Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / 6 Obyek Wisata Di Mojokerto Yang Patut Dikunjungi – Wisata Mojokerto

6 Obyek Wisata Di Mojokerto Yang Patut Dikunjungi – Wisata Mojokerto


6 Obyek Wisata Di Mojokerto Yang Patut Dikunjungi – Wisata Mojokerto

Mojokerto adalah salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan obyek wisata Trowulan. Selain itu, Kabupaten yang juga terkenal dengan aneka kerajinan seperti kerajinan kayu yang memproduksi Perahu Phinisi, kerajinan bambu, kerajinan perak, dan kerajinan kuningan, juga memiliki obyek wisata air terjun, sejarah, serta religi. Apa sajakah aneka tempat wisata di Mojokerto?

Berikut 6 Obyek Wisata di Mojokerto yang Patut Dikunjungi :

wisata di mojokerto1. Wisata Trowulan

Obyek wisata di Mojokerto ini berada di Jln. Raya Trowulan, Desa Trowulan, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, yaitu sekitar 14 km dari pusat kota.

Berdasarkan pada catatan sejarah, konon wilayah ini merupakan pusat Kerajaan Majapahit. Saat ini, sisa-sisa kejayaan kerajaan tersebut masih dapat disaksikan.

Luas wisata Trowulan adalah sekitar 100 km2, dimana aneka situs arkeologi tersebar. Situs arkeologi tersebut antara lain candi, petirtaan, dan makam.

Obyek wisata sejarah ini pertama kali ditemukan pada abad ke 19 oleh Gubernur Jawa pada saat itu yaitu Sir Thomas Stamford Raffles. Beliau adalah seseorang yang sangat antusias terhadap sejarah.

Selama berada di kawasan wisata Trowulan, wisatawan dapat berkunjung ke beberapa candinya yang terkenal seperti Candi Brahu, Candi Menak Jingga, Candi Tikus, Candi Kedaton, dan Candi Bajang Ratu,

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Gapura Wringin Lawang, Pendopo Majapahit, Makam Putri Cempa, Makam Syeikh Jumadil Qubro, dan Kolam Segaran.

Di kawasan Wisata Trowulan juga terdapat Museum Trowulan. Aneka koleksi di dalam museum menampilkan semua arkeologi yang ditemukan di wilayah Jawa Timur, mulai dari zaman Raja Airlangga hingga Kerajaan Majapahit.

Patung Budha di TrowulanSetelah puas menyaksikan aneka koleksi di Museum Trowulan, lanjutkanlah perjalanan wisata Anda menuju ke Maha Vihara Majapahit.

Di tempat wisata tersebut terdapat Patung Budha Tidur. Patung ini berukuran panjang sekitar 22 meter, lebarnya 6 meter, dan tingginya 4,5 meter.

Patung Budha Tidur di Maha Vihara Majapahit dibuat oleh YM Viryanadi Maha Tera pada tahun 1993. Bahan patung menggunakan beton dan pemahatannya dilakukan oleh seniman patung Trowulan.

Selain patung, Maha Vihara Majapahit juga memiliki miniatur Candi Borobudur, Vihara atau tempat suci agama Budha, dan sebagainya.

Api Abadi Bekucuk2. Api Abadi

Kawasan wisata Api Abadi berlokasi di Dusun Bekucuk, Ds. Tempuran, Kec. Sooko, Kab. Mojokerto.

Tempat wisata ini berjarak kurang lebih 3 km dari pusat Kota Mojokerto.

Berdasarkan cerita yang beredar, obyek wisata di Mojokerto ini telah ada sejak masa Kerajaan Majapahit.

Dahulu Api Abadi Bekucuk dimanfaatkan oleh ahli senjata Kerajaan Majapahit untuk membuat aneka peralatan dan senjata.

Keindahan kawasan wisata ini akan semakin terlihat mempesona ketika malam hari. Cahaya api akan terlihat lebih jelas dan tampak begitu terang menyinari.

Coban Canggu3. Coban Canggu

Air terjun yang mempesona ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter.

Panorama alamnya yang hijau dan berhawa sejuk karena berada pada ketinggian sekitar 800 meter dpl, membuat para pengunjung merasa nyaman dan damai.

Setiap wisatawan yang berkunjung, diperbolehkan untuk mandi atau berendam di lokasi wisata.

Obyek wisata di Mojokerto ini berada di Kawasan Wisata Pacet, yaitu di lereng utara dari Gunung Welirang, tepatnya di Desa Padusan, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto.

Coban Canggu berjarak kurang lebih 30 km dari Kota Mojokerto, dan hanya 3 km dari Kota Pacet. Untuk menuju ke tempat wisata ini dapat menggunakan mobil atau motor.

Setelah tiba di areal parkir, perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui puluhan anak tangga, menyebrangi aliran air, dan melewati jalan setapak. Jarak yang harus ditempuh sekitar 500 meter dalam waktu kurang lebih 30 menit. Harga tiket masuknya adalah sebesar Rp 2.500/orang.

Beberapa fasilitas yang terdapat di kawasan wisata ini antara lain gazebo, kamar mandi, dan beberapa kedai makan.

Setelah puas berwisata di Coban Canggu, lanjutkan petualangan menuju ke Air Panas Padusan yang berjarak kurang lebih 500 meter dari tempat wisata ini.

Air Terjun Dlundung4. Air Terjun Dlundung

Obyek wisata di Mojokerto ini berada pada ketinggian sekitar 760 meter dpl, dan dikenal dengan nama Air Terjun Dlundung.

Ketinggian air yang mengalir mencapai sekitar 55 meter, sehingga menghasilkan suara percikan air yang cukup menderu.

Air Terjun Dlundung berada di Dusun Ketapang, Ds. Kemloko, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, yakni berjarak kurang lebih 40 km dari pusat kota.

Beberapa fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini antara lain areal parkir kendaraan, kamar mandi, kedai makanan & minuman, dan outbound.

Setiap wisatawan yang berkunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 3.500/orang.

pemandian ubalan5. Kawasan Wisata Ubalan Pacet

Obyek wisata di Mojokerto ini merupakan tempat yang menyenangkan untuk berlibur bersama dengan keluarga.

Lokasinya berada di kawasan pegunungan yang berhawa sejuk, tepatnya di Desa Pacet, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, berjarak kurang lebih 36 km dari pusat kota.

Kawasan Wisata Ubalan Pacet memiliki beberapa area rekreasi seperti Pemandian Ubalan dimana airnya berasal dari mata air pegunungan, Kolam Pemancingan, Taman Bermain, Wisata Sepeda Air, Pemandian Air Panas Padusan, dan sebagainya.

Beberapa fasilitas pendukung telah hadir di tempat wisata ini seperti penginapan, restoran, aneka toko, dan lain-lain.

Masjid Agung Al-Fattah6. Wisata Religi

Bagi Anda yang menyukai obyek wisata religi, sempatkanlah untuk berkunjung ke Masjid Agung Al-Fattah.

Masjid ini dibangun pada zaman Belanda yaitu pada tanggal 7 Mei tahun 1878.

Lokasi Masjid terletak di sisi barat alun-alun kota, tepatnya di Jln. Jend. Ahmad Yani, Kab. Mojokerto.

Beberapa fasilitas yang terdapat di Masjid Agung Al-Fattah antara lain ruang ibadah, tempat untuk wudhu, kamar mandi, perpustakaan, poliklinik, taman pendidikan Al-Quran, dan koperasi.

Setelah menikmati aneka tempat wisata di Mojokerto, tidak ada salahnya jika Anda melanjutkan perjalanan wisata ke Tulungagung. Di Kabupaten Tulungagung terdapat beberapa wisata pantai yang menawan.

Please Share :

Related Post


7 Obyek Wisata Di Kediri Yang Patut Dikunjungi – Wisata Kediri
7 Obyek Wisata Di Kediri Yang Patut Dikunjungi – Wisata Kediri

Kota dan Kabupaten Kediri memiliki beberapa tempat wisata yang menyenangkan.…

Ragam Wisata Menarik Ala Kaliurang Yogyakarta
Ragam Wisata Menarik Ala Kaliurang Yogyakarta

Ketika berkunjung ke Yogyakarta jangan lupa untuk berkunjung ke lokasi…

7 Obyek Wisata Di Lamongan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lamongan
7 Obyek Wisata Di Lamongan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lamongan

Lamongan – sebuah kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan…

Obyek Wisata Di Madura Yang Patut Dikunjungi – Wisata Madura
Obyek Wisata Di Madura Yang Patut Dikunjungi – Wisata Madura

Pulau Madura berada di sisi utara Kota Surabaya. Pulau ini…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *