Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / 8 Obyek Wisata Di Pasuruan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pasuruan

8 Obyek Wisata Di Pasuruan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pasuruan


8 Obyek Wisata Di Pasuruan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pasuruan

Terletak di Provinsi Jawa Timur, Kota Pasuruan berada di jalan utama Surabaya – Banyuwangi. Selain memiliki beberapa obyek wisata yang menarik, kota ini juga terkenal dengan makanan khas seperti keripik singkong, roti matahari, dan bipang jangkar. Ingin tahu mengenai aneka obyek wisata di Pasuruan?

Berikut 8 Obyek Wisata di Pasuruan yang Patut Dikunjungi :

Taman Safari Indonesia II1. Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen atau Taman Safari Indonesia II adalah salah satu obyek wisata di Pasuruan yang menarik untuk dikunjungi.

Tempat wisata ini berlokasi di TN. Gunung Arjuna, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

Suasananya yang berhawa sejuk karena berada pada ketinggian sekitar 800 meter dpl, pastinya akan membuat wisatawan merasa nyaman selama berwisata.

Hewan mamalia yang berada di Taman Safari ini diantaranya singa, harimau, gajah, banteng, zebra, beruang, orangutan, lumba-lumba, dan sebagainya. Terdapat juga jenis unggas seperti burung unta, pelikan, nuri, kasuari, dan elang. Ikan Arapaima Gigas juga dapat ditemukan di obyek wisata ini.

Taman Safari Prigen dibuka dari jam 8.30 s.d. 17.00 WIB. Harga tiket masuknya sebesar Rp 70.000/orang, sedangkan untuk balita cukup membayar seharga Rp 65.000/balita. Harga tersebut telah termasuk tiket untuk menyaksikan 10 pertunjukan satwa.

Apabila wisatawan ingin membeli paket lengkap meliputi tiket safari, 10 pertunjukan satwa, wahana air waterworld, dan 4 dimensi, harga tiket masuknya adalah sebesar Rp 110.000/orang.

Sungguh menyenangkan berwisata bersama dengan keluarga ke Taman Safari Prigen. Selain Anda bisa berjalan-jalan menggunakan mobil mengelilingi areal taman yang terbagi menjadi 4 kawasan yaitu Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika, wisatawan juga dapat berkunjung ke Baby Zoo dimana Anda bisa berinteraksi dengan bayi satwa yang lucu dan menggemaskan.

Disamping itu, sempatkanlah untuk menyaksikan aneka pertunjukan satwa seperti gajah, harimau, lumba-lumba, elang, dan sebagainya. Bagi wisatawan yang ingin bermain air, wahana air Waterworld akan memberikan keceriaan, khususnya bagi putra putri Anda.

Jika wisatawan tidak membawa kendaraan pribadi, tersedia bus khusus di Taman Safari Prigen yang siap untuk mengantarkan Anda berpetualang melihat kehidupan aneka satwa di habitatnya.

Kebun Raya Purwodadi2. Kebun Raya Purwodadi

Di Kabupaten Pasuruan, wisatawan juga dapat berwisata alam ke Kebun Raya Purwodadi.

Selain sebagai tempat wisata, perkebunan dengan luas sekitar 85 hektar ini juga difungsikan sebagai areal observasi yang dilakukan oleh LIPI untuk kepentingan pertanian di Indonesia.

Obyek wisata di Pasuruan ini pada awalnya didirikan oleh bangsa Belanda yaitu Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking dengan diprakarsai oleh Dr. Dirk Fon van Slooten pada tanggal 30 Januari 1941.

Aneka koleksi tanaman yang tumbuh di dalam Kebun Raya Purwodadi mencapai 10.000 jenis tumbuhan diantaranya adalah 157 jenis polong-polongan, 319 jenis anggrek, 30 jenis bambu, 60 jenis tanaman paku, 1.896 palem (arecaceae), dan sebagainya.

Beberapa fasilitas pendukung juga telah tersedia di lokasi perkebunan seperti kolam renang anak, taman bermain, kolam perahu, lapangan sepakbola, area camping, gazebo, mushola, dan lain-lain.

Kebun Raya Purwodadi berlokasi di Jln. Raya Surabaya – Malang, km 65, Kec. Purwodadi, Kab. Pasuruan. Harga tiket masuknya adalah sebesar Rp 6000/orang. Untuk mobil yang masuk ke dalam areal perkebunan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.500/mobil. Obyek wisata ini dibuka dari jam 7.00 s.d. 16.00 WIB.

Air Terjun Coban Baung3. Air Terjun Coban Baung

Apabila wisatawan sedang berkunjung ke Kebun Raya Purwodadi, sempatkanlah untuk berwisata ke Air Terjun Coban Baung.

Obyek wisata di Pasuruan ini berada dibelakang Kebun Raya Purwodadi. Sedangkan pintu masuknya berada di samping Kebun Raya.

Air Terjun Coban Baung memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan termasuk di dalam kawasan TWA (Taman Wisata Alam) Gunung Baung. Air yang mengalir berasal dari 2 sungai yaitu Sungai Beji & Sungai Welang.

Selain menikmati pesona alam Air Terjun Coban Baung, wisatawan juga berkesempatan untuk berkunjung ke 4 air terjun lainnya yang berada di sisi timur. Obyek wisata air terjun tersebut memiliki ketinggian antara 10 hingga 20 meter.

Beberapa fasilitas pendukung juga telah disediakan oleh pihak pengelola Taman Wisata Alam Gunung Baung, seperti lokasi parkir, gazebo, ruang pertemuan, ruang makan, restoran atau cafe, pos kesehatan, toko cinderamata, toilet, dan sebagainya.

Air Terjun Coban Baung berlokasi di Desa Cowek, Kec. Purwosari, Kab. Pasuruan. Jarak antara pintu masuk dan lokasi parkir kendaraan adalah sekitar 4 km. Untuk tiba di tepi air terjun, wisatawan harus berjalan kaki menuruni anak tangga sejauh kurang lebih 200 meter. Harga tiket masuk Air Terjun Coban Baung adalah sebesar Rp 3000.

wisata di pasuruan4. Perkebunan Apel Khrisna

Kabupaten Pasuruan juga mempunyai agrowisata yang menarik untuk dikunjungi.

Agrowisata tersebut adalah Perkebunan Apel Khrisna yang berada di Desa Andono Sari, Kec. Tutur, Kab. Pasuruan.

Jika wisatawan berangkat dari Kota Pasuruan, akan menempuh jarak kurang lebih 40 km.

Setelah membayar tiket masuk, wisatawan dapat menjelajahi kebun apel seluas 1100 hektar. Tidak hanya berjalan-jalan, di sini Anda juga diberikan kebebasan untuk memetik dan memakan buah apel sepuasnya.

Beberapa jenis apel yang ditanam di Perkebunan Apel Khrisna antara lain wanle, rhomebeauty, manalagi, dan anna.

Wisata Bhakti Alam5. Bhakti Alam

Obyek wisata di Pasuruan ini merupakan wahana wisata buah yang berdiri di atas lahan seluas 60 hektar.

Terdapat sekitar 15 jenis buah-buahan yang tumbuh dengan subur di sini.

Aneka buah tersebut diantaranya adalah durian, mangga, klengkeng, naga, jeruk, semangka, melon, dan sebagainya.

Namun, setiap pengunjung tidak boleh memetik langsung buah-buahan tersebut. Pihak pengelola telah menyediakan buah yang telah dipetik dan dapat dibeli dengan harga yang relatif murah.

Selain itu, di lokasi wisata ini juga memiliki peternakan sapi perah, pengolahan susu sapi, green house, dan lain-lain. Bagi wisatawan yang ingin memerah susu sapi sendiri, di sini Anda akan diberikan kesempatan untuk mencobanya. Setelah lelah memerah susu sapi, segarkan kembali diri Anda dengan mencoba aneka rasa susu yang telah dikemas di dalam gelas.

Beberapa fasilitas pendukung telah didirikan di obyek wisata Bhakti Alam, seperti areal parkir, penginapan, restoran, outbound, camping ground, hall, ATV, musholla, dan toilet.

Wisata Bhakti Alam berlokasi di Desa Ngembal, Kec. Tutur, Kab. Pasuruan. Obyek wisata yang berada pada ketinggian sekitar 500 meter dpl ini, berjarak kurang lebih 75 km dari pusat Kota Surabaya, dan 30 km dari Kota Pasuruan.

Harga tiket masuknya adalah sebesar Rp 30.000/orang pada saat hari kerja, dan Rp 35.000/orang pada hari libur. Harga tiket tersebut meliputi tour mengelilingi lokasi wisata dengan mobil, susu, jus buah, dan irisan melon.

Condido Agro Herbal6. Condido Agro Herbal

Bagi wisatawan yang menyukai keindahan dari tanaman bunga, di Kabupaten Pasuruan Anda dapat berkunjung ke Condido Agro Herbal.

Obyek wisata di Pasuruan ini berdiri pada tahun 1997, dan terletak di Desa Tutur, Kec. Tutur. Wilayah ini juga dikenal dengan nama Nongkojajar.

Salah satu produk andalan di Condido Agro Herbal adalah bunga krisnan. Selain itu, juga terdapat aneka tanaman bunga lainnya seperti calla lily, lily, gerbera, anthurium andreanum, dan leather leaf.

Condido Agro Herbal juga melakukan budidaya tanaman obat. Saat ini, terdapat sekitar 200 jenis tanaman obat yang berasal dari berbagai daerah di dalam dan luar negeri.

Bukit Flora7. Bukit Flora

Obyek wisata di Pasuruan ini berlokasi sekitar 3 km dari kawasan Nongkojajar, tepatnya yaitu di Desa Tutur, Kec. Tutur, kab. Pasuruan.

Letaknya yang berada pada dataran tinggi yaitu sekitar 700 meter dpl, sangat tepat sebagai tempat rekreasi keluarga karena berhawa sejuk dan nyaman.

Selain melihat keindahan aneka bunga yang ada di Bukit Flora, wisatawan juga bisa menikmati fasilitas outbound seperti titian tali, flying fox, dan sebagainya. Obyek wisata ini juga menyediakan villa sebagai tempat bagi Anda yang ingin menginap.

Tidak jauh dari Bukit Flora, berlokasi di Dusun Gunung Sari, Ds. Tutur, Kec. Tutur, terdapat obyek wisata air terjun yang dikenal dengan nama Air Terjun Sumber Nyonya. Bagi Anda yang menyukai wisata air terjun, sempatkanlah untuk berekreasi ke Air Terjun Sumber Nyonya.

danau grati8. Danau Grati

Danau Grati berada di wilayah 3 desa yaitu Desa Grati Tunon, Desa Ranu Klindungan, dan Desa Sumber Dawesari, Kec. Grati, Kab. Pasuruan.

Luas danau ini adalah sekitar 198 hektar dan berada tidak jauh dari pantai utara (jalan utama Pasuruan – Probolinggo).

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Danau Grati dan suasananya yang tenang dan damai, obyek wisata Pasuruan ini berjarak sekitar 20 km dari pusat kota, dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit.

Itulah 8 tempat wisata di Pasuruan yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Setelah dari Kota Pasuruan, sediakanlah waktu untuk berkunjung ke Jember. Salah satu oleh-oleh favorit dari Kota Jember adalah Pohung Kuning yang rasanya manis dan menyegarkan.

Please Share :

Related Post


5 Obyek Wisata Di Magetan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Magetan
5 Obyek Wisata Di Magetan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Magetan

Kabupaten Magetan juga dikenal dengan nama Kota Kaki Gunung. Hal…

Plesiran ke Tugu Yogya – Tugu Bersejarah di Kota Yogya
Plesiran ke Tugu Yogya – Tugu Bersejarah di Kota Yogya

Tugu Yogya adalah monumen kota yang paling terkenal di Yogyakarta.…

6 Obyek Wisata Di Mojokerto Yang Patut Dikunjungi – Wisata Mojokerto
6 Obyek Wisata Di Mojokerto Yang Patut Dikunjungi – Wisata Mojokerto

Mojokerto adalah salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang terkenal…

6 Obyek Wisata Di Tulungagung Yang Patut Dikunjungi
6 Obyek Wisata Di Tulungagung Yang Patut Dikunjungi

Tulungagung -  salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *