Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / 7 Obyek Wisata Di Lamongan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lamongan

7 Obyek Wisata Di Lamongan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lamongan


7 Obyek Wisata Di Lamongan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lamongan

Lamongan – sebuah kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan makanan khas Soto Ayam Lamongannya. Apabila wisatawan mencoba kelezatan dari kuliner ini, jangan lupa untuk menambahkan koya ke kuah soto agar menjadi lebih gurih. Selain itu, bagi Anda yang sedang berada di Kota Lamongan, sempatkanlah untuk mengunjungi beberapa obyek wisatanya. Simak lebih lanjut mengenai aneka wisata di Lamongan.

Berikut 7 Obyek Wisata di Lamongan yang Patut Dikunjungi :

wbl1. Wisata Bahari Lamongan

Wisata Bahari Lamongan atau biasa disingkat menjadi WBL adalah salah satu obyek wisata di Lamongan yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan.

Tempat wisata ini berada di Jln. Raya Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

Wahana ini adalah dunia rekreasi yang menyenangkan bagi keluarga. Terdapat lebih dari 30 jenis permainan yang bisa dinikmati di WBL. Aneka permainan tersebut diantaranya adalah istana bajak laut, goa insectarium, istana bawah laut, gokart, motor cross, ATV, speed flip, tagada, paus dangdut, ranger, drop zone, crazy car, space shattle, taman berburu, tembak ikan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Beberapa fasilitas pendukung juga telah disediakan di kawasan wisata ini, seperti pasar wisata, pasar hidangan, pasar ikan, pasar buah, masjid, ATM, klinik, areal parkir, toilet, dan lain-lain.

Wisata Bahari Lamongan buka setiap hari dari jam 08.30 s.d. 16.30 WIB. Harga tiket masuknya adalah sebesar Rp 60.000 pada hari Senin s.d. Kamis, dan Rp 80.000 di hari Jumat s.d. Minggu, Musim Libur, dan Hari Libur Nasional.

Selain itu, terdapat juga tiket terusan yaitu WBL + MZG (Wisata Bahari Lamongan + Maharani Zoo & Goa) yaitu sebesar Rp 70.000 pada hari Senin s.d. Kamis, dan Rp 100.000 di hari Jumat s.d. Minggu, Musim Libur, dan Hari Libur Nasional.

wisata di lamongan2. Goa Maharani Zoo

Obyek wisata di Lamongan ini berada dekat dengan WBL, yaitu di Jln. Raya Paciran, Kec. Paciran, Kabupaten Lamongan.

Lokasi Goa Maharani berada pada kedalaman sekitar 25 meter dari atas permukaan tanah, dan luas rongganya sekitar 2500 m2.

Berdasarkan catatan sejarah, Goa Maharani atau lebih dikenal dengan nama Goa Istana Maharani, ditemukan oleh tim penggali tanah coral untuk bahan fosfat & pupuk dolomit yang terdiri dari 6 orang dibawah pimpinan Mandor Sunyoto. Penemuan ini terjadi pada tanggal 6 Agustus tahun 1992.

Pada tanggal 10 Maret tahun 1994, Bupati Lamongan pada saat itu yakni Bpk. Muh. Faried meresmikan Goa Maharani sebagai salah satu obyek wisata di Lamongan.

Pada saat wisatawan masuk ke dalam goa, akan terlihat pesona keindahan stalagmit & stalagtit yang hingga saat ini masih terus tumbuh dan memancarkan beragam cahaya indah.

Keindahan goa ini pantas untuk disandingkan dengan Goa Altamira yang berada di Spanyol, dan Goa Carlsbad serta Goa Mammoth yang berlokasi di Amerika Serikat. Berpetualang ke dalam Goa Maharani bersama dengan keluarga sungguh akan sangat menyenangkan.

Selain wisata goa, di kawasan wisata ini juga terdapat kebun binatang. Aneka satwa yang dikoleksi oleh Kebun Binatang Maharani antara lain gajah, jerapah, puma, singa, harimau, kuda nil, iguana, ular, berbagai jenis burung, aneka serangga yang telah diawetkan, dan sebagainya. Tercatat ada sekitar 746 ekor satwa yang berasal dari ratusan spesies.

Luas Kebun Binatang Maharani adalah sekitar 3,5 hektar.

Obyek Wisata Goa Maharani Zoo buka setiap hari. Harga tiket masuknya yaitu sebesar Rp 40.000/orang pada hari Senin s.d. Kamis, sedangkan pada Musim Libur, Hari Libur Nasional, dan hari Jumat s.d. Sabtu, harga tiket masuk Goa Maharani Zoo adalah sebesar Rp 60.000/orang.

Jika ingin berhemat, sebaiknya wisatawan membeli tiket terusan MZG + WBL.

Bendungan Gondang3. Waduk Gondang

Terletak di sebelah barat Kota Lamongan dengan jarak kurang lebih 19 km, Bendungan atau Waduk Gondang merupakan salah satu wisata alam yang menarik di Kab. Lamongan.

Selain itu, waduk ini juga berfungsi sebagai irigasi ribuan sawah di Lamongan. Kawasan waduk memiliki luas hingga 6,6 hektar dengan kedalamannya sekitar 29 meter.

Disekitarnya ditumbuhi oleh aneka pohon yang begitu subur. Oleh karena itu, selama berada di Waduk Gondang, wisatawan akan merasa nyaman dan damai.

Aktivitas yang dapat dilakukan di Waduk Gondang antara lain bersantai menikmati keindahan alam waduk, naik perahu motor mengelilingi luasnya waduk dengan tarif Rp 60.000/perahu (kapasitas perahu sekitar 10 orang), bermain sepeda air, dan berkunjung ke kebun binatang mini.

Aneka koleksi satwa yang terdapat di Kebun Binatang Waduk Gondang yaitu kera, orang utan, rusa, merak, ular, buaya, dan lain-lain. Waduk Gondang telah diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1987.

Obyek wisata di Lamongan ini berada di Desa Gondang Lor, Kec. Sugio, Kab. Lamongan. Setiap wisatawan akan dikenakan biaya masuk seharga Rp 3000.

pantai brondong4. Pantai Brondong

Selain Pantai Kodok yang berada di WBL, Kabupaten Lamongan juga memiliki obyek wisata pantai lainnya yaitu Pantai Brondong.

Berbeda dengan Pantai Kodok, di Pantai Brondong wisatawan tidak hanya dapat menikmati pesona alam pantai yang dihiasi dengan aneka kapal tradisional.

Di sini Anda juga berkesempatan untuk membeli ikan dengan harga yang lebih murah, karena di Pantai Brondong terdapat Tempat Pelelangan Ikan.

Obyek wisata di Lamongan ini berada di Desa Brondong, Kec. Brondong, Kab. Lamongan. Jika dari pusat Kota Lamongan, pantai ini berjarak sekitar 47 km.

Monumen Van Der Wijk5. Monumen Van Der Wijck

Monumen Van Der Wijck adalah obyek wisata di Lamongan yang dibangun pada zaman Belanda.

Monumen ini berlokasi di Pelabuhan Brondong, Kab. Lamongan, dekat dengan Pantai Brondong.

Pembangunan monumen ini ditujukan untuk mengenang kapal Van Der Wijck yang tenggelam di perairan Lamongan pada tanggal 20 Oktober 1936. Kapal tersebut memiliki tujuan untuk berlayar dari Bali menuju ke Semarang. Di dalam perjalanannya ini, kapal Van Der Wijck sempat singgah di Surabaya.

Kapal yang memiliki nama lain yaitu “The Seagull” atau “de meeuw” yang artinya sangat tenang & anggun, memiliki berat 2.596 ton dan dibuat di Rotterdam pada tahun 1921 oleh Maatschappij Fijenoord.

Museum Sunan Drajat6. Museum Sunan Drajat

Obyek wisata di Lamongan ini berada di Desa Drajat, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

Museum Sunan Drajat dibangun pada tahun 1991, dan difungsikan sebagai museum pada tanggal 30 Maret tahun 1992. Luas kawasan wisata ini adalah sekitar 4 hektar.

Aneka koleksi yang terdapat di Museum Sunan Drajat antara lain buku, lontar, batik Drajat, gamelan, bedug, keramik, bambu, kulit, batu besi, perunggu, dan sebagainya.

Bagi wisatawan yang menyukai obyek wisata sejarah, sempatkanlah untuk berkunjung ke Museum Sunan Drajat.

7. Wisata Ziarah

Di Kabupaten Lamongan juga terdapat wisata religi yaitu ziarah ke makam Sunan Drajat yang berada di Desa Drajat, Kec. Paciran, Kab. Lamongan, terletak dalam satu kawasan dengan Museum Sunan Drajat.

Kemudian, Anda dapat melanjutkan perjalanan untuk ziarah ke Makam Sunan Sendang Duwur yang berada di bukit Amitunon, Ds. Sendang Duwur, Kec. Paciran, Kab. Lamongan, dan makam Dewi Sekardadu di Desa Gondang, Kec. Sugio, Kab. Lamongan.

Setelah menikmati beberapa wisata di Lamongan, jika Anda ingin melihat keindahan pantai utara Pulau Jawa, berkunjunglah ke Pulau Madura. Pada saat perjalanan menuju ke Pulau Madura, wisatawan akan melalui Jembatan Suramadu.

Please Share :

Related Post


11 Obyek Wisata Di Malang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Malang
11 Obyek Wisata Di Malang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Malang

Kota berhawa sejuk ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik…

Rekreasi Sembari Belajar Sejarah di Istana Air Taman Sari
Rekreasi Sembari Belajar Sejarah di Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari merupakan salah satu lokasi yang tidak…

20 Obyek Wisata Di Surabaya yang Patut Dikunjungi
20 Obyek Wisata Di Surabaya yang Patut Dikunjungi

Surabaya – Ibukota Provinsi Jawa Timur ini merupakan kota terbesar…

9 Obyek Wisata Di Banyuwangi Yang Patut Dikunjungi – Wisata Banyuwangi
9 Obyek Wisata Di Banyuwangi Yang Patut Dikunjungi – Wisata Banyuwangi

Banyuwangi – sebuah kabupaten di Jawa Timur yang memiliki beberapa…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *