Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / 8 Obyek Wisata Di Probolinggo Yang Patut Dikunjungi

8 Obyek Wisata Di Probolinggo Yang Patut Dikunjungi


8 Obyek Wisata Di Probolinggo Yang Patut Dikunjungi

Siapa yang tidak mengenal keindahan alam dari Gunung Bromo? Hampir setiap wisatawan baik domestik maupun mancanegara telah mengetahui pesona alam Gunung Bromo yang menawan, terutama pada saat matahari terbit. Gunung Bromo merupakan salah satu obyek wisata di Probolinggo yang paling sering dikunjungi.

Selain Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo juga memiliki beberapa obyek wisata lainnya yang menarik.

Berikut 8 Obyek Wisata di Probolinggo yang Patut Dikunjungi :

wisata di probolinggo1. Gunung Bromo

Hingga saat ini, Gunung Bromo merupakan salah satu gunung api di Indonesia yang masih aktif.

Ketinggiannya mencapai 2.392 meter dpl, dan berada di 4 wilayah yaitu Kab. Probolinggo, Kab. Lumajang, Kab. Pasuruan, dan Kab. Malang.

Di kawasan wisata Gunung Bromo terdapat lautan pasir seluas 10 km2, kaldera, lembah, dan ngarai. Kawah Bromo berdiameter sekitar 800 meter (selatan – utara) dan kurang lebih 600 meter (timur – barat).

Penduduk asli di kawasan wisata ini dikenal dengan nama suku Tengger. Mereka meyakini bahwa Gunung Bromo (Brahma) adalah gunung suci, oleh karena itu setiap 1 tahun sekali, masyarakat Tengger akan mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo.

Salah satu daya tarik obyek wisata ini adalah menyaksikan keindahan matahari terbit dari puncak gunung. Agar tidak ketinggalan momen indah tersebut, wisatawan harus tiba di puncak Bromo sebelum jam 3.30 pagi.

Setelah matahari bersinar terang, wisatawan bisa berpetualang ke Segara Wedi. Lokasi tempat wisata ini berada di dekat tangga untuk menuju ke kawah Bromo. Segara Wedi adalah lautan pasir Gunung Bromo. Ketika angin berhembus, hamparan pasir tersebut akan berterbangan dan menimbulkan suara lirih. Oleh karena itu, tempat ini juga dikenal dengan nama “pasir berbisik”.

Di sana wisatawan dapat menunggang kuda yang siap untuk disewa. Selain lebih menghemat tenaga, wisatawan juga dapat menikmati indahnya panorama dengan lebih leluasa.

Kemudian, lanjutkan kembali perjalanan menuju ke sebuah goa di Gunung Widodaren. Di dalam goa tersebut terdapat sumber air yang telah berumur ratusan tahun.

Bagi wisatawan yang ingin berwisata ke Gunung Bromo, sebaiknya menggunakan jasa agen wisata yang telah terpercaya. Obyek wisata di Probolinggo ini biasanya akan ramai dikunjungi pada bulan Mei hingga Oktober (musim kemarau).

gunung argopuro probolinggo2. Gunung Argopura

Obyek wisata Gunung Argopura berada pada ketinggian sekitar 3.088 meter dpl.

Gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi ini termasuk dalam bagian pegunungan Iyang Kabupaten Probolinggo.

Obyek wisata di Probolinggo ini sering dikunjungi wisatawan, terutama bagi mereka yang senang mendaki gunung.

Selain itu, sebelum menuju ke puncak Gunung Argopura, terdapat tempat wisata lainnya yang tak kalah menarik, yakni puncak Rengganis dan Danau Taman Hidup.

Di puncak Rengganis, wisatawan dapat berjumpa dengan situs purbakala yaitu teras berundak dimana terdapat 3 komplek area dan 5 bekas bangunan. Berdasarkan pada catatan sejarah, reruntuhan tersebut adalah bekas Kerajaan Dewi Rengganis.

Sedangkan Danau Taman Hidup merupakan salah satu tempat yang nyaman bagi para pendaki untuk beristirahat, sebelum menuju ke puncak Gunung Argopura. Pesona alam di danau ini tampak asri dan menawan.

Pantai Bentar3. Pantai Bentar

Obyek wisata pantai ini merupakan tempat favorit bagi warga Probolinggo untuk berekreasi. Pantai Bentar berada di Jln. Raya Probolinggo – Situbondo.

Tidak sulit untuk mengunjunginya dan hanya berjarak kurang lebih 8 km dari pusat Kota Probolinggo.

Harga tiket masuknya adalah sebesar Rp 4000/orang.

Selain bersantai di tepi pantai sembari menikmati pesona alamnya yang cukup asri dan nyaman, wisatawan juga dapat menyaksikan keindahan 2 burung merak hijau. Tidak jauh dari sangkar burung tersebut, terdapat kolam buatan. Wisatawan bisa bermain sepeda air di kolam ini.

Bagi Anda yang menyukai outbound, dengan membeli tiket seharga Rp 20.000, maka wisatawan akan menikmati permainan flying fox yang meluncur di atas kolam sejauh 60 meter. Obyek wisata di Probolinggo ini dapat menjadi alternatif wisata keluarga yang menyenangkan di Kabupaten Probolinggo.

Danau Ronggojalu4. Danau Ronggojalu

Obyek wisata di Probolinggo ini berada pada jarak sekitar 15 km dari pusat kota, tepatnya di Kecamatan Tegalsiwalan.

Selain sebagai tempat yang menyenangkan untuk berlibur bersama dengan keluarga, air danau juga bermanfaat bagi warga Probolinggo maupun industri.

Kapasitas air bersih pada danau ini mencapai 3000 liter/hari.

Di kawasan wisata Ronggojalu telah dibangun kolam anak dan jasa persewaan ban (pelampung). Sembari menunggu anak-anak bermain air, orangtua bisa bersantai di tepi danau dan menikmati suasananya yang asri dan sejuk.

Beberapa kedai makan telah siap untuk menghidangkan aneka menu lezat khas Probolinggo.

Danau Segaran5. Danau Segaran

Berada di Desa Segaran, Kec. Tiris, obyek wisata di Probolinggo ini berjarak kurang lebih 45 km dari Kota Probolinggo.

Perjalanan panjang menuju ke tempat wisata ini sungguh menyenangkan dan tidak membosankan.

Sepanjang jalan akan terlihat pemandangan hijau yang menyegarkan mata.

Danau Segaran merupakan salah satu danau yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik. Sebuah kawah yang tidak aktif, lalu terisi air sehingga menjadi sebuah danau.

Dikarenakan letaknya yang berada pada ketinggian sekitar 600 meter dpl, suasana di kawasan danau berhawa sejuk, tenang, dan nyaman. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh para pengunjung di Danau Segaran antara lain memancing ikan dan bersantai. Selain itu, dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000, wisatawan dapat bermain sepeda air dan berperahu di sekeliling danau.

Setelah lelah beraktivitas, segarkan kembali diri Anda dengan berkunjung ke Air Panas Tiris. Lokasi tempat wisata ini hanya berjarak kurang lebih 250 meter dari Danau Segaran dan berada di tepi sungai.

Obyek wisata air panas ini telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung seperti areal parkir kendaraan, kamar ganti, dan sebuah warung makan. Hingga saat ini, Air Panas Tiris masih alami dan belum tersentuh oleh gaya arsitektur modern.

Air Terjun Madakaripura6. Air Terjun Madakaripura

Obyek wisata ini termasuk di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Berwisata ke Air Terjun Madakaripura bersama dengan teman atau keluarga akan menjadikan hari libur Anda menjadi lebih bermakna.

Lokasi Air Terjun Madakaripura dikelilingi oleh bukit, sehingga air yang mengalir di seluruh bagian tebing seperti guyuran hujan.

Pada bagian bawahnya terdapat kolam yang cukup lebar, dan sebuah goa yang berada di balik air terjun. Namun, sangat sulit untuk menuju ke goa tersebut karena arus airnya yang sangat deras.

Air Terjun Madakaripura berada di Kec. Lumbang, Probolinggo. Dari Kota Probolinggo, wisatawan bisa menggunakan bus untuk menuju ke Tongas. Setelah tiba di pertigaan Tongas, lanjutkan perjalanan dengan memakai angkutan umum dan berhenti di pintu gerbang Air Terjun Madakaripura.

Perjalanan akan diteruskan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam melintasi wilayah pegunungan yang berhawa sejuk.

Obyek wisata di Probolinggo ini berjarak sekitar 39 km dari pusat kota.

Arung Jeram Sungai Pekalen7. Arung Jeram Sungai Pekalen

Bagi Anda yang gemar memacu adrenalin, di Kabupaten Probolinggo terdapat obyek wisata arung jeram yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Obyek wisata di Probolinggo ini berada di Desa Ranu Gedang, Kec. Tiris, Kab. Probolinggo. Arung Jeram Pekalen berjarak sekitar 12 km dari Kota Probolinggo.

Wisata arung jeram ini terbagi menjadi 3 area sejauh 29 km. Sungai Pekalen atas memiliki jarak 12 km, 7 km pada Sungai Pekalen Tengah, dan 12 km pada Sungai Pekalen Bawah.

Ketika berada di Pekalen Atas, wisatawan akan berjumpa dengan 32 jeram yang mengasyikkan. Terus mengalir hingga ke bawah dan akan terlihat keindahan alam 10 air terjun.

Selama berwisata arung jeram, wisatawan akan didampingi dengan staf yang telah berpengalaman. Sehingga Anda bisa merasa lebih aman berada di atas perahu dan menikmati setiap rintangan yang dilalui.

Salah satu agen wisata yang siap mendukung kegiatan arung jeram ini adalah Songa Rafting – Pekalen.

Candi Jabung8. Candi Jabung

Candi Jabung merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Majapahit yang terbuat dari batu merah.

Candi ini berdiri di atas lahan dengan ukuran 35 x 40 meter.

Panjang candi adalah 13,3 meter, lebarnya 9,6 meter, dan ketinggiannya mencapai 16,2 meter.

Berdasarkan pada inskripsi yang berada pada gerbang pintu masuk, Candi Jabung dibangun pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk yaitu di tahun 1276 Saka atau 1354 Masehi.

Obyek wisata di Probolinggo ini berada di Desa Jabung, Kec. Paiton, Kab. Probolinggo. Candi Jabung berjarak kurang lebih 500 meter dari kolam renang Jabung Tirta yang berada di Jln. Raya Surabaya – Situbondo. Jika wisatawan berangkat dari Kota Probolinggo, akan menempuh jarak kurang lebih 32 km.

Apakah Anda pernah mendengar nama Perkebunan Kalisat Jampit? Perkebunan Kalisat Jampit adalah salah satu wisata di Bondowoso. Setelah menikmati aneka wisata di Probolinggo, lanjutkan petualangan wisatawan menuju ke Bondowoso.

Please Share :

Related Post


7 Obyek Wisata Di Kediri Yang Patut Dikunjungi – Wisata Kediri
7 Obyek Wisata Di Kediri Yang Patut Dikunjungi – Wisata Kediri

Kota dan Kabupaten Kediri memiliki beberapa tempat wisata yang menyenangkan.…

12 Obyek Wisata Di Semarang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Semarang
12 Obyek Wisata Di Semarang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Semarang

Semarang, ibukota Provinsi Jawa Tengah ini adalah kota terbesar ke-5…

6 Obyek Wisata Di Tulungagung Yang Patut Dikunjungi
6 Obyek Wisata Di Tulungagung Yang Patut Dikunjungi

Tulungagung -  salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal…

10 Pantai Menawan Di Yogyakarta Yang Patut Dikunjungi – Wisata Yogyakarta
10 Pantai Menawan Di Yogyakarta Yang Patut Dikunjungi – Wisata Yogyakarta

Sedang berlibur ke Yogya? Atau ada rencana untuk berwisata ke…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *