Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Tengah  / 12 Obyek Wisata Di Semarang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Semarang

12 Obyek Wisata Di Semarang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Semarang


12 Obyek Wisata Di Semarang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Semarang

Semarang, ibukota Provinsi Jawa Tengah ini adalah kota terbesar ke-5 di Negara Indonesia. Kota ini terkenal dengan berbagai kulinernya yang lezat seperti Lumpia, Wingko, Bandeng Presto, dan lain-lain. Tidak hanya penduduk setempat, para pendatang ataupun wisatawan yang sedang berada di Kota Semarang sangat menyukai aneka kuliner tersebut.

Selain itu, bagi Anda yang sedang berwisata ke Kota Semarang, jangan lepaskan kesempatan untuk berkunjung ke beberapa tempat wisatanya yang telah terkenal hingga ke luar daerah. Ingin tahu aneka tempat wisata di Semarang?

Berikut 12 Obyek Wisata Di Semarang Yang Patut Dikunjungi :

obyek wisata di semarang1. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah adalah salah satu masjid terindah di Negara Indonesia.

Masjid yang terletak di Jln. Gajah Raya ini dapat menampung hingga 16 ribu jamaah. Luas masjid yang diresmikan pada tahun 2006 ini adalah sekitar 7.500 m2.

Selain berfungsi sebagai tempat ibadah bagi pemeluk agama Islam, Masjid Agung Jawa Tengah juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas lainnya seperti auditorium, ruang akad nikah, perpustakaan, museum budaya Islam, penginapan, toko souvenir, dan kafe. Selain itu juga tersedia fasilitas bermain untuk anak-anak.

Lawang Sewu2. Lawang Sewu

Lawang Sewu, bangunan kuno yang telah berdiri sejak zaman Belanda. Gedung ini merupakan salah satu saksi biksu sejarah Kota Semarang.

Lawang Sewu didirikan pada tahun 1904, dan pada masanya bangunan ini difungsikan sebagai kantor Perusahaan Kereta Api milik Belanda.

Diberi nama Lawang Sewu karena gedung ini memiliki banyak sekali pintu dan jendela. Selain itu, Lawang Sewu juga memiliki ruang bawah tanah yang berfungsi sebagai penjara.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Lawang Sewu, gedung yang megah dengan arsitektur khas masa lalu ini berada di Jln. Pemuda, Komplek Tugu Muda, Semarang. Untuk bisa masuk ke tempat wisata ini maka setiap wisatawan diharuskan membeli tiket seharga Rp 10.000.

Obyek wisata di Semarang ini telah terkenal hingga ke luar negeri.

Museum Ronggowarsito3. Museum Ronggowarsito

Setelah berkunjung ke Lawang Sewu, bagi wisatawan yang menyukai obyek wisata museum, sempatkan diri untuk berkunjung ke Museum Ronggowarsito.

Obyek wisata di Semarang ini berada di Jln. Abdurrahman Saleh, Nomor 1, Kalibanteng Kulon, yaitu sekitar 3 km dari Tugu Muda.

Museum Ronggowarsito memiliki aneka koleksi arkeologi, alam, sejarah, kebudayaan dan juga pembangunan serta wawasan nusantara. Tercatat ada sekitar 59.802 koleksi dan terbagi menjadi 10 jenis.

Museum yang berdiri di atas lahan seluas 1,8 hektar ini dibuka pada jam 08.00 s.d. 16.00 WIB. Harga tiket masuknya cukup murah, yaitu Rp 4000/orang dewasa dan Rp 2000 untuk anak-anak.

Komplek Pecinan4. Komplek Pecinan

Sebuah kawasan yang pada masa lalu menjadi pusat perdagangan maupun jasa yang dilakukan oleh kaum Tionghoa.

Pada tanggal 28 Juni 2005, terbit Surat Keputusan Walikota Nomor 650/157 yang menetapkan Komplek Pecinan sebagai kawasan revitalisasi dan sebagai pusat dari wisata budaya Tionghoa.

Di kawasan Pecinan, wisatawan dapat menemukan 1001 Kelenteng. Kelenteng tersebut telah berumur ratusan tahun dan terdiri dari 9 Kelenteng yaitu Kelenteng Tay Kak Sie, Kelenteng Siu Hok Bio, Kelenteng Tek Hay Bio, Kelenteng Tong Pek Bio, Kelenteng Kong Tiok Soe, Kelenteng Hoo Hok Bio, Kelenteng See Hoo Kiong, Kelenteng Ling Hok Bio dan Kelenteng Wie Hwie Kiong.

Selain itu, di Komplek Pecinan juga terdapat Pasar Tradisional (Gang Baru) yang berada diantara Jln. Gang Warung dan Jln. Wotgandul. Waroeng Semawis yang berada di sepanjang Jln. Gang Warung, siap untuk menjajakan aneka makanan/jajanan khas Semarang pada hari Jumat, Sabtu, dan hari Minggu dimulai pada jam 18.00 WIB.

Serta terdapat juga Pasar Imlek Semawis (agenda tahunan yang diselenggarakan selama 3 hari untuk menyambut tahun baru Imlek).

Bagi wisatawan yang ingin berwisata ke Komplek Pecinan, obyek wisata di Semarang ini berada Jln. Agus Salim arahkan kendaraan hingga melalui Jln. Pekojan lalu masuk ke Jln. Gang Pinggir.

Taman Rekreasi Wonderia5. Taman Rekreasi Wonderia

Tempat wisata di Semarang ini adalah area yang menyenangkan bagi warga Semarang untuk bersenang-senang bersama dengan keluarga.

Lokasinya yang strategis yaitu berada di Jln. Sriwijaya, pastinya tidak akan menyulitkan bagi siapa saja untuk berkunjung ke taman hiburan ini.

Di dalam Taman Rekreasi Wonderia terdapat aneka permainan seperti Kiddy Boat, Boom Boom Car, Space Gyro, Super Rally, Ghost House, Typhoon Coaster, dan Merry Go Round yang pastinya akan digemari oleh anak-anak. Harga tiket masuk ke wahana hiburan yang dibangun pada tahun 2007 ini adalah sebesar Rp 5.000.

Pagoda Buddhagaya Watugong6. Pagoda Buddhagaya Watugong

Pagoda yang berada di Jln. Perintis Kemerdekaan ini adalah pagoda tertinggi di Negara Indonesia.

Ketinggian Pagoda Buddhagaya Watugong mencapai 45 meter.

Selain sebagai tempat beribadah bagi pemeluk agama Budha, obyek wisata di Semarang ini juga sering dikunjungi oleh warga lokal maupun wisatawan.

Hal ini tidak terlepas dari bentuk bangunan Pagoda yang unik, indah dan menawan.

Pantai Tirang7. Pantai Tirang

Bagi wisatawan yang senang dengan obyek wisata pantai dan ingin melihat aktivitas pembudidayaan rumput laut, Anda bisa berkunjung ke sebuah pantai pasir hitam yang terkenal dengan nama Pantai Tirang.

Rimbunnya hutan mangrove di pinggir pantai, pastinya akan membuat suasana di tepi pantai menjadi lebih asri dan nyaman.

Selain itu, di pantai ini juga terdapat kawasan terumbu karang yang cukup luas yaitu sekitar 240,7 hektar.

Pantai Tirang berada di Ds. Tambakrejo, Kec. Tugu, Semarang. Setelah Anda berada di sebuah Komplek Perumahan yaitu Graha Padma, teruskan perjalanan hingga tiba di ujung jalan. Untuk menuju ke lokasi Pantai Tirang, sebaiknya wisatawan menggunakan motor.

Pantai Marina8. Pantai Marina

Pantai Marina lebih terkenal daripada Pantai Tirang. Lokasi pantai berada di Jln. Yos Sudarso.

Umumnya, pada hari libur ada banyak warga lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke Pantai Marina.

Berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di tempat wisata di Semarang ini antara lain jogging, bersepeda, bermain pasir, berenang dan juga mencoba untuk bermain ski air.

Bahkan, di Pantai Marina juga terdapat fasilitas kolam renang.

pantai maron9. Pantai Maron

Pantai yang hanya berjarak sekitar 3 km dari bandara Ahmad Yani ini, juga menjadi tempat wisata favorit bagi warga Semarang.

Meskipun jalan untuk menuju ke Pantai Maron cukup licin pada saat musim hujan, namun hal tersebut tidak membuat Pantai Maron jarang dikunjungi.

Harga tiket masuk obyek wisata di Semarang ini adalah sebesar Rp 3.000/orang. Setelah membeli tiket, wisatawan bisa bersantai di tepi pantai sembari menikmati keindahan alam Pantai Maron.

Kampoeng Wisata Taman Lele10. Kampoeng Wisata Taman Lele

Jika wisatawan ingin mencari tempat yang menyenangkan untuk bertamasya bersama dengan keluarga di wilayah Semarang, sempatkanlah untuk berkunjung ke Kampoeng Wisata Taman Lele.

Luas tempat wisata ini adalah sekitar 2 hektar dan telah dilengkapi dengan aneka fasilitas yang menyenangkan seperti danau buatan, kolam renang, arena bermain anak-anak, kebun binatang mini, gazebo, arena pertunjukan dan juga terdapat penginapan.

Kampoeng Wisata Taman Lele berada di Jln. Raya Walisongo, km 10, Kec. Ngaliyan, Semarang. Harga tiket masuk ke Kampoeng Wisata ini cukup murah yaitu sebesar Rp 2.000 pada hari Senin s.d. Sabtu, dan di hari Minggu sebesar Rp 3.500.

Pada masa liburan, harga tiket masuknya menjadi Rp 6.000. Taman wisata yang indah ini dibuka pada jam 08.00 s.d. 18.00 WIB.

Kebun Binatang Semarang11. Kebun Binatang

Apakah Anda senang berinteraksi dengan aneka satwa?

Di Semarang terdapat kawasan Kebun Binatang dengan luas kurang lebih 9 hektar dan berada di Jln. Walisongo, km 16, Mangkang, Semarang.

Harga tiket masuknya pun cukup murah yaitu sebesar Rp 7.500/orang pada hari Minggu/Libur Nasional. Anak-anak pasti sangat senang jika diajak berlibur ke tempat wisata di Semarang ini.

Beberapa satwa yang berada di Kebun Binatang ini adalah Merak Hijau, Pelikan, Burung Cangak Merah, Rusa Tutul, Komodo, Gajah Sumatera, dan lain-lain.

Selain itu, terdapat juga beberapa fasilitas permainan yang menyenangkan seperti kereta mini, sepeda air, naik Gajah, taman bermain dan sebagainya. Bagi yang senang memacu adrenalin, cobalah untuk bermain flying fox dan jaring Laba-Laba.

Baca : aneka wisata di Jawa Timur

Water Blaster Semarang12. Aneka Waterpark

Tidak lengkap jika liburan ke suatu daerah namun tidak mencoba kesegaran waterpark-nya.

Di Semarang terdapat beberapa waterpark yang layak untuk dikunjungi diantaranya :

Water Blaster, berada di Jln. Bukit Candi Golf, Nomor 1, Semarang. Tiket masuk pada hari Senin s.d. Jumat seharga Rp 35.000/orang; Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional seharga Rp 50.000/orang.

Semawis Waterpark, berlokasi di Jln. Semawis Raya, Nomor 01, Kedungmundu, Semarang. Harga tiket masuk pada Hari Biasa adalah sebesar Rp 15.000/orang, sedangkan Hari Libur sebesar Rp 25.000/orang.

The Fountain Waterpark, berlokasi di Jln. Bima Sakti Raya, Nomor 16, Ungaran, Semarang. Harga tiket masuk pada hari Senin s.d. Jumat adalah Rp 15.000/orang, sedangkan di Hari Libur Nasional, Sabtu dan Minggu sebesar Rp 25.000/orang.

Jungle Toon, waterpark ini berlokasi di Jln. Bukit Wahid Boulevard, Gedongsongo, Semarang. HTM : Senin s.d. Jumat sebesar Rp 20.000/orang, dan pada Hari Libur Nasional, Sabtu & Minggu seharga Rp 30.000/orang.

Itulah 12 tempat wisata di Semarang yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Please Share :

Related Post


11 Obyek Wisata Di Malang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Malang
11 Obyek Wisata Di Malang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Malang

Kota berhawa sejuk ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik…

20 Obyek Wisata Di Surabaya yang Patut Dikunjungi
20 Obyek Wisata Di Surabaya yang Patut Dikunjungi

Surabaya – Ibukota Provinsi Jawa Timur ini merupakan kota terbesar…

Melancong ke Gunung Nglanggeran
Melancong ke Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran lebih dikenal dengan Gunung Api Purba. Lokasinya di…

7 Obyek Wisata Di Lamongan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lamongan
7 Obyek Wisata Di Lamongan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lamongan

Lamongan – sebuah kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *