari daerah lain seperti durian petruk dan monthong.

Jenis durian yang paling dicari oleh para pengunjung adalah durian bido. Rasa dari durian ini legit dan sedikit pahit, dagingnya tebal, lembut, tidak lembek namun juga tidak terlalu garing. Rasa pahitnya yang khas membuat para penikmat durian menjadi kecanduan.

Selain menikmati kelezatan buah durian, wisatawan juga diperbolehkan untuk berjalan-jalan ke areal kebun yang berhawa sejuk karena berada di lereng Gunung Anjasmoro. Bahkan, Anda juga diizinkan untuk memetik sendiri durian yang akan dibeli. Pohon-pohon durian tersebut tidak terlalu tinggi, sehingga tidak sulit untuk memetik buahnya.

Apabila wisatawan berminat untuk menanam durian, Kampung Durian telah menyediakan berbagai varian bibit durian. Anda juga dapat belajar bagaimana cara merawat pohon durian serta mengawinkan buah durian agar menghasilkan rasa yang berbeda.

Obyek wisata di Jombang ini sangatlah tepat untuk dipilih sebagai tujuan wisata keluarga yang menyenangkan.

Setelah puas menikmati durian, bagi wisatawan yang berjiwa petualang dan menyukai tantangan, lanjutkan perjalanan wisata menuju ke Goa Sigolo Golo. Setelah tiba di lokasi parkir kendaraan, Anda akan menelusuri jalan setapak yang terjal dan cukup licin untuk menuju ke mulut goa.

goa sriti2. Goa Sriti

Masih berada di wilayah Kecamatan Wonosalam, wisatawan juga berkesempatan untuk mengunjungi Goa Sriti.

Obyek wisata di Jombang ini masih alami dan berada pada wilayah cukup mudah untuk dicapai.

Untuk tiba di mulut goa, wisawatan harus berjalan kaki menuruni jalan setapak yang cukup panjang dan berliku. Selama menyusuri perjalanan, panorama alam pedesaan yang berhawa sejuk mampu untuk memberikan kesegaran kepada setiap pengunjung.

wisata di jombang3. Air Terjun Tretes

Obyek wisata di Jombang ini telah terkenal di kalangan wisatawan, karena selain panorama alamnya yang indah, Air Terjun Tretes adalah air terjun yang tertinggi di Jawa Timur.

Ketinggian air terjun tersebut sekitar 158 meter dan berada pada ketinggian 1250 meter dpl.

Kawasan wisata ini termasuk di dalam wilayah Tahura (Taman Hutan Raya) Raden Soeryo Gunung Jurug Guah, terletak di dalam kompleks Gunung Anjasmoro. Air yang mengalir ke tempat wisata ini berasal dari Sungai Sumber Watu Bonakah. Suasananya yang berhawa sejuk, akan memberikan kenyamanan kepada para pengunjung.

Apabila wisatawan ingin berkunjung ke Air Terjun Tretes, lokasi wisata ini berada di Desa Galengdowo, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang, yaitu kurang lebih 40 km dari pusat Kota Jombang.

Terdapat 2 jalur untuk menuju ke lokasi air terjun. Jalur yang pertama melalui Kab. Jombang. Setelah memarkir kendaraan di pemukiman warga, perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 5 km, menelusuri jalan setapak, melintasi bukit dan sungai.

Sedangkan jalur kedua adalah melalui Kab. Kediri menuju ke Kec. Kandangan. Sesampainya di pertigaan pasar Kec. Kandangan, belok ke arah kiri menuju Galengdowo. Namun, wisatawan akan berhadapan dengan kondisi jalan berbatu yang kurang nyaman, sehingga disarankan untuk menggunakan kendaraan jenis SUV atau Jeep. Keuntungannya ialah dari areal parkir wisatawan hanya berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 km.

Obyek wisata ini juga dapat diakses dengan menggunakan angkutan umum. Berangkat dari terminal Kepuhsari, pilihlah angkutan dengan kode B2 atau F yang menuju ke Gudo. Anda bisa turun di pasar Kec. Kandangan.

Fasilitas umum yang tersedia di kawasan wisata ini masih minim. Hanya terdapat beberapa kedai makan dan areal parkir kendaraan di pemukiman penduduk.

Selain Air Terjun Tretes, kawasan wisata Tahura R. Soeryo juga memiliki 3 air terjun lainnya yaitu Air Terjun Puthuk Kursi di Coban Cangar, Air Terjun Kembar Watu Ondo yang berlokasi di Kab. Mojokerto, dan Air Terjun Gumandar yang terletak di Kabupaten Pasuruan.

Taman Tirta Keplaksari Jombang4. Taman Tirta Keplaksari

Lokasinya yang strategis, membuat taman wisata buatan ini sering dikunjungi oleh wisatawan.

Obyek wisata di Jombang ini berada di sisi timur terminal, tepatnya di Desa Keplaksari, Kec. Peterongan, Kab. Jombang.

Taman Tirta Keplaksari adalah tempat yang tepat untuk tamasya bersama dengan keluarga.

Di dalam taman terdapat areal danau, taman, dan kolam pemancingan. Tersedia juga fasilitas untuk berolahraga seperti lapangan tenis, kolam renang anak-anak maupun dewasa, arena panahan, dan jogging track. Lokasi kolam renang Tirta Wisata bersebrangan dengan taman.

Selain itu, wisatawan juga dapat berwisata kuliner, karena di kawasan wisata ini terdapat beberapa pedagang yang menjual aneka makanan dan minuman.

Taman Tirta Keplaksari terlihat semakin cantik ketika malam hari. Cahaya lampu taman mampu untuk membuat tempat wisata ini menjadi lebih romantis.

sendang made Jombang5. Sendang Made

Konon, obyek wisata di Jombang ini merupakan tempat meditasi Prabu Airlangga berserta istri, dan juga sebagai lokasi untuk menghindar dari serangan musuh yaitu Prabu Wora Wari dari Tulungagung.

Selain itu, di sendang ini juga terdapat ruangan yang dipercaya oleh warga setempat sebagai tempat peristirahatan Raja Kerajaan Majapahit Prabu Brawijaya dan para prajuritnya.

Hingga saat ini, Sendang Made masih terawat dengan rapi dan alami. Ukuran sendang ini adalah 8 x 11 meter. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, Sendang Made terletak di Desa Made, Kec. Kudu, Kab. Jombang.

Candi Rimbi Jombang6. Candi Rimbi

Candi Rimbi berada di Dusun Rimbi, Ds. Pulosari, Kec. Bareng, Kab. Jombang.

Nama candi ini berasal dari nama tokoh pewayangan yakni Dewi Arimbi yaitu istri Werkudara atau dikenal juga dengan nama Bima.

Obyek wisata di Jombang ini telah dibangun pada sekitar abad ke 14, yaitu di zaman Kerajaan Majapahit. Di kawasan wisata ini juga ditemukan Arca Parwati yang diperkirakan adalah perwujudan dari Ratu Majapahit yaitu Tribhuwana Tunggadewi yang memerintah pada tahun 1328 s.d. 1350 M.

Luas areal Candi Rimbi adalah sekitar 896,56 m2. Bangunan candi pada saat ini berukuran panjang 13,24 meter, lebarnya 9,1 meter, dan tinggi candi mencapai 12 meter.

Pondasi Candi Rimbi terbuat dari bata, sedangkan badan candi dibentuk menggunakan batuan andesit. Kondisi candi saat ini sama seperti Candi Sumur di Sidoarjo, dimana atap dan separuh badan dari candi telah runtuh.

Klenteng Hon San Kiong7. Klenteng Hon San Kiong

Tempat suci bagi umat Tri Dharma ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah.

Klenteng Hon San Kiong juga difungsikan sebagai balai pengobatan bagi semua masyarakat.

Obyek wisata religi di Jombang ini telah ada sejak lebih dari 300 tahun yang lalu yaitu sekitar tahun 1700. Warna merah begitu mendominasi bangunan klenteng.

Klenteng Hon San Kiong terletak di Jln. Raya Gudo 30, Desa Gudo, Kec. Gudo, Kab. Jombang.

==>> Jika wisatawan ingin melihat beberapa peninggalan Kerajaan Majapahit, silahkan berkunjung ke Mojokerto.

Itulah 7 tempat wisata di Jombang yang dapat memberikan kebahagiaan selama berlibur bersama dengan keluarga ataupun teman.

Please Share :

Related Post


12 Obyek Wisata Di Jember Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jember
12 Obyek Wisata Di Jember Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jember

Jember -  Selain terkenal dengan kualitas tembakaunya, salah satu kabupaten…

5 Obyek Wisata Di Gresik Yang Patut Dikunjungi – Wisata Gresik
5 Obyek Wisata Di Gresik Yang Patut Dikunjungi – Wisata Gresik

Kabupaten Gresik terletak di dataran rendah dan berada di sebelah…

10 Obyek Wisata Di Trenggalek Yang Patut Dikunjungi
10 Obyek Wisata Di Trenggalek Yang Patut Dikunjungi

Kabupatan Trenggalek berada di wilayah pesisir selatan Provinsi Jawa Timur.…

12 Obyek Wisata Di Semarang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Semarang
12 Obyek Wisata Di Semarang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Semarang

Semarang, ibukota Provinsi Jawa Tengah ini adalah kota terbesar ke-5…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *