Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / 11 Obyek Wisata Di Malang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Malang

11 Obyek Wisata Di Malang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Malang


11 Obyek Wisata Di Malang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Malang

Kota berhawa sejuk ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berlibur ke Malang bersama dengan keluarga pastinya akan memberikan kesan tersendiri bagi Anda.

Di sini anak-anak bisa berwisata air, bermain di taman hiburan, dan merasakan kelezatan apel Malang. Untuk menuju ke sana, waktu yang ditempuh dari kota Surabaya adalah 3,5 jam. Penasaran dengan aneka obyek wisata di Malang?

Berikut 11 Obyek Wisata di Malang Raya yang Patut Dikunjungi :

Kusuma Agrowisata1. Kusuma Agrowisata

Terletak pada ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut, pastinya membuat tempat wisata ini selalu diselimuti dengan hawa sejuk nan menyegarkan.

Kusuma Agrowisata didirikan pada tahun 1991 dan telah terkenal hingga ke mancanegara. Lokasinya berada di Jln. Abdul Gani Atas, Kota Wisata Batu, Malang.

Apabila wisatawan berangkat dari Kota Malang, maka akan menempuh jarak kurang lebih 19 km untuk menuju ke obyek wisata ini.

Selama berada di kawasan wisata Kusuma Agrowisata, Anda tidak hanya bisa merasakan sensasi memetik apel dan merasakan kelezatan apel yang masih segar. Di tempat wisata ini wisatawan juga bisa melakukan wisata outbound, wisata air, melatih ketangkasan menggunakan airsoft gun, dan mencoba asyiknya mengendarai ATV.

Selain itu, selama berada di dalam areal kebun, wisatawan akan ditemani dengan seorang pemandu. Pemandu tersebut akan menjelaskan kepada Anda tentang tata cara budidaya tanaman buah yang ada di kawasan wisata ini. Sehingga selain berwisata, wisatawan juga akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Setelah puas mengelilingi kebun, lepaskan rasa lelah Anda dengan berkunjung ke restoran Kusuma Argowisata yaitu Strawberry House dan Apple House. Di sana telah tersedia aneka menu lezat dengan menggunakan bahan utama buah strawberry dan apel.

Harga tiket masuk ke Kusuma Agrowisata tergantung dari paket yang dipilih. Untuk paket memetik apel atau memetik strawberry, harga tiket masuknya dimulai dari harga Rp 55.000 pada hari kerja, dan Rp 60.000 di hari libur. Dengan biaya tersebut Anda juga akan mendapatkan beberapa fasilitas tambahan seperti welcome drink, wisata memetik jeruk/jambu, jus buah, dan makanan.

Apabila wisatawan ingin bermain air di waterpark, wisata outbound, mengendarai ATV dan sebagainya, maka harus mengeluarkan biaya tambahan. Obyek wisata di Malang ini buka dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

jatim park 12. Jatim Park 1

Jatim Park 1 adalah taman hiburan dan permainan yang terletak sekitar 20 km dari Kota Malang. Obyek wisata di Malang Raya ini berada di Kota Batu yang terkenal berhawa sejuk.

Dengan luasnya yang mencapai 11 hektar, Jatim Park 1 menyediakan beberapa wahana hiburan dan edukasi.

Namun, wahana unggulan di tempat wisata ini adalah area waterpark yang bisa digunakan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Wahana lainnya yang menarik untuk ditelusuri adalah wahana edukasi yaitu science stadium. Di dalam wahana ini terdapat laboratorium indoor dan outdoor yang akan memberikan informasi di bidang ilmu matematika, fisika, kimia, dan biologi.

Selain itu, masih terdapat wahana permainan lainnya seperti gokart, mini jet, flying tornado, midi skater, drop zone, spinning coaster, dan juga bioskop 3 D. Tempat wisata ini juga telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung yaitu gazebo, mushola, dan juga restoran.

Harga tiket masuk Jatim Park 1 adalah sebesar Rp 60.000 di hari Senin s.d. Kamis, dan Rp 80.000 pada hari Jumat s.d. Minggu, Hari Libur Nasional dan musim libur sekolah.

Bagi anak-anak dengan tinggi di bawah 85 cm, tidak dikenakan biaya untuk masuk ke kawasan wisata ini. Jatim Park 1 dibuka dari jam 8.30 – 16.30 WIB.

obyek wisata di malang3. Jatim Park 2

Berbeda dengan Jatim Park 1, Jatim Park 2 merupakan tempat wisata di Malang yang akan membawa Anda ke dalam suasana bermain sambil belajar.

Terdapat 2 zona hiburan pada obyek wisata di Malang ini, yaitu Museum Satwa dan Batu Secret Zoo.

Jatim Park 2 berlokasi di Jln. Oro-Oro Ombo, Nomor 9, Batu, Malang. Tempat wisata di Malang ini buka dari jam 10.00 – 18.00 WIB.

Harga tiket masuknya adalah sebesar Rp 75.000 pada hari Senin – Kamis, sedangkan di hari Jumat – Minggu dan Hari Libur Nasional, harga tiket masuknya sebesar Rp 105.000.

Di kawasan wisata Batu Secret Zoo, wisatawan dapat menyaksikan aneka hewan seperti burung, harimau, kuda, kuda nil, dan sebagainya. Batu Secret Zoo juga memiliki sungai buatan dan telah disediakan perahu sehingga Anda bisa mengarungi sungai tersebut.

Setelah puas berpetualang menyaksikan kehidupan aneka satwa, lanjutkan perjalanan wisata Anda menuju ke Museum Satwa. Beberapa hewan yang telah diawetkan ditempatkan pada lokasi yang menyerupai habitatnya. Hewan-hewan tersebut antara lain berbagai serangga, hewan mamalia, hewan reptilia, dan lain-lain. Semua hewan tersebut tidak berasal dari hasil berburu, namun mati secara alami.

eco green park4. Eco Green Park

Obyek wisata di Malang ini akan memberikan manfaat yang baik kepada anak-anak karena mereka akan mengetahui pentingnya kegiatan menjaga keseimbangan lingkungan.

Telah tersedia beberapa wahana hiburan edukasi yang menyenangkan dan menyebar di beberapa area.

Bagi Anda yang ingin berkeliling dengan menggunakan sepeda, telah tersedia E-Bike dengan tarif sewa sebesar Rp 100.000/ 3 jam.

Begitu wisatawan masuk ke areal wisata Eco Green Park, di halaman depan terdapat sebuah patung gajah yang dibuat menggunakan televisi bekas. Ini merupakan salah cara untuk memanfaatkan limbah televisi menjadi sebuah karya seni yang unik.

Beberapa wahana yang terdapat di Eco Green Park adalah jungle adventure, rumah terbalik, walking bird, geology science center, duck kingdom, animal farm, dome multimedia, world parrots, pasar burung, Music Plaza, dan sebagainya.

Jika Anda berpetualang di jungle adventure, wisatawan akan dibekali dengan senapan mainan. Sembari menikmati sensasi naik kereta terbuka, Anda bisa menembak para pemburu liar yang berada di dalam hutan.

Harga tiket masuk Eco Green Park adalah sebesar Rp 40.000 pada hari Senin s.d. Kamis, dan di hari Jumat s.d. Minggu (hari libur) tiket masuknya seharga Rp 60.000.

Jika wisatawan ingin berhemat, terdapat tiket terusan yaitu Jatim Park 1 + Eco Green Park seharga Rp 70.000 di hari kerja, dan Rp 100.000 pada hari libur. Sedangkan Jatim Park 2 + Eco Green Park seharga Rp 85.000 pada hari kerja, dan Rp 125.000 di hari libur.

Eco Green Park berlokasi di Jln. Oro-Oro Ombo, Nomor 9A, Batu, Malang. Tempat wisata ini buka dari jam 09.00 s.d. 17.00 WIB.

museum angkut5. Museum Angkut

Bagi Anda yang cinta dengan dunia otomotif, jika sedang berada di Kota Malang, jangan lepaskan kesempatan untuk berkunjung ke Museum Angkut Malang.

Obyek wisata di Malang ini berdiri di atas lahan seluas 3,7 hektar dan mempunyai 10 zona.

Zona-zona tersebut diantaranya adalah zona edukasi, Inggris, Perancis, Italia, Jerman, Hollywood, Las Vegas, Jepang, Batavia, dan Gangster & Broadway. Setiap zona memiliki koleksi yang berbeda dan tata ruangnya dibuat menyerupai keadaan aslinya.

Di Museum Angkut Malang, wisatawan tidak akan merasa jenuh atau bosan. Karena di sini Anda akan diajak berpetualang untuk melihat sejarah perkembangan transportasi darat di dunia. Beberapa koleksinya antara lain delman, sepeda onthel, motor, mobil, hingga mobil balap F1 dan mobil listrik.

Salah satu hal yang menarik setelah wisatawan puas menjelajahi dunia otomotif, di tempat wisata Malang ini terdapat area kuliner yang unik. Anda bisa menikmati kelezatan aneka menu khas Nusantara di Pasar Apung.

Pasar ini terbagi menjadi beberapa lokasi yaitu Jawa, Lombok, Kalimantan, Nias, dan lain-lain. Dengan menggunakan perahu wisata, wisatawan akan berkeliling pasar yang memiliki lebih dari 80 kedai makanan dan cinderamata.

Museum Angkut berada di Jln. Terusan Sultan Agung Atas, Nomor 2, Batu, Malang. Museum Angkut akan dibuka dari jam 12.00 s.d. 20.00 WIB.

Harga tiket masuk :

Pada hari kerja (Senin s.d. Kamis) : Rp 60.000

Pada hari libur (Jumat s.d. Minggu) : Rp 80.000

Selain itu, terdapat juga tiket terusan Museum Angkut & D’topeng Kingdom seharga Rp 70.000 pada hari kerja, dan Rp 90.000 pada hari libur. Kecuali handphone, jika wisatawan membawa kamera akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 30.000/kamera.

Wisata Selecta Malang6. Wisata Selecta Malang

Kondisi alamnya yang indah karena dikelilingi oleh pegunungan Kota Batu, membuat obyek wisata di Malang ini berhawa sejuk, nyaman dan tenang.

Di kawasan wisata Selecta Malang, wisatawan bisa menikmati beberapa wahana permainannya seperti waterpark, kolam renang sejarah (dimana airnya berasal dari mata air pegunungan), perahu Columbus, outbound, sepeda air, wisata bunga, sayur dan buah, jogging, dan sebagainya.

Beberapa hotel dan restoran juga tersedia di kawasan wisata ini. Wisata Selecta Malang berjarak sekitar 6 km dari Kota Batu, dan apabila wisatawan berangkat dari Kota Malang, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk tiba di lokasi taman rekreasi ini.

Batu Night Spectacular7. Batu Night Spectacular

Malam hari di Batu, Malang, bukan berarti tidak ada tempat yang asyik untuk bersenang-senang. Wisatawan bisa berkunjung ke Batu Night Spectacular.

Obyek wisata Malang ini berada di Jln. Raya Oro-Oro Ombo, No. 200, Batu, Malang.

Tempat wisata yang bercahaya di malam hari ini buka pada pukul 15.00 s.d. 24.00. Harga tiket masuk Batu Night Spectacular adalah sebesar Rp 7.000 pada hari Senin – Kamis, dan Rp 12.500 di hari Jumat – Minggu dan Hari Libur Nasional. Apabila wisatawan ingin mencoba aneka wahana permainan yang tersedia di tempat wisata ini, maka harus mengeluarkan uang mulai dari Rp 5000 s.d. 30.000/wahana.

Tidak hanya anak-anak, remaja atau orang dewasa sangat nyaman dan bahagia berada di kawasan wisata ini. Duduk santai di tepi air mancur yang menari mengikuti irama musik, atau rekreasi ke Lampion Garden yang memancarkan cahaya warna-warni adalah 2 kegiatan yang menyenangkan di Batu Night Spectacular.

Selain itu, beberapa permainannya yang begitu menggoda adalah mouse coaster, kids zone, flying swinger, play ground, disco bumper car, berburu hantu, rumah hantu, cinema 4 dimensi, aero test, ali baba, banji trampolin, sepeda udara, dan battle arena. Apabila wisatawan ingin mencoba semua wahana permainan tersebut, maka harus menyiapkan uang sekitar Rp 150.000 – 180.000.

Setelah puas bermain, lepaskan rasa lelah Anda di food court. Agar dapat mencoba aneka menu lezat di kawasan ini, wisatawan harus membeli kupon sebagai media bertransaksi. Jangan khawatir, jika kupon tersebut tidak habis terpakai, dapat ditukarkan kembali menjadi uang tunai.

pantai bale kambang8. Pantai Bale Kambang

Sekilas obyek wisata di Malang ini seperti Tanah Lot di Pulau Bali. Terdapat pura yang menjorok ke laut dengan jarak sekitar 100 meter dari tepi pantai.

Pura Pantai Bale Kambang didirikan di atas 1 dari 3 pulau yang ada di kawasan wisata ini.

Pulau tersebut bernama Pulau Ismoyo. Sedangkan 2 pulau lainnya bernama Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Pura ini sengaja didirikan oleh Bupati Malang pada tahun 1985 dimana desainnya seperti Pura Tanah Lot.

Daya tarik dari pantai di Selatan Kota Malang ini, tidak hanya karena terdapat pura, pesona hamparan pasir putih kekuningan dan ombaknya yang kecil, pastinya akan membuat suasana santai Anda menjadi semakin bermakna. Selain bersantai, ada sebagian dari mereka yang tampak menikmati aktivitas berenang di tepi pantai.

Pantai Bale Kambang berlokasi di Dusun Sumber Jambe, Ds. Srigonco, Kec. Bantur, Malang. Lokasi pantai berjarak sekitar 60 km dari Kota Malang.

pantai ngliyep9. Pantai Ngliyep

Apabila wisatawan ingin mencari lokasi pantai yang tidak terlalu ramai, dengan jarak kurang lebih 62 km dari Kota Malang terdapat obyek wisata pantai berpasir putih yang bernama Pantai Ngliyep.

Lokasi pantai berada di Desa Kedungsalam, Kec. Donomulyo, Malang.

Pesona alam pantai yang memadukan tebing tinggi nan curam dan hijau hutan lindung, membuat kawasan wisata ini terlihat begitu indah. Selain bersantai di tepi pantai, Anda juga bisa bermain air bersama dengan teman atau keluarga.

Jalan untuk menuju ke obyek wisata Malang ini telah diaspal dan membutuhkan waktu sekitar 75 menit dari Kota Malang. Selain menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan juga bisa memakai angkutan umum mikrolet GN1 atau GN2.

pulau sempu10. Pulau Sempu

Bagi wisatawan yang berjiwa petualang, persiapkan fisik dan mental Anda untuk menjelajahi Pulau Sempu.

Sebelum tiba di pulau yang memiliki pesona alam yang indah ini, terlebih dahulu wisatawan harus menuju ke Pantai Sendang Biru.

Pantai ini adalah pantai nelayan dimana Anda juga bisa membeli ikan laut dengan harga yang lebih murah.

Pantai Sendang Biru berlokasi di Dusun Sendang Biru, Ds. Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Malang. Jika wisatawan berangkat dari Kota Malang, akan menempuh jarak kurang lebih 68 km.

Setelah Anda tiba di Pantai Sendang Biru, dengan menyewa perahu nelayan wisatawan akan diantarkan menuju ke Pulau Sempu. Tarif sewa perahu sekitar Rp 100.000/perahu, dimana kapasitasnya bisa untuk 10 orang penumpang.

Namun dikarenakan Pulau Sempu termasuk cagar alam, maka wisatawan harus melapor ke Pos Perhutani sebelum menyebrang ke pulau tersebut. Di sana Anda akan mengisi form dan membayar Rp 60.000 jika ingin menginap di pulau tersebut.

Setelah tiba di tepi Pulau Sempu, wisatawan akan melanjutkan perjalanan panjang melewati jalan yang curam dan lebatnya hutan hingga tiba di telaga atau Danau Segara Anakan. Di sana Anda bisa bersantai, berenang, atau bermain pasir. Air yang berada di danau ini masuk melalui tebing di sisi danau akibat dari gelombang laut.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, harus memastikan perbekalan yang dibawa cukup untuk memenuhi kebutuhan selama berada di pulau ini, karena obyek wisata di Malang ini merupakan sebuah pulau tak berpenghuni. Selain itu, pastikan Anda menyimpan nomor hp sang pemilik perahu agar dapat dijemput untuk kembali ke Pantai Sendang Biru.

air terjun coban rondo11. Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo berada di Kec. Pujon, Malang. Untuk menuju ke obyek wisata di Malang Raya ini, wisatawan akan menempuh jarak sekitar 29 km dari Kota Malang.

Harga tiket masuk ke kawasan wisata Coban Rondo adalah sebesar Rp 10.000/orang.

Di dalam kawasan wisata ini, wisatawan akan merasakan suasana yang sejuk dan menyegarkan, karena Air Terjun Coban Rondo berada pada ketinggian 1.135 meter di atas permukaan laut.

Selain bersantai sembari menikmati pesona keindahan air terjun, Anda juga bisa menikmati aneka kuliner khas wisata Coban Rondo. Beberapa kuliner tersebut adalah kacang rebus, kentang goreng, sate kelinci, sate ayam, dan lain-lain.

Setelah puas menikmati aneka obyek wisata di Malang, lanjutkanlah perjalanan Anda untuk menuju ke Kota Blitar. Kota Blitar berada tidak jauh dari Malang. Wisatawan bisa memakai jasa transportasi kereta api, travel maupun bus.

Please Share :

Related Post


5 Obyek Wisata Di Madiun Yang Patut Dikunjungi – Wisata Madiun
5 Obyek Wisata Di Madiun Yang Patut Dikunjungi – Wisata Madiun

Jika berkunjung ke kota Madiun maka tak lengkap rasanya apabila…

Museum Ullen Sentalu, Nuansa Mistis nan Edukatif
Museum Ullen Sentalu, Nuansa Mistis nan Edukatif

Museum Ullen Sentalu adalah salah satu obyek wisata edukatif kebanggaan…

9 Obyek Wisata Di Banyuwangi Yang Patut Dikunjungi – Wisata Banyuwangi
9 Obyek Wisata Di Banyuwangi Yang Patut Dikunjungi – Wisata Banyuwangi

Banyuwangi – sebuah kabupaten di Jawa Timur yang memiliki beberapa…

Ini Dia Oleh-oleh Khas Surabaya
Ini Dia Oleh-oleh Khas Surabaya

Setelah puas berwisata di Kota Pahlawan “Surabaya”, janganlah lupa untuk…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *