Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / 10 Obyek Wisata Di Pacitan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pacitan

10 Obyek Wisata Di Pacitan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pacitan


10 Obyek Wisata Di Pacitan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pacitan

Berjarak kurang lebih 100 km dari Kota Solo, Kabupaten Pacitan memiliki beberapa tempat wisata alam yang menawan seperti pantai dan goa. Lokasi pantainya yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia dan dikelilingi oleh pegunungan kapur, memiliki ombak yang cukup besar sehingga asyik untuk berselancar. Simak ulasannya berikut ini.

Berikut 10 Obyek Wisata di Pacitan yang Patut Dikunjungi :

pantai teleng ria1. Pantai Teleng Ria

Berjarak kurang lebih 3 km dari Kota Pacitan, tepatnya di Kelurahan Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Pantai Teleng Ria merupakan salah satu pantai favorit di Pacitan.

Obyek wisata di Pacitan ini memiliki ombak yang tidak begitu besar sehingga tepat bagi mereka yang ingin belajar berselancar.

Selain itu, kegiatan lainnya yang dapat dilakukan wisatawan di Pantai Teleng Ria adalah bersantai, bermain air dan pasir.

Bagi Anda yang gemar menyantap ikan laut, telah tersedia warung makan dengan menu andalan seafood. Anda juga berkesempatan untuk membeli ikan laut segar dengan harga yang cukup murah, karena di tempat wisata ini terdapat TPI (Tempat Pelelangan Ikan).

Pantai Srau2. Pantai Srau

Obyek wisata di Pacitan yang satu ini memang cukup jauh dari pusat kota yaitu sekitar 25 km. Pantai Srau berlokasi di Desa Candi, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan.

Lingkungan di tepi pantai terbagi menjadi 3 kawasan yaitu kawasan hamparan pasir putih yang lembut, kawasan dengan pasir yang lebih kasar dan dihiasi oleh batu-batuan karang, dan pada kawasan yang ketiga lebih didominasi oleh bebatuan karang.

Ada banyak aktivitas menarik yang dapat wisatawan lakukan di Pantai Srau seperti berselancar, berenang, bersantai menikmati panorama alam pantai sembari menyantap aneka makanan yang dijual oleh pedagang setempat, dan sebagainya.

Pantai Sidomulyo3. Pantai Sidomulyo

Pantai landai dengan hamparan pasir berwarna putih kekuningan ini merupakan tempat yang nyaman untuk bersantai.

Pantai Sidomulyo berada di Desa Sidomulyo, Kec. Ngadirojo, Kab. Pacitan, dengan jarak kurang lebih 50 km dari pusat kota.

Aktivitas yang dapat dilakukan di tempat wisata ini antara lain memancing, berenang, atau berjalan kaki menelusuri tepi pantai sepanjang 2 km. Ombak di tepi pantainya tidak begitu besar sehingga tepat bagi Anda yang ingin belajar berselancar.

Pantai Klayar4. Pantai Klayar

Hamparan pasir putihnya yang menawan dan dihiasi oleh bebatuan karang yang eksotis, membuat obyek wisata di Pacitan ini sering dikunjungi oleh wisatawan.

Tidak hanya itu, keunikan dari Pantai Klayar adalah ketika wisatawan berada di tepi pantai akan terdengar suara yang menyerupai seruling, yaitu pada saat ombak laut menerpa celah batu-batu karang.

Bersantai di tepi pantai sembari menikmati panorama alamnya yang cantik adalah hal yang paling menyenangkan di Pantai Klayar. Namun, bagi wisatawan yang ingin berenang, sebaiknya mengurungkan niatnya karena ombak di tempat wisata ini tidak aman untuk kegiatan tersebut.

Pantai Klayar berlokasi di Desa Kalak, Kec. Donorejo, Kab. Pacitan, yakni berjarak kurang lebih 35 km dari Kota Pacitan.

wisata di pacitan5. Pantai Banyu Tibo

Obyek wisata di Pacitan ini masih segaris dengan Pantai Klayar. Pantai Banyu Tibo berada di Desa Widoro, Kec. Donorejo, Kab. Pacitan.

Sesuai dengan namanya yaitu Banyu Tibo yang berarti air jatuh, maka di tempat wisata ini dapat dijumpai air terjun dengan ketinggian kurang lebih 10 meter.

Kehadirannya membuat pantai berpasir putih ini semakin terlihat indah.

Selain bersantai dan menikmati keindahan alamnya, wisatawan juga dapat bermain pasir dan air di tepi pantai. Pantai Banyu Tibo wajib untuk dikunjungi jika Anda sedang berlibur di Kabupaten Pacitan.

Pantai Watu Karung6. Pantai Watu Karung

Kabupaten Pacitan juga mempunyai obyek wisata pantai yang asyik untuk aktivitas berselancar.

Seperti halnya G-Land di Banyuwangi, Pantai Watu Karung telah dikenal oleh beberapa peselancar profesional memiliki ombak yang ganas.

Namun, tidak hanya keganasan ombaknya saja yang dapat dinikmati, lokasi Pantai Watu Karung yang berdekatan dengan Pantai Srau, juga memiliki hamparan pasir putih yang menawan. Suasananya yang relatif sepi membuat kegiatan bersantai Anda menjadi lebih bermakna.

Pantai Watu Karung terletak di Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan.

Goa Tabuhan7. Goa Tabuhan

Selain berkunjung ke beberapa wisata pantainya yang menarik, di Kabupaten Pacitan Anda juga dapat berkunjung ke obyek wisata goa.

Salah satu goa tersebut bernama Goa Tabuhan. Lokasinya berada di Dukuh Tabuhan, Ds. Wareng, Kec. Punung, yaitu kurang lebih 25 km dari pusat Kota Pacitan.

Selain menyaksikan keindahan stalagmit dan stalaktit, wisatawan juga dapat mendengarkan suara gamelan yang keluar melalui beberapa stalaktit di dalam goa. Warga setempat membentuk kelompok gamelan sehingga menghasilkan sebuah alunan nada yang indah.

Obyek wisata di Pacitan ini memiliki kedalaman kurang lebih 100 meter dan mempunyai 2 ruangan.

goa gong8. Goa Gong

Lokasi Goa Gong tidak jauh dari Goa Tabuhan, tepatnya di Desa Bomo, Kec. Punung, Kab. Pacitan.

Diberi nama Goa Gong dikarenakan di dalam goa terdapat sebuah batu yang apabila dipukul akan menghasilkan bunyi seperti gong.

Obyek wisata di Pacitan ini telah dikelola dengan baik, di dalam goa dengan kedalaman sekitar 300 meter telah terdapat aneka warna lampu dan jalan setapak yang juga dilengkapi dengan pagar pembatas, sehingga setiap wisatawan yang berkunjung akan merasa nyaman.

Wisata Sungai Maron9. Wisata Sungai Maron

Airnya yang jernih dan dikelilingi oleh panorama alam hijau yang tampak asri membuat perjalanan wisata di Sungai Maron begitu menyenangkan.

Petualangan Anda akan dimulai dari Desa Dersono, Kec. Pringkuku, dan akan berakhir di Pantai Ngiroboyo.

Sungai Maron merupakan obyek wisata di Pacitan yang sayang untuk dilewatkan. Selagi berada di kawasan Pacitan, jadwalkanlah Sungai Maron di dalam agenda perjalanan wisata Anda.

Pemandian Tirto Husodo10. Pemandian Tirto Husodo

Sebelum meninggalkan Kabupaten Pacitan, segarkan kembali diri Anda dengan berendam di Pemandian Banyu Anget Tirto Husodo.

Lokasinya berada kurang lebih 15 km di sisi utara Kota Pacitan, tepatnya di Desa Karangrejo, Kec. Arjosari.

Obyek wisata di Pacitan ini mempunyai 4 kolam pemandian. Satu kolam sebagai tempat sumber air panas, 2 kolam renang khusus untuk dewasa, dan 1 kolam renang anak. Terdapat larangan untuk menyentuh apalagi berenang di kolam sumber air panas. Dari kolam tersebut, air panas akan dialirkan ke 3 kolam lainnya sehingga bercampur dengan air dingin sehingga nyaman digunakan untuk berendam maupun berenang.

Please Share :

Related Post


Ini Dia Oleh-oleh Khas Surabaya
Ini Dia Oleh-oleh Khas Surabaya

Setelah puas berwisata di Kota Pahlawan “Surabaya”, janganlah lupa untuk…

10 Obyek Wisata Di Trenggalek Yang Patut Dikunjungi
10 Obyek Wisata Di Trenggalek Yang Patut Dikunjungi

Kabupatan Trenggalek berada di wilayah pesisir selatan Provinsi Jawa Timur.…

8 Obyek Wisata Di Pasuruan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pasuruan
8 Obyek Wisata Di Pasuruan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pasuruan

Terletak di Provinsi Jawa Timur, Kota Pasuruan berada di jalan…

12 Obyek Wisata Di Jember Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jember
12 Obyek Wisata Di Jember Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jember

Jember -  Selain terkenal dengan kualitas tembakaunya, salah satu kabupaten…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *