Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / 5 Obyek Wisata Di Magetan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Magetan

5 Obyek Wisata Di Magetan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Magetan


5 Obyek Wisata Di Magetan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Magetan

Kabupaten Magetan juga dikenal dengan nama Kota Kaki Gunung. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di kaki Gunung Lawu. Obyek wisata di Magetan yang telah dikenal oleh wisatawan antara lain Telaga Sarangan dan Telaga Wahyu. Selain itu, Magetan juga mempunyai tempat wisata lainnya yang menarik.

Berikut 5 Obyek Wisata di Magetan yang Patut Dikunjungi :

wisata di magetan1. Telaga Sarangan

Obyek wisata di Magetan ini berada di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, dan berjarak kurang lebih 16 km dari pusat Kota Magetan.

Telaga Sarangan atau Telaga pasir dikelilingi oleh panorama alam hijau yang asri dan berhawa sejuk yaitu antara 18 s.d. 25 oC.

Luas telaga ini adalah sekitar 30 hektar, dengan kedalaman mencapai kurang lebih 28 meter. Beberapa kegiatan yang menyenangkan di Telaga Sarangan antara lain bersantai, berkuda, berlayar dengan menyewa speed boat, dan sebagainya.

Disamping itu, pihak pengelola obyek wisata Telaga Sarangan telah menyediakan beberapa fasilitas pendukung seperti areal parkir kendaraan, penginapan, rumah makan, pasar wisata, taman bermain, tempat ibadah, dan lain-lain.

Telaga Sarangan merupakan salah satu tempat yang menyenangkan untuk bertamasya di akhir pekan.

telaga wahyu2. Telaga Wahyu

Selain Telaga Sarangan, Kabupaten Magetan juga memiliki wisata telaga lainnya yaitu Telaga Wahyu.

Obyek wisata di Magetan ini berjarak kurang lebih 2 km di sisi timur Telaga Sarangan.

Telaga dengan kedalaman sekitar 16 meter ini, memiliki luas kurang lebih 10 hektar. Panorama alamnya tampak asri dan berhawa sejuk.

Kegiatan yang paling menyenangkan di Telaga Wahyu adalah memancing, karena beragam ikan sengaja ditebarkan di telaga ini. Selain itu, wisatawan juga dapat mengelilingi telaga dengan menyewa sepeda air, dan berkunjung ke sumber air alami yang bernama Sumber Tamtu.

Beberapa fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini antara lain lokasi parkir kendaraan, gazebo, kedai makan, dan toilet.

Air Terjun Pundak Kiwo3. Air Terjun Pundak Kiwo

Obyek wisata di Magetan ini berlokasi di Desa Ngancar, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, dan berjarak kurang lebih 800 meter dari Telaga Sarangan.

Air Terjun Pundak Kiwo merupakan bagian dari Air Terjun Waton Jamas Ndak Tuo.

Dua air terjun lainnya adalah Air Terjun Watu Ondo dan Air Terjun Jarakan. Air yang mengalir pada ketiga air terjun ini berasal dari sungai di Ds. Ngancar.

Air Terjun Pundak Kiwo berada pada posisi teratas dengan ketinggian kurang lebih 45 meter. Lokasinya berada di lereng gunung bagian kiri.

Di bagian terbawah adalah Air Terjun Watu Ondo. Ketinggian air terjun ini kurang lebih 20 meter. Aliran airnya melalui sederatan batu yang tersusun dengan rapi. Pada jarak kurang lebih 80 meter diatasnya terdapat Air Terjun Jarakan. Ketinggian air terjun ini kurang lebih 35 meter dan memiliki sendang sehingga wisatawan dapat mencuci muka atau mandi di sini.

Apabila wisatawan berangkat dari Kota Magetan, maka akan menempuh jarak sekitar 17 km. Setelah tiba di lokasi parkir, Anda harus berjalan kaki sejauh 600 meter untuk sampai di lokasi air terjun yang pertama yaitu Watu Ondo.

Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain areal parkir, kedai makan, gazebo, dan toilet.

air terjun tirtosari4. Air Terjun Tirtosari

Obyek wisata di Magetan ini berada di Desa Ngancar, Kec. Plaosan.

Harga tiket masuknya adalah sebesar Rp 7000/orang. Jika berangkat dari Telaga Sarangan, wisatawan akan menempuh jarak sekitar 2,5 km.

Akan tetapi, kendaraan bermotor hanya dapat mengantarkan Anda sejauh 1,5 km, selanjutnya perjalanan akan ditempuh dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dan ditemani oleh panorama alam pedesaan yang menawan.

Setelah melewati puluhan anak tangga berbahan beton, wisatawan akan tiba di tepi Air Terjun Tirtosari yang memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter. Cobalah untuk membasuh muka menggunakan airnya yang jernih agar bisa memberikan kesegaran setelah perjalanan panjang.

Taman Rekreasi Banyu Biru5. Taman Rekreasi Banyu Biru

Taman Rekreasi Banyu Biru berada di Jln. Raya Maospati –  Magetan, Desa Tinap, Kec. Sukomoro, Kab. Magetan.

Aneka fasilitas yang terdapat di taman ini antara lain kolam renang, kolam pemancingan, bioskop, sarana olahraga (tenis meja & bulu tangkis), gedung pertemuan, rumah makan, dan lain-lain.

Taman Rekreasi Banyu Biru akan dipadati oleh pengunjung pada saat akhir pekan atau hari libur. Obyek wisata di Magetan ini merupakan tempat yang menyenangkan untuk berekreasi bersama dengan keluarga.

Jika Anda masih memiliki waktu untuk berlibur, silahkan berkunjung ke Pacitan. Kabupaten Pacitan memiliki panorama alam pantai yang menawan dan masih alami.

Please Share :

Related Post


Berwisata ke Museum Sonobudoyo Yogyakarta
Berwisata ke Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Apakah Anda pecinta keris? Jika iya, wisatawan harus mengunjungi Museum…

Keindahan Alam di Hutan Pinus Mangunan
Keindahan Alam di Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan atau juga dikenal dengan Hutan Pinus Imogiri…

Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta
Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Ketika musim liburan tiba, banyak keluarga mulai merencakan perjalanan wisata.…

6 Obyek Wisata Di Ngawi Yang Patut Dikunjungi – Wisata Ngawi
6 Obyek Wisata Di Ngawi Yang Patut Dikunjungi – Wisata Ngawi

Anda sedang berada di Kota Ngawi? Sempatkanlah untuk berwisata ke…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *