Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / 11 Obyek Wisata Di Lumajang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lumajang

11 Obyek Wisata Di Lumajang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lumajang


11 Obyek Wisata Di Lumajang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lumajang

Setelah berwisata di Kabupaten Jember, lanjutkan perjalanan wisata Anda menuju ke Kabupaten Lumajang. Apa saja obyek wisata di Lumajang? Di kawasan ini terdapat beberapa obyek wisata yang wajib untuk dikunjungi, meliputi wisata pantai, wisata danau, dan wisata alam.

Berikut 11 Obyek Wisata di Lumajang yang Patut Dikunjungi :

danau bedali1. Danau Segitiga

Obyek wisata di Lumajang ini merupakan 3 wisata danau yang lokasinya cukup berdekatan.

Ketiga danau tersebut adalah Danau Klakah, Danau Bedali, dan Danau Pakis.

Jarak antara Danau Klakah dan Danau Bedali adalah sekitar 6 km, sedangkan Danau Bedali dan Danau Pakis memiliki jarak kurang lebih 7 km.

Danau Klakah berada di Desa Tegalrandu, Kec. Klakah, Kab. Lumajang. Tempat wisata ini berada di ketinggian 900 meter dpl, dan berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Lumajang. Danau dengan luas kurang lebih 22 hektar, memiliki kedalaman hingga 28 meter.

Ketika berada di lokasi wisata ini, wisatawan dapat melihat panorama alam Gunung Lamongan yang tinggi puncaknya mencapai 1.668 meter dpl. Selain itu, Anda juga dapat mencoba kelezatan buah nangka Klakah. Terdapat beberapa pedagang buah nangka yang siap menjajakan dagangannya di sepanjang jalan raya.

Danau Bedali berada pada  ketinggian 700 meter dpl. Luas danau yang berhawa sejuk ini adalah sekitar 25 hektar, dengan kedalaman kurang lebih 28 meter. Obyek wisata danau yang indah ini berada di bawah permukaan tanah, sehingga untuk tiba di tepi danau wisatawan harus berjalan kaki menuruni tebing.

Setelah puas bersantai di tepi danau, lanjutkan petualangan menuju ke 2 air terjun yang berada dekat dengan lokasi danau. Danau Bedali berada di Desa Ranu Bedali, Kec. Ranuyoso, Kab. Lumajang.

Danau Pakis berlokasi di Desa Ranu Pakis. Apabila wisatawan berangkat dari Danau Klakah dengan menggunakan kendaraan bermotor, membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menuju ke tempat wisata ini.

Danau Pakis berada pada ketinggian 600 meter dpl. Luas obyek wisata danau ini adalah sekitar 50 hektar, dan kedalamannya mencapai 26 meter.

Air Terjun Manggisan2. Air Terjun Manggisan

Air Terjun Manggisan memiliki nama lain yaitu Air Terjun Pronojiwo. Air Terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 54 meter dan debit airnya mencapai 198 liter/detik.

Obyek wisata di Lumajang ini berada di Desa Kandangan, Kec. Senduro, Kab. Lumajang.

Jika berangkat dari pusat Kota Lumajang, Anda harus menempuh jarak sekitar 22 km. Setelah tiba di lokasi parkir kendaraan, perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam.

Selain menikmati pesona keindahan Air Terjun Manggisan, wisatawan juga dapat berpetualang menuju ke air terjun lainnya dengan ketinggian sekitar 20 meter. Kedua air terjun ini berada pada jarak yang cukup berdekatan.

Sedangkan bagi Anda yang gemar memancing, warga sekitar telah menyediakan fasilitas kolam pancing ikan.

wisata di lumajang3. Goa Tetes

Goa Tetes berada di Desa Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang.

Obyek wisata di Lumajang ini merupakan salah satu tempat wisata alam di Lumajang yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Apabila wisatawan berangkat dari pusat Kota Lumajang, akan menempuh jarak kurang lebih 55 km ke arah selatan.

Setelah tiba di areal parkir, perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni tangga sejauh kurang lebih 1 km.

Perjalanan panjang ini tidak akan terasa membosankan karena wisatawan akan dimanjakan oleh pesona puluhan air terjun yang menawan. Setelah tiba di dalam goa, wisatawan akan disambut oleh stalagmit dan stalagtit di Goa Tetes yang tampak eksotis dengan warna yang beragam.

Pantai Watu Godeg4. Pantai Watu Godeg

Obyek wisata pantai yang berada di Kecamatan Tempursari ini, selain memiliki pesona alam pantai yang indah, juga terdapat perbukitan hijau yang sejuk di mata.

Perbukitan tersebut menjadi background dari Pantai Watu Godeg.

Obyek wisata di Lumajang ini berada di selatan kota dengan jarak sekitar 80 km. Nama “Watu Godeg” berasal dari bahasa Jawa. Watu memiliki arti Batu, dan Godeg merupakan penyakit kulit seperti kudis & panu.

Berdasarkan cerita yang beredar, warga sekitar percaya bahwa dengan berkunjung dan mandi di perairan Pantai Watu Godeg maka dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Pantai Watu Pecak5. Pantai Watu Pecak

Obyek wisata di Lumajang ini berada di Desa Selok Awar-awar, Kec. Pasirian.

Pantai Watu Pecak terletak di selatan Kota Lumajang dan berjarak kurang lebih 18 km.

Apabila wisatawan berangkat dari pusat Kota Lumajang, membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk tiba di lokasi pantai.

Selain bersantai sembari menikmati pesona alamnya yang cantik, wisatawan juga dapat bermain air di tepi pantai atau mencoba untuk membangun istana pasir. Pantai yang memiliki ombak yang cukup besar ini, berada dekat dengan Pantai Bambang.

Pantai Bambang6. Pantai Bambang

Pantai Bambang memiliki hamparan pasir hitam dengan butiran yang cukup besar.

Pasir ini berasal dari Gunung Bromo yang mengalir menuju ke pantai mengikuti aliran sungai atau lava.

Satu hal yang unik, pasir di pantai ini dapat menampung air hujan sehingga di pinggir pantai terdapat air tawar. Selain itu, obyek wisata di Lumajang ini memiliki ombak yang berlapis dengan ketinggian sekitar 3 meter.

Pantai Bambang terletak di Desa Bago, Kec. Pasirian, Kab. Lumajang. Jarak antara Kota Lumajang dan Pantai Bambang adalah sekitar 24 km.

Pantai Tlepuk7. Pantai Tlepuk

Satu lagi obyek wisata pantai di Lumajang yang memiliki panorama alam yang menawan.

Pantai Tlepuk berada pada jarak sekitar 31 km dari pusat Kota Lumajang. Lokasinya berada di tepi jalan lintas selatan.

Selain bersantai, kegiatan yang menyenangkan di kawasan wisata ini adalah bermain air, voli pantai, dan memancing. Areal rawa yang berlokasi di sekitar pantai adalah tempat yang tepat untuk memancing ikan.

Berwisata ke Pantai Tlepuk bersama dengan keluarga, akan memberikan nuansa liburan yang tak kalah menyenangkan.

Pantai Dampar8. Pantai Dampar

Terletak di Desa Dampar, Kec. Pasirian, Pantai Dampar berlokasi sedikit jauh dari jalan utama.

Namun, terdapat jalan yang cukup lebar untuk tiba di areal pantai.

Sebelum tiba di tepi pantai, wisatawan akan berjumpa dengan Danau Dampar. Kedua obyek wisata di Lumajang ini hanya dibatasi oleh hamparan pasir hitam Pantai Dampar.

Kegiatan yang biasanya dilakukan di tempat wisata ini adalah berjemur, berjalan menelusuri tepi pantai, dan bermain air atau berenang. Lokasinya yang tenang dan damai membuat obyek wisata ini sangat tepat sebagai tempat tujuan untuk bersantai.

Pantai Wotgalih9. Pantai Wotgalih

Pasir hitamnya terasa lembut di kaki dan dikenal dengan nama pasir besi.

Pantai Wotgalih berada di Kec. Yosowilangun dengan jarak sekitar 35 km dari pusat Kota Lumajang.

Satu hal yang unik, untuk tiba di lokasi pantai wisatawan harus melintasi muara sungai melalui jembatan kayu.

Walaupun terbuat dari kayu, jembatan ini masih cukup kuat untuk menahan berat badan kita. Terlihat aktivitas warga setempat yang sedang menjala dan memancing ikan.

Dikarenakan jalan untuk menuju ke pantai harus melalui jembatan, maka pantai ini diberi nama “wot” (bahasa Jawa) yang artinya adalah jembatan.

Pesona obyek wisata di Lumajang ini akan terlihat semakin cantik pada saat sunset. Tidak hanya panorama di tepi pantai, pesona muara sungai juga terlihat semakin indah pada saat itu.

Pemandian Selokambang10. Pemandian Selokambang

Setelah puas berwisata ke beberapa tempat wisata yang menyenangkan di Kabupaten Lumajang, segarkan kembali diri Anda dengan berkunjung ke Pemandian Selokambang.

Bagi Anda yang datang bersama dengan keluarga, telah disediakan kolam khusus untuk anak-anak.

Obyek wisata Lumajang ini berada di Desa Purwosono, Kec. Sumbersoko yaitu kurang lebih 7 km di sisi barat Kota Lumajang. Akses untuk menuju ke Pemandian ini cukup mudah, selain jalannya telah diaspal, juga tersedia angkutan umum yang menuju kesana.

Disamping menikmati panorama alamnya yang asri dan suasananya yang sejuk, ada sebagian orang meyakini bahwa air di Pemandian Selokambang dapat menghilangkan rematik karena berasal dari sumber mata air alami.

Kawasan wisata ini juga menyediakan sarana permainan lainnya seperti sepeda air, perahu dayung, dan lapangan tenis.

Baca lebih lanjut mengenai obyek wisata di Lamongan.

Puncak B-2911. Puncak B-29

Puncak B-29 merupakan obyek wisata di Lumajang yang menawarkan keindahan panorama alam Gunung Bromo pada ketinggian 2.900 meter dpl.

Ini berarti Puncak B-29 adalah puncak tertinggi lautan pasir Gunung Bromo.

Obyek wisata ini berada di Desa Argosari, Kec. Senduro, Kab. Lumajang, dan berjarak kurang lebih 40 km dari pusat Kota Lumajang.

Untuk berwisata ke Puncak B-29, wisatawan akan berhadapan dengan medan yang cukup berat. Kendaraan Anda akan melewati jalan berliku di sepanjang lereng Gunung Semeru. Selama menempuh perjalanan, panorama alam pegunungan dengan aneka tanamannya terlihat sejuk di mata. Beberapa tanaman khas lereng pegunungan adalah kentang, wortel, kubis, dan sebagainya.

Itulah 11 obyek wisata di Lumajang yang menawan.

Please Share :

Related Post


10 Pantai Menawan Di Yogyakarta Yang Patut Dikunjungi – Wisata Yogyakarta
10 Pantai Menawan Di Yogyakarta Yang Patut Dikunjungi – Wisata Yogyakarta

Sedang berlibur ke Yogya? Atau ada rencana untuk berwisata ke…

2 Wisata Air Terjun di Yogyakarta yang Wajib Untuk Dikunjungi
2 Wisata Air Terjun di Yogyakarta yang Wajib Untuk Dikunjungi

Apakah Anda sedang liburan di Kota Yogya? Kota yang nyaman…

7 Obyek Wisata Di Bondowoso Yang Patut Dikunjungi – Wisata Bondowoso
7 Obyek Wisata Di Bondowoso Yang Patut Dikunjungi – Wisata Bondowoso

Bondowoso merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal…

20 Obyek Wisata Di Surabaya yang Patut Dikunjungi
20 Obyek Wisata Di Surabaya yang Patut Dikunjungi

Surabaya – Ibukota Provinsi Jawa Timur ini merupakan kota terbesar…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *