Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / 5 Obyek Wisata Di Nganjuk Yang Patut Dikunjungi – Wisata Nganjuk

5 Obyek Wisata Di Nganjuk Yang Patut Dikunjungi – Wisata Nganjuk


5 Obyek Wisata Di Nganjuk Yang Patut Dikunjungi – Wisata Nganjuk

Apakah Anda pernah mencoba Kerupuk Upil? Makanan dengan nama yang unik ini berasal dari daerah Nganjuk, yakni kerupuk kecil yang digoreng dengan menggunakan pasir. Selain Kerupuk Upil, tersedia makanan khas Nganjuk lainnya seperti Nasi Pecel, Nasi Tumpang (nasi pecel + sambal tumpang/fermentasi tempe), Nasi Becek (seperti gulai kambing), Dumbleg (dodol ketan), Onde-onde Njeblos (onde-onde tanpa isi), dan Krupuk Pecel.

Bagaimana dengan obyek wisatanya? Apa saja obyek wisata di Nganjuk?

Berikut 5 Obyek Wisata di Nganjuk yang Patut Dikunjungi :

wisata di nganjuk1. The Legend Waterpark Kertosono

Wahana wisata air “The Legend Waterpark Kertosono” mengusung tema Legenda Dinosaurus.

Kehadiran satwa purba tersebut di dalam wahana mampu untuk membawa pengunjung seperti sedang berada di masa Jurassic.

Dengan luasnya yang mencapai kurang lebih 3,5 hektar, obyek wisata di Nganjuk ini memiliki aneka permainan air dan ditunjang dengan beberapa fasilitas pendukung yang mampu memberikan kenyaman kepada setiap pengunjung.

Lokasinya yang strategis karena berada di tepi Jalan Utama Madiun – Surabaya, Kec. Kertosono, Kab. Nganjuk, membuat tempat wisata ini juga mudah untuk dicapai.

Beberapa wahana permainannya antara lain Teranodon Trainning Pool (sebagai tempat untuk belajar berenang), Iguanodon Park (arena permainan air untuk anak-anak dan dilengkapi dengan tumpahan air dari ember raksasa), Tyreks Wave Pool (kolam berombak), Stegosaurus River (mengapung di atas sungai sepanjang 350 meter), Ultrasaurus Tower (area bagi Anda yang ingin memacu adrenalin dengan berseluncur dari ketinggian 10 meter) dan Elasmosaurus (kolam renang standar untuk cabang olahraga renang).

Beberapa fasilitas pendukung yang tersedia diantaranya adalah areal parkir kendaraan yang cukup luas, cafetaria, toko cinderamata, studio 4 D, persewaan ban/pelampung, kamar mandi, mushola, dan sebagainya.

The Legend Waterpark Kertosono buka mulai jam 09.00 s.d. 17.00 WIB pada hari Selasa –  Sabtu, hari Minggu dan Libur Nasional dibuka pada jam 08.00 s.d. 17.00 WIB, dan khusus hari Senin wahana ini akan dibuka pada jam 12.00 s.d. 17.00 WIB.

Harga tiket masuknya adalah sebesar Rp 25.000/orang pada hari Senin s.d. Sabtu, dan hari Minggu serta Libur Nasional sebesar Rp 35.000/orang.

Air Terjun Sedudo2. Air Terjun Sedudo

Berada di ketinggian sekitar 1.438 meter dpl, membuat suasana di kawasan wisata ini berhawa sejuk dan dikelilingi oleh tanaman hijau yang menyegarkan.

Air Terjun Sedudo terletak di lereng Gunung Wilis, tepatnya di Desa Ngliman, Kec. Sawahan, Kab. Nganjuk.

Untuk menuju ke lokasi air terjun, wisatawan akan menempuh jarak kurang lebih 30 km ke sisi selatan Kota Nganjuk. Obyek wisata di Nganjuk ini memiliki ketinggian hingga 105 meter.

Setelah membeli tiket masuk seharga Rp 2500/orang, Anda akan berhadapan dengan 2 arah jalan. Jika ke bawah akan menuju ke Air Terjun Singokromo dan Agrowisata Ganter, dan apabila ke atas maka akan menuju ke Air Terjun Sedudo.

Dari pintu gerbang utama hingga ke lokasi Air Terjun masih berjarak kurang lebih 2 km dan jalannya menanjak. Setelah melewati pos penjagaan, akan terdengar suara gemuruh air, dan wisatawan harus menuruni anak tangga agar sampai di tepi air terjun.

Beberapa fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini antara lain areal parkir, warung makan, toko souvenir, kamar mandi, dan lain-lain.

Air Terjun Roro Kuning3. Air Terjun Roro Kuning

Obyek wisata di Nganjuk ini berada pada ketinggian 600 meter dpl, tepatnya di Desa Bajulan, Kec. Loceret.

Untuk menuju ke lokasi wisata ini, wisatawan akan menempuh jarak sekitar 23 km dari Kota Nganjuk.

Ketinggian Air Terjun Roro Kuning kurang lebih 10 s.d. 15 meter. Air Terjun ini memiliki nama lain yaitu Air Terjun Merambat.

Hal ini disebabkan karena Air Terjun yang airnya berasal dari Gunung Wilis ini, mengalir secara merambat melalui celah batu-batuan padas dan membentuk trisula.

Selain itu, di sekitar kawasan wisata ini juga terdapat obyek wisata air terjun lainnya, seperti Air Terjun Pacoban Ngunut dengan ketinggian kurang lebih 95 meter, Air Terjun Ngunut dengan ketinggian sekitar 55 meter, dan Air Terjun Pacoban Lawe dimana ketinggiannya mencapai kurang lebih 75 meter.

Beberapa fasilitas yang tersedia di kawasan wisata Air Terjun Roro Kuning antara lain areal parkir kendaraan, kolam renang, kedai makan, toko cinderamata, kamar mandi, dan sebagainya.

Goa Margo Tresno4. Goa Margo Tresno

Terletak di wilayah pegunungan, Goa Margo Tresno berada di Desa Sugihwaras, Kec. Ngluyu, Kab. Nganjuk.

Jika berangkat dari Kota Nganjuk, Anda harus menempuh jarak sekitar 35 km untuk tiba di lokasi goa.

Goa Margo Tresno memiliki ukuran sekitar 15 x 15 meter. Obyek wisata di Nganjuk ini juga memiliki kolam air jernih dengan jarak kurang lebih 650 meter dari pintu masuk goa. Goa Margo Tresno wajib dikunjungi bagi wisatawan yang gemar berpetualang dan menyukai wisata alam.

Museum Anjuk Ladang5. Museum Anjuk Ladang

Museum Anjuk Ladang terletak di sisi timur Terminal Bus Nganjuk, yaitu di Jln. Gatot Subroto.

Obyek wisata di Nganjuk ini akan memberikan tambahan wawasan kepada wisatawan mengenai cagar budaya dan benda-benda di zaman Hindu, Majapahit, dan Doho.

Di dalam museum ini tersimpan Prasasti Anjuk Ladang yang berisi tentang sejarah Kabupaten Nganjuk. Selain itu juga terdapat beberapa koleksi lainnya seperti guci, mangkuk, genta, wayang kulit, dan lain-lain.

Museum Anjuk Ladang buka pada jam 08.00 s.d. 14.00 WIB pada hari Selasa s.d. Kamis, Sabtu dan hari Minggu.

Di hari Jumat, museum akan dibuka pada jam 08.00 s.d. 11.00 WIB.

Museum Anjuk Ladang libur pada hari Senin.

Sungguh menyenangkan pergi berwisata ke Nganjuk. Setelah mengunjungi 5 obyek wisata di Nganjuk, jika Anda masih memiliki waktu untuk berlibur, cobalah untuk berkunjung ke Madiun. Kota yang terkenal dengan kulinernya yaitu Pecel dan Brem, juga memiliki tempat wisata yang menarik.

Please Share :

Related Post


10 Obyek Wisata Di Trenggalek Yang Patut Dikunjungi
10 Obyek Wisata Di Trenggalek Yang Patut Dikunjungi

Kabupatan Trenggalek berada di wilayah pesisir selatan Provinsi Jawa Timur.…

6 Obyek Wisata Di Ngawi Yang Patut Dikunjungi – Wisata Ngawi
6 Obyek Wisata Di Ngawi Yang Patut Dikunjungi – Wisata Ngawi

Anda sedang berada di Kota Ngawi? Sempatkanlah untuk berwisata ke…

11 Obyek Wisata Di Lumajang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lumajang
11 Obyek Wisata Di Lumajang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lumajang

Setelah berwisata di Kabupaten Jember, lanjutkan perjalanan wisata Anda menuju…

5 Obyek Wisata Di Madiun Yang Patut Dikunjungi – Wisata Madiun
5 Obyek Wisata Di Madiun Yang Patut Dikunjungi – Wisata Madiun

Jika berkunjung ke kota Madiun maka tak lengkap rasanya apabila…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *