Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / 7 Obyek Wisata Di Kediri Yang Patut Dikunjungi – Wisata Kediri

7 Obyek Wisata Di Kediri Yang Patut Dikunjungi – Wisata Kediri


7 Obyek Wisata Di Kediri Yang Patut Dikunjungi – Wisata Kediri

Kota dan Kabupaten Kediri memiliki beberapa tempat wisata yang menyenangkan. Kota terbesar ke-3 di Prov. Jawa Timur ini sangat menarik untuk dikunjungi demi mengisi waktu libur bersama dengan keluarga.

Aneka obyek wisata di Kediri meliputi wisata alam dan wisata air. Sembari berwisata, sempatkanlah juga untuk mencoba beberapa kuliner khas Kediri seperti Tahu Takwa, Sate Emprit, dan Nasi Pecel Tumpang.

Berikut 7 Obyek Wisata di Kediri yang Patut Dikunjungi :

Monumen Simpang Lima Kediri1. Monumen Simpang Lima

Tempat pertama yang patut dikunjungi ketika berlibur ke Kota Kediri adalah Simpang Lima Gumul. Terdapat sebuah monumen yang hingga saat ini menjadi ikon bagi Kota Kediri.

Monumen ini mirip dengan monumen di Perancis yaitu L Arc De Triomphe.

Lokasi Monumen Simpang Lima berada di kawasan Gumul, yaitu sekitar 6 km di sisi timur Kota Kediri. Terdapat ukiran dan relief pada monumen yang bercerita tentang sejarah Kota Kediri.

anak gunung kelud2. Wisata Gunung Kelud

Gunung berapi yang masih aktif ini menyimpan panorama alam yang menawan.

Bagi wisatawan yang berjiwa petualang dan menyukai obyek wisata alam, pergi berwisata ke Gunung Kelud sangat sayang untuk dilewatkan.

Lokasinya berjarak sekitar 27 km dari pusat Kota Kediri. Gunung dengan ketinggian sekitar 1.730 meter dpl ini, mempunyai Pemandian Air Panas Alami, Kubah Lava, Flying Fox dan ATV.

Harga tiket masuk obyek wisata di Kediri ini adalah sebesar Rp 5.000/orang pada hari kerja, dan Rp 10.000/orang di hari libur. Setelah melewati pintu gerbang, perjalanan akan diteruskan melewati beberapa tanjakan dan tikungan.

Satu hal yang unik, di tengah perjalanan wisatawan akan berjumpa dengan “Mysterious Road”. Diberi nama tersebut karena jalan yang terlihat datar ini dapat membuat kendaraan berjalan sendiri hingga kecepatan sekitar 10 km/jam. Padahal persneling dalam keadaan netral atau mesin kendaraan dimatikan. Wisatawan juga dapat membuktikannya dengan menggunakan botol minuman.

Apabila kendaraan menuju ke puncak gunung maka akan berjalan mundur, begitu juga sebaliknya, jika kendaraan menuju ke Kota Kediri maka akan berjalan maju.

Setelah tiba di areal parkir, wisatawan dapat beristirahat sejenak dan mencoba aneka kuliner yang telah disediakan oleh beberapa warung makan, seperti bakso, soto, nasi goreng, lontong kikil, nasi pecel, dan lain-lain.

Kemudian perjalanan akan dilanjutkan melalui terowongan sepanjang kurang lebih 150 meter. Jangan khawatir karena di dalam terowongan telah dilengkapi dengan alat penerangan.

Setelah melalui terowongan, wisatawan akan berjumpa dengan 3 pilihan jalan. Apabila lurus akan menuju ke Kubah Lava atau Anak Gunung Kelud yang terus tumbuh dan menghilangkan Danau Kawah Kelud, jika belok ke kiri maka akan berhadapan dengan 600 anak tangga untuk menuju ke Puncak Gunung Kelud, dan jika belok ke kanan terdapat bangunan untuk bersantai.

Setelah puas berwisata di tempat ini, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Pemandian Air Panas Alami. Lokasinya berada pada sisi kanan jalan sebelum wisatawan masuk ke dalam terowongan. Dengan sedikit perjuangan, Anda harus menuruni sekitar 600 anak tangga karena sumber air panas tersebut berada di bawah gunung.

Tiba di lokasi, wisatawan akan berjumpa dengan 2 aliran sungai, satu bersuhu dingin dan satunya lagi bersuhu panas. Berendam di pemandian air panas ini dapat mengembalikan kesegaran tubuh setelah berjalan naik turun melalui ratusan anak tangga.

Air terjun Dolo3. Air Terjun Dolo

Obyek wisata di Kediri ini terletak di lereng Gunung Wilis, tepatnya di Dusun Besuki, Ds. Jugo, Kec. Mojo, Kab. Kediri.

Jika wisatawan berangkat dari Kota Kediri, akan menempuh jarak kurang lebih 25 km.

Berada pada ketinggian sekitar 1.800 meter dpl, obyek wisata air terjun ini dikelilingi oleh pesona alam yang indah serta berhawa sejuk. Ketinggian Air Terjun Dolo mencapai kurang lebih 125 meter.

Selain itu, tempat wisata ini juga memiliki beberapa fasilitas pendukung lain seperti area berkemah, taman bermain, area jogging, dan sebagainya.

Harga tiket masuk Air Terjun Dolo adalah sebesar Rp 3.000/orang.

Air Terjun Irenggolo4. Air Terjun Irenggolo

Selain Air Terjun Dolo, Kabupaten Kediri juga mempunyai obyek wisata air terjun lainnya yaitu Air Terjun Irenggolo.

Obyek wisata di Kediri ini berada pada ketinggian 1.200 meter dpl, dan berada di wilayah Dusun Besuki.

Ketinggian Air Terjun Irenggolo adalah sekitar 80 meter. Air yang mengalir akan melalui beberapa undakan kecil sehingga terlihat semakin cantik. Panorama alamnya yang berada di lereng Gunung Wilis, tampak kehijauan dan sejuk di mata. Harga tiket masuk Air Terjun Irenggolo adalah sebesar Rp 3 ribu per orang.

Taman Wisata Ubalan5. Taman Wisata Ubalan

Obyek wisata di Kediri ini berjarak kurang lebih 15 km dari pusat kota.

Taman Wisata Ubalan berada di Desa Minyak Jarak, Kec. Ploso Klaten, Kab. Kediri.

Obyek wisata keluarga ini memiliki luas kurang lebih 12 hektar.

Di area taman wisatawan dapat menikmati aneka wahana wisatanya seperti berenang, bermain sepeda air, naik perahu, berkemah, memancing, dan bersantai menikmati panorama keindahan taman yang berhawa sejuk.

Sembari bersantai Anda dapat menyantap bekal yang dibawa bersama dengan keluarga.

Kediri Waterpark6. Kediri Waterpark

Wahana wisata air ini pastinya akan menjadi favorit bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Kediri Waterpark berlokasi di Jln. Raya Pagung, Ds. Pagung, Kec. Semen, dan baru dibuka sekitar 7 bulan yang lalu yaitu pada tanggal 18 Juni 2014.

Obyek wisata di Kediri ini mempunyai water slide terpanjang di Asia, yaitu sekitar 206 meter. Kehadiran water slide ini mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mencoba. Selain itu, wahana ini juga dilengkapi wisata non air seperti sepeda udara, gajah terbang, dan sebagainya.

Kediri Waterpark memiliki luas kurang lebih 6 hektar. Untuk memberikan kemudahan kepada para pengunjung, pihak pengelola telah menyediakan shuttle bus sehingga Anda dengan mudah berpindah menuju ke beberapa tempat yang ada di kawasan wisata ini.

Harga tiket masuk pada tahun 2014 adalah sebesar Rp 50.000/orang dewasa, dan Rp 15.000/anak pada hari Senin s.d. Jum’at, sedangkan pada hari libur sebesar Rp 70.000/orang dewasa, dan Rp 25.000/anak.

Gumul Paradise Island7. Gumul Paradise Island

Gumul Paradise Island (GPI) merupakan wahana wisata air yang berada di wilayah Desa Sumberejo, tepatnya di Jln. Simpang Lima Gumul Barat, Kec. Ngasem, Kabupaten Kediri.

Obyek wisata di Kediri ini memiliki beberapa wahana permainan yang menyenangkan seperti kolam bak tumpah, fun boomerang, speed slide, kolam jamur, dan flying fox.

Beberapa fasilitas yang tersedia di GPI antara lain area makan, toko souvenir, mushola, loker, dan sebagainya.

Gumul Paradise Island (GPI) buka pada hari Selasa s.d. Jum’at, mulai jam 08.00 s.d. 17.00 WIB, sedangkan di Hari Libur Nasional, Sabtu dan Minggu, buka dari jam 07.00 s.d. 17.00 WIB.

Harga tiket masuknya adalah sebesar Rp 20.000/orang dewasa, dan Rp 15.000/anak.

Itulah beberapa wisata di Kediri yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Setelah dari Kediri, Anda bisa melanjutkan perjalanan wisata menuju ke Nganjuk. Agar lebih nyaman, pilihan moda transportasi favorit untuk menuju ke Nganjuk adalah bus.

Please Share :

Related Post


11 Obyek Wisata Di Lumajang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lumajang
11 Obyek Wisata Di Lumajang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lumajang

Setelah berwisata di Kabupaten Jember, lanjutkan perjalanan wisata Anda menuju…

7 Obyek Wisata Di Jombang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jombang
7 Obyek Wisata Di Jombang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jombang

Kabupaten Jombang memiliki aneka pariwisata yang menarik untuk dikunjungi. Bagi…

Menelusuri Kecantikan Candi Prambanan di Yogyakarta
Menelusuri Kecantikan Candi Prambanan di Yogyakarta

Candi Prambanan adalah salah satu candi peninggalan dari abad ke-10…

Lezat dan Gurihnya Ikan Wader – Kuliner Khas Surabaya
Lezat dan Gurihnya Ikan Wader – Kuliner Khas Surabaya

Siapa yang belum tahu Ikan Wader ? Di Indonesia ikan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *