Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / 7 Obyek Wisata Di Situbondo Yang Patut Dikunjungi – Wisata Situbondo

7 Obyek Wisata Di Situbondo Yang Patut Dikunjungi – Wisata Situbondo


7 Obyek Wisata Di Situbondo Yang Patut Dikunjungi – Wisata Situbondo

Situbondo – salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal dengan hasil buminya seperti tebu, tembakau, dan buah mangga. Beberapa obyek wisata yang berada di kota ini juga sering dikunjungi oleh para wisatawan. Selain wisata pantai, di sana juga terdapat wisata alam pegunungan, perkebunan, dan sebagainya. Simak ulasannya mengenai aneka wisata di Situbondo.

Berikut 7 Obyek Wisata di Situbondo yang Patut Untuk Dikunjungi :

wisata di situbondo1. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran merupakan sebuah tempat tinggal bagi aneka satwa dan tanaman dengan luas sekitar 25.000 hektar.

Kawasan obyek wisata di Situbondo ini memiliki padang rumput yang luas (savana), hutan pantai, hutan mangrove, hutan musim, dan areal rawa.

Nama Baluran diambil dari nama sebuah gunung yang berada di dalam taman tersebut.

Tercatat ada 444 jenis tanaman yang tumbuh di wilayah taman nasional ini, dan telah beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang kering. Tanaman tersebut diantaranya adalah mimba, pilang, widoro bukol, asam jawa, kemiri, gadung, salam, dan sebagainya.

Aneka satwa yang berada di dalam taman meliputi 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung. Satwa liar tersebut antara lain kerbau, banteng, kijang, rusa, macan tutul, kucing bakau, kancil, ajag (anjing hutan), ayam hutan merah, layang-layang api, burung merak, rangkong, dan lain-lain.

Bagi wisatawan yang ingin berwisata ke Taman Nasional Baluran, lokasi tempat wisata ini berada di Banyuputih, Kab. Situbondo. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Situbondo, akan menempuh jarak sekitar 60 km untuk tiba di pintu gerbang Taman Nasional Baluran.

Beberapa tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan selama berada di dalam taman nasional adalah Savana Bekol (pos untuk mengamati aneka satwa), berkunjung ke Goa Peninggalan Jepang, ziarah ke Makam Putri Maulana Malik Ibrahim, dan rekreasi ke Pantai Bama yang berjarak sekitar 15 km dari pintu masuk. Di pantai ini Anda bisa bersantai, memancing dan snorkeling.

Pada hari kerja, harga tiket masuk ke kawasan Taman Nasional Baluran adalah sebesar Rp 5000/hari untuk wisatawan domestik, dan Rp 150.000/hari untuk wisatawan mancanegara. Sedangkan pada hari libur adalah sebesar Rp 7.500/hari untuk wisatawan domestik, dan wisatawan mancanegara sebesar Rp 225.000/hari.

Setiap kendaraan juga akan dikenakan biaya. Pada hari kerja, tarif sepeda motor adalah sebesar Rp 5000/hari, Rp 10.000/hari untuk mobil, dan mini bus atau kendaraan roda 6 akan dikenakan biaya sebesar Rp 50.000/hari. Pada hari libur, setiap kendaraan yang akan masuk akan dikenakan tambahan biaya sebesar 50 % dari tarif hari kerja.

Pantai Pasir Putih Situbondo2. Pantai Pasir Putih

Obyek wisata Pantai Pasir Putih berada di Dusun Kembangsambi, Ds. Pasir Putih, Kec. Bungatan, Kab. Situbondo.

Lokasinya yang strategis karena berada di tepi jalan utama Surabaya –  Banyuwangi, membuat tempat wisata ini sering dikunjungi oleh wisatawan.

Kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Pasir Putih adalah bersantai di tepi pantai, berenang, snorkeling, berlayar dengan menyewa perahu nelayan, dan menikmati sunset.

Bahkan, di lokasi wisata ini terdapat perahu yang memiliki landasan kaca (glass bottom boat), sehingga wisatawan bisa menikmati keindahan alam bawah laut dari atas perahu.

Beberapa fasilitas umum pun telah didirikan di pantai ini. Selain kedai makan dan toko cinderamata, juga terdapat mushola, jasa sewa pelampung, dan toilet. Bagi wisatawan yang ingin menginap, telah tersedia beberapa penginapan yang berada dekat dengan kawasan obyek wisata di Situbondo ini.

Pantai Pasir Putih Situbondo hanya berjarak sekitar 21 km dari pusat Kota Situbondo dan dapat ditempuh dalam waktu 30 menit. Harga tiket masuknya adalah sebesar Rp 5000/orang.

Pantai Pathek3. Pantai Pathek

Obyek wisata di Situbondo ini hanya berjarak sekitar 5 km di sisi utara dari pusat kota.

Pantai yang masih alami ini berada di Desa Gelung, Kec. Panarukan, Kab. Situbondo.

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pathek tidak seramai Pantai Pasir Putih.

Oleh karena itu, bagi Anda yang menyukai obyek wisata pantai dengan suasana yang relatif sepi, Pantai Pathek Situbondo adalah salah satu pilihan yang tepat.

Kegiatan yang menyenangkan di tempat wisata ini adalah bersantai di tepi pantai sembari menikmati panorama alamnya yang asri. Umumnya, wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pathek adalah pada sore hari, karena pada saat itu mereka berkesempatan untuk menyaksikan indahnya pesona matahari tenggelam.

Perkebunan Kopi Kayumas4. Perkebunan Kopi Kayumas

Perkebunan Kopi Kayumas merupakan salah satu obyek wisata di Situbondo yang menarik untuk dikunjungi.

Terutama bagi wisatawan yang gemar berpetualang dan menyukai minum kopi, Anda harus mencoba kelezatan kopi khas Kayumas.

Perkebunan yang berlokasi di Kec. Arjasa ini berjarak kurang lebih 47 km dari Kota Situbondo, dan berada pada ketinggian antara 760 s.d. 1550 meter dpl.

Suasana di kawasan wisata yang cukup dingin, membuat wisatawan ingin untuk segera meneguk segelas kopi hangat.

Sejak tahun 1886, kawasan ini telah dijadikan sebagai kebun kopi Arabica dan kina. Merk dagang kopi produksi Kayumas adalah “Java Coffee Kayumas”.

Saat ini, Perkebunan Kopi Kayumas yang berada di bawah pengelolaan PTPN XII, tidak hanya menghasilkan kopi Arabica. Produk unggulan yang lainnya adalah kopi Luwak.

Padang Rumput Sikasur5. Padang Rumput Sikasur

Bagi wisatawan yang menyukai wisata alam dan berkemah, Padang Rumput Sikasur adalah salah satu obyek wisata di Situbondo yang tepat untuk dikunjungi.

Tempat wisata ini berlokasi di Desa Baderan, Kec. Sumbermalang, Situbondo, berada di antara Puncak Rengganis dan Gunung Argopuro (Gunung Hyan).

Wisatawan yang berkemah di Padang Pasir Sikasur, selain dapat menikmati panorama alamnya yang menawan, mereka juga bisa bersantai di tepi Danau Sitanjung.

Di areal wisata ini juga terdapat sebuah lapangan terbang yang dibangun oleh AJM Ledeboer sekitar tahun 1940. Namun, lapangan terbang yang dahulu dipakai untuk kegiatan budidaya rusa dari luar negeri, saat ini sudah tidak dioperasikan lagi.

Air Terjun Setancak Situbondo6. Air Terjun Setancak

Obyek wisata di Situbondo ini berlokasi di Desa Mojosari, Kec. Asembagus, Kab. Situbondo.

Wisatawan akan menempuh perjalanan yang cukup lama yaitu sekitar 4 jam untuk tiba di lokasi Air Terjun Setancak dari pusat Kota Situbondo.

Sayangnya, kendaraan tidak bisa parkir di tepi air terjun. Anda harus berjalan kaki untuk menuju ke lokasi dengan menempuh jarak kurang lebih 2 km.

Kata Setancak berasal dari bahasa Madura yaitu “Tancak” yang berarti air yang memancar. Konon kabarnya, air yang mengalir di obyek wisata ini muncul secara tiba-tiba dari dalam tanah.

Selain menikmati keindahan alamnya yang menawan, wisatawan juga dapat melihat populasi burung Walet yang berada di samping air terjun. Air Terjun Setancak memiliki ketinggian sekitar 9 meter.

Kolam Renang Tirta Pandawa7. Kolam Renang Tirta Pandawa

Bagi wisatawan yang ingin berenang atau berwisata air, salah satu kolam renang di Kota Situbondo yang menjadi favorit warga setempat adalah Kolam Renang Tirta Pandawa.

Harga tiket masuknya adalah sebesar Rp 12.000/orang.

Pada obyek wisata Situbondo ini, terdapat dua kolam renang dengan tingkat kedalaman yang berbeda. Kolam orang dewasa memiliki kedalaman mulai dari 125 cm hingga 175 cm. Sedangkan kolam untuk anak-anak, kedalamannya sekitar 50 cm.

Di kolam anak telah disediakan 3 sliding (seluncuran) dengan ketinggian sekitar 2 meter. Selain itu, di kolam anak juga terdapat ember air (water bucket) yang siap untuk mengguyur setelah ember terisi penuh oleh air.

Kolam Renang Tirta Pandawa berlokasi di Jln. PB Sudirman, Patokan, Kab. Situbondo.

Setelah puas menikmati aneka tempat wisata di Situbondo, sekarang saatnya untuk beranjak dari kota tersebut menuju ke Probolinggo. Wisata apa saja yang ada di Probolinggo? Salah satunya adalah wisata Gunung Bromo.

Please Share :

Related Post


8 Obyek Wisata Di Ponorogo Yang Patut Dikunjungi – Wisata Ponorogo
8 Obyek Wisata Di Ponorogo Yang Patut Dikunjungi – Wisata Ponorogo

Ponorogo -  salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki…

Menelusuri Kecantikan Candi Prambanan di Yogyakarta
Menelusuri Kecantikan Candi Prambanan di Yogyakarta

Candi Prambanan adalah salah satu candi peninggalan dari abad ke-10…

6 Obyek Wisata Di Tulungagung Yang Patut Dikunjungi
6 Obyek Wisata Di Tulungagung Yang Patut Dikunjungi

Tulungagung -  salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal…

20 Obyek Wisata Di Surabaya yang Patut Dikunjungi
20 Obyek Wisata Di Surabaya yang Patut Dikunjungi

Surabaya – Ibukota Provinsi Jawa Timur ini merupakan kota terbesar…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *