Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / Obyek Wisata Di Madura Yang Patut Dikunjungi – Wisata Madura

Obyek Wisata Di Madura Yang Patut Dikunjungi – Wisata Madura


Obyek Wisata Di Madura Yang Patut Dikunjungi – Wisata Madura

Pulau Madura berada di sisi utara Kota Surabaya. Pulau ini terbagi menjadi 4 kabupaten yaitu Kab. Bangkalan, Kab. Sampang, Kab. Pamekasan, dan Kab. Sumenep. Aneka obyek wisata di Madura sangat menarik untuk dikunjungi. Selain memiliki beberapa obyek wisata pantai, di sini juga terdapat wisata air terjun, dan kerajinan batik.

Berikut Beberapa Obyek Wisata di Madura yang Patut Dikunjungi :

Kabupaten Bangkalan

Pantai Rongkang1. Pantai Rongkang

Obyek wisata di Madura ini berada di Kab. Bangkalan, tepatnya di Desa Kwanyar, Kec. Kwanyar, dan berjarak sekitar 10 km dari Jembatan Suramadu atau kurang lebih 30 km di sisi selatan Kota Bangkalan.

Untuk menuju ke tepi pantai, wisatawan harus menuruni perbukitan dan bebatuan cadas. Kehadiran batu-batu cadas tersebut membuat obyek wisata ini menjadi semakin terlihat cantik.

Nama “Rongkang” berasal dari Bahasa Madura yaitu “Ngerongkang” yang artinya adalah batu karang yang berlubang. Hal ini disebabkan oleh adanya batu-batu karang di sekitar pantai.

Ketika berada di Rongkang, wisatawan dapat melihat kokohnya Jembatan Suramadu. Pantai ini merupakan tempat wisata yang menyenangkan untuk bersantai maupun bermain air.

Pantai Sambilangan2. Pantai Sambilangan

Pantai yang masih alami ini berjarak kurang lebih 7 km di sisi selatan Kota Bangkalan.

Obyek wisata di Madura ini terletak di Desa Sambilangan, Kec. Bangkalan.

Selain menikmati panorama alam pantai, wisatawan juga dapat berpetualang ke Mercusuar Sambilangan yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1879.

Ketinggian mercusuar yang diresmikan oleh ZW. Willem III ini mencapai 90 meter dan terdiri dari 17 lantai.

Waktu untuk berkunjung ke Mercusuar Sambilangan dimulai dari pukul 08.00 s.d. 15.00 WIB. Harga tiket masuknya sebesar Rp 3000/orang. Dari atas mercusuar, wisatawan dapat melihat keindahan panorama alam Pulau Madura dan bentangan laut biru yang luas.

Pantai Sambilangan akan semakin terlihat mempesona menjelang terbenamnya matahari.

Pantai Siring Kemuning3. Pantai Siring Kemuning

Obyek wisata di Madura ini berada di sisi utara pulau, tepatnya di Desa Mecajah, Kec. Tanjung Bumi, Kab. Bangkalan.

Jika wisatawan berangkat dari Kota Bangkalan, akan menempuh jarak kurang lebih 40 km. Harga tiket masuknya adalah sebesar Rp 3000/orang.

Pantai yang indah dengan hamparan pasir putih yang menawan ini tampak masih alami dan akan ramai dikunjungi pada saat musim liburan.

Sayangnya, fasilitas pendukung yang tersedia di kawasan wisata ini masih minim, dimana hanya ada beberapa kedai makan dan kamar mandi. Biasanya wisatawan akan membawa bekal sendiri ketika akan berwisata ke Pantai Siring Kemuning.

Jika wisatawan ingin menginap, penduduk setempat telah menyediakan kamar untuk Anda. Menikmati suasana malam di Pantai Siring Kemuning dapat membuat hati merasa tenang dan nyaman.

Batik Tanjung Bumi4. Batik Tanjung Bumi

Pulau Madura tidak hanya terkenal dengan obyek wisata pantainya yang menawan, di pulau ini juga terdapat sentra kerajinan batik tulis yang berada di Kec. Tanjung Bumi.

Tempat wisata ini berada dekat dengan Pantai Siring Kemuning dan berjarak kurang lebih 40 km dari pusat Kota Bangkalan.

Bagi wisatawan yang menyukai batik, lengkapilah koleksi batik Anda dengan membeli Batik khas Tanjung Bumi. Harga yang ditawarkan bervariasi sesuai dengan motif dan warnanya.

Salah satu batik Tanjung Bumi yang terkenal adalah Batik Gentongan. Warna pada batik ini dapat bertahan lama sehingga akan selalu terlihat seperti masih baru.

Kabupaten Sampang

pantai camplong1. Pantai Camplong

Panorama alamnya yang menawan dengan hamparan pasir putih yang terasa lembut di kaki, membuat obyek wisata di Madura ini sering dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai yang indah ini berjarak kurang lebih 10 km dari pusat Kota Sampang, tepatnya berada di Desa Dharma Camplong, Kec. Camplong, Kab. Sampang.

Lokasi pantai berada di tepi jalan utama yang menghubungkan Kab. Sampang dan Kab. Pamekasan. Harga tiket masuk ke Pantai Camplong adalah sebesar Rp 5000/orang.

Beberapa kegiatan yang menyenangkan di Pantai Camplong adalah berenang, bermain pasir, dan bersantai di tepi pantai. Tidak hanya itu, bagi Wisatawan yang ingin berlayar, telah tersedia perahu nelayan yang siap untuk membawa Anda berkeliling di sekitar perairan pantai selama kurang lebih 20 menit. Setiap orang akan dikenakan biaya sebesar Rp 5000.

Selain itu, obyek wisata Pantai Camplong telah dikelola dengan baik, di sini telah tersedia aneka kios yang menjual berbagai cinderamata khas Madura, terdapat juga kedai makan, areal parkir, kamar mandi, dan jasa sewa pelampung. Tarif sewa pelampung adalah sebesar Rp 5000/pelampung.

pantai nepa2. Pantai Nepa

Terletak di Desa Batioh, Kec. Banyuates, Kab. Sampang, obyek wisata di Madura ini masih alami dan berada dekat dengan Hutan Nepa.

Apabila wisatawan berangkat dari Kota Sampang, akan menempuh jarak sekitar 50 km dalam waktu kurang lebih 75 menit.

Selain bersantai dan bermain air, wisatawan juga dapat berkunjung ke Hutan Nepa dimana terdapat sekelompok kera yang hidup berkeliaran di sana. Kehadiran kawasan hutan tersebut merupakan salah satu daya tarik bagi obyek wisata ini.

Pantai Nepa sangat tepat untuk dikunjungi bagi Anda yang mendambakan suasana indah alam pantai yang tenang dan nyaman.

wisata di madura3. Air Terjun Toroan

Kabupaten Sampang juga memiliki obyek wisata air terjun.

Tempat wisata tersebut berada di Ds. Ketapang Daja (Ketapang Utara), Kec. Ketapang, Kab. Sampang. Air terjun tersebut bernama Toroan dan berjarak sekitar 43 km dari pusat Kota Sampang.

Tidak sulit untuk mengunjunginya, bahkan bagi wisatawan yang membawa motor pun dapat memarkir kendaraannya di dekat lokasi air terjun.

Namun jika Anda membawa mobil, telah tersedia areal parkir di pemukiman penduduk. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 50 meter menuruni lembah atau melintasi tepi pantai yang berbatu karang.

Keunikan dari Air Terjun Toroan adalah air yang jatuh langsung mengalir ke laut Jawa. Dengan ketinggian sekitar 20 meter, obyek wisata di Madura ini akan tampak semakin indah menjelang tenggelamnya matahari.

Kabupaten Pamekasan

Api Abadi1. Api Abadi

Api Abadi atau Api Tak Kunjung Padam merupakan salah satu obyek wisata di Madura yang berlokasi di Kab. Pamekasan, tepatnya di Desa Larangan Tokol, Kec. Tlanakan.

Untuk tiba di lokasi wisata ini, jika wisatawan berangkat dari Kota Bangkalan membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Beberapa fasilitas pendukung yang tersedia di kawasan wisata Api Abadi antara lain areal parkir kendaraan, toko cinderamata, dan pedagang makanan minuman.

Setiap pengunjung diizinkan untuk membakar jagung, ikan, ayam, dan sebagainya. Jika Anda tidak membawa bahannya, pedagang setempat telah menyediakan aneka bahan makanan tersebut.

Berdasarkan dari penjelasan ilmiah, terjadinya fenomena unik Api Abadi karena di tempat tersebut mengandung belerang yang bergesekan dengan oksigen.

pantai jumiang2. Pantai Jumiang

Obyek wisata di Madura ini berlokasi di Desa Tanjung, Kec. Pademawu, Kab. Pamekasan.

Pantai Jumiang berjarak kurang lebih 12 km dari pusat Kota Pamekasan.

Keunikan dari Pantai Jumiang adalah lokasinya yang berada di kawasan dataran tinggi. Begitu tiba di lokasi, wisatawan dapat melihat keindahan panorama alam pantai dari ketinggian.

Setelah puas menikmati pesonanya, lanjutkanlah petualangan Anda menuju ke tepi pantai dengan menuruni tebing melalui jalan setapak. Terdapat aneka tanaman yang tumbuh di kawasan ini, bahkan ada juga tanaman kaktus.

Begitu tiba di tepi pantai, hamparan pasir putih Pantai Jumiang dan bebatuan karang dengan berbagai macam ukuran semakin jelas terlihat.

Pantai Batu Kerbuy3. Pantai Batu Kerbuy

Obyek wisata pantai di Madura ini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang lain.

Pantai Batu Kerbuy berada di Desa Batu Kerbuy, Kec. Pasean, Kab. Pamekasan.

Jika wisatawan berangkat dari Kota Pamekasan, maka akan membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk tiba di lokasi dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Pantai yang masih alami ini akan memberikan kenyamanan dan ketenangan kepada setiap pengunjung. Selain bersantai, Anda juga dapat berenang, snorkeling, memancing, dan berlayar mengarungi perairan pantai dengan menggunakan perahu motor. Harga sewa perahu motor tersebut sekitar Rp 250.000.

Kabupaten Sumenep

Pantai Lombang1. Pantai Lombang

Keindahan Pantai Lombang tidak hanya karena hamparan pasir putihnya yang lembut di kaki, di tepi pantai tumbuh dengan subur tanaman Cemara Udang.

Tanaman hijau membuat suasana pantai menjadi terlihat asri, seperti halnya beberapa pantai di Tiongkok.

Selain bersantai di tepi pantai atau di bawah rindangnya pohon Cemara Udang, biasanya wisatawan akan menghabiskan waktu liburan dengan berjalan kaki menelusuri tepi pantai dan berenang.

Obyek wisata di Madura ini berada di Desa Lombang, Kec. Batang-batang, Kab. Sumenep, sekitar 30 km dari pusat Kota Sumenep. Harga tiket masuknya adalah sebesar Rp 5000/orang.

Beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Lombang antara lain areal parkir, kedai makanan dan minuman, serta kamar mandi.

Pantai Slopeng2. Pantai Slopeng

Obyek wisata di Madura ini berada pada jarak sekitar 21 km di sisi utara Kota Sumenep, tepatnya di Kec. Dasuk.

Membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk tiba di lokasi pantai dengan menggunakan mobil atau motor.

Beberapa keunggulan dari Pantai Slopeng yaitu hamparan pasir putihnya membentang sepanjang kurang lebih 6 km. Air lautnya jernih dan ombaknya tidak begitu besar, sehingga sangat menyenangkan untuk berenang atau sekedar bermain air di Pantai Slopeng.

Aneka tanaman khas pantai tumbuh dengan subur, seperti pohon kelapa, siwalan, dan cemara udang. Ketika hari menjelang sore, pesona sunset semakin mempercantik kawasan wisata ini.

Pihak pengelola pantai telah menyediakan beberapa fasilitas pendukung, seperti areal parkir, taman bermain, panggung hiburan, gazebo, kamar mandi, dan sebagainya.

Harga tiket masuk ke Pantai Slopeng adalah sebesar Rp 2000/orang.

Pantai Mamburit3. Pantai Mamburit

Pantai Mamburit berada di Pulau Mamburit dan termasuk dalam kawasan Kepulauan Kangean.

Secara administrasi, Pulau Mamburit berada di Dsn. Mamburit, Ds. Kalisangka, Kec. Arjasa, Kepulauan Kangean, Kab. Sumenep.

Untuk menuju ke Pulau Kangean (pulau terbesar di Kepulauan Kangean), dari Pelabuhan Kalianget di Kab. Sumenep wisatawan dapat menaiki Kapal Feri dengan waktu tempuh sekitar 12 jam.

Atau menggunakan Kapal Cepat dimana waktu tempuhnya hanya 3,5 jam. Jarak antara Pelabuhan Kalianget dan Pelabuhan Batu Guluk (Pulau Kangean) adalah sekitar 100 km.

Setelah wisatawan tiba di Pulau Kangean, di Pelabuhan Batu Guluk atau Pelabuhan Desa Kalisangka telah tersedia jasa transportasi laut yang akan mengantarkan Anda menuju ke Pulau Mamburit. Lamanya perjalanan sekitar 10 menit dari Pelabuhan Batu Guluk, dan kurang lebih 15 menit dari Pelabuhan Desa Kalisangka.

Setelah sampai di Pulau Mamburit, Anda bebas untuk melakukan berbagai aktivitas seperti bersantai, berenang, berjalan menelusuri tepi pantainya yang berpasir putih, atau mencoba untuk bersosialisasi dengan penduduk setempat.

Selain itu, sekitar 1 km di sebelah utara pulau terdapat kawasan taman laut. Bagi wisatawan yang gemar snorkeling, jangan lepaskan kesempatan untuk menyaksikan keindahan biota laut Pulau Mamburit. Namun, jangan lupa untuk membawa perlengkapan tersebut karena di sana tidak terdapat jasa persewaan alat snorkeling.

pantai saebus4. Pulau Sapeken

Pulau Sapeken – salah satu pulau yang berada di Kepulauan Kangean.

Obyek wisata di Madura ini berjarak sekitar 1 jam dari Kepulauan Kangean dengan menggunakan kapal cepat.

Namun, jika hanya menggunakan perahu motor, akan membutuhkan waktu kurang lebih 3,5 jam.

Pulau Sapeken juga ditetapkan sebagai lokasi kantor Camat. Kecamatan ini membawahi beberapa pulau yang lokasinya berada di sisi timur Kepulauan Kangean, seperti Pulau Saebus, Paliat, Sadulang Kecil, Sadulang Besar, dan lain-lain.

Ketika wisatawan telah berada di Pulau Sapeken, kawasan ini memiliki obyek wisata pantai yang indah dengan hamparan pasir putih nan bersih. Anda pun dapat berkunjung ke Pulau Saebus dan Pulau Saur yang berjarak kurang lebih 30 menit perjalanan dengan menggunakan perahu motor.

Selain menikmati panorama alam pantainya, sempatkanlah untuk berpetualang menjelajahi keindahan alam bawah lautnya. Namun, Anda harus mempersiapkan sendiri peralatan untuk diving atau snorkeling.

Gili Labak5. Gili Labak

Pesona keindahan dari Gili Labak, sama dengan beberapa gili yang berada di Pulau Lombok.

Perbedaannya adalah fasilitas di Gili Labak belum selengkap di Gili Trawangan.

Luas Gili Labak adalah sekitar 5 hektar, wisatawan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit untuk mengelilinginya melalui pesisir pantai.

Penduduk asli gili ini hidup sederhana dan mengandalkan listrik tenaga surya sebagai penerangan di waktu malam.

Kegiatan yang menyenangkan di Gili Labak antara lain bersantai, berjalan kaki mengelilingi pulau, berenang, dan snorkeling. Biasanya, wisatawan akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berenang dan snorkeling.

Secara administrasi obyek wisata di Madura ini berada di wilayah Kec. Talang, Kab. Sumenep. Jika Anda berminat untuk berlibur ke Gili Labak, dari Pelabuhan Kalianget wisatawan bisa menyewa perahu motor dengan harga sekitar Rp 450.000 (pp). Lamanya perjalanan tergantung dari kondisi ombak, umumnya sekitar 2,5 jam.

==>> Baca lebih lanjut mengenai aneka tempat wisata di Bojonegoro.

Begitu menyenangkan berwisata ke Pulau Madura bersama dengan keluarga. Wisatawan membutuhkan waktu setidaknya 1 minggu untuk bisa menjelajahi beberapa tempat wisata di Madura.

Please Share :

Related Post


4 Candi di Yogyakarta Selain Candi Prambanan
4 Candi di Yogyakarta Selain Candi Prambanan

Yogyakarta tidak hanya memiliki sebuah candi yang telah terkenal hingga…

9 Obyek Wisata Di Banyuwangi Yang Patut Dikunjungi – Wisata Banyuwangi
9 Obyek Wisata Di Banyuwangi Yang Patut Dikunjungi – Wisata Banyuwangi

Banyuwangi – sebuah kabupaten di Jawa Timur yang memiliki beberapa…

8 Obyek Wisata Di Probolinggo Yang Patut Dikunjungi
8 Obyek Wisata Di Probolinggo Yang Patut Dikunjungi

Siapa yang tidak mengenal keindahan alam dari Gunung Bromo? Hampir…

10 Obyek Wisata Di Trenggalek Yang Patut Dikunjungi
10 Obyek Wisata Di Trenggalek Yang Patut Dikunjungi

Kabupatan Trenggalek berada di wilayah pesisir selatan Provinsi Jawa Timur.…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *