Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / 10 Obyek Wisata Di Tuban Yang Patut Dikunjungi – Wisata Tuban

10 Obyek Wisata Di Tuban Yang Patut Dikunjungi – Wisata Tuban


10 Obyek Wisata Di Tuban Yang Patut Dikunjungi – Wisata Tuban

Tuban – salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti wisata religi, wisata pantai, dan wisata alam. Tidak hanya berwisata, wisatawan juga berkesempatan untuk menikmati aneka kuliner khas Tuban seperti sate bekicot, becek menthok, belut pedas, dan lain-lain. Agar suasana menjadi lebih segar, cobalah untuk menikmati minuman khasnya seperti es dawet siwalan, dan legen.

Sedangkan oleh-oleh yang wajib untuk dibeli ketika berkunjung ke Tuban diantaranya adalah batik gedog, buah siwalan, kecap laron, kerupuk udang, kerupuk ikan, dan terasi udang. Batik gedog yang kaya akan warna dan motif ini berpusat di Desa Kedungrejo, Kec. Kerek, Kab. Tuban. Apa sajakah aneka tempat wisata di Tuban?

Berikut 10 Obyek Wisata di Tuban yang Patut Dikunjungi :

pantai boom1. Pantai Boom

Terletak sekitar 150 meter di sisi utara alun-alun Kota Tuban, tepatnya di Kel. Kutorejo, Kec. Tuban, Kab. Tuban, terdapat sebuah daratan yang menjorok ke arah laut sejauh kurang lebih 800 meter.

Obyek wisata di Tuban ini dikenal dengan nama Pantai Boom.

Satu hal yang unik, di pantai ini terdapat 2 sumur air tawar. Kedua sumur tersebut berada di dalam bangunan berasitektur Jawa, dan pada dinding bangunan terdapat prasasti tentang sejarah Pantai Boom. Pantai yang indah ini adalah pelabuhan kuno di zaman Kerajaan Majapahit.

Kegiatan yang menyenangkan di Pantai Boom adalah bersantai di area taman tepi pantai atau di dalam gazebo, memancing ikan, dan menyaksikan pesona matahari terbit dan tenggelam. Selain itu, wisatawan juga dapat menyewa perahu nelayan untuk berlayar mengelilingi perairan Pantai Boom.

Untuk memasuki areal wisata Pantai Boom, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 2.500/orang.

Pantai Sowan2. Pantai Sowan

Obyek wisata pantai di Tuban ini dikelola oleh KPH Perhutani Tuban.

Pantai Sowan berada di tepi Jln. Pantura, tepatnya di Dusun Sowan, Ds. Bogorejo, Kec. Bancar, Kab. Tuban, berjarak kurang lebih 40 km dari pusat kota.

Ketika tiba di pintu masuk tertulis Wana Wisata Sowan, dan setiap pengunjung diwajibkan untuk membeli tiket sebesar Rp 3.000/orang.

Obyek wisata pantai ini memiliki luas kurang lebih 32 hektar. Di kawasan wisata Sowan wisatawan tidak hanya bisa menikmati panorama alam pantai, tetapi juga pesona hijaunya hutan yang tampak asri.

Aneka tanaman yang terdapat di hutan ini antara lain waru, randu, jati, klampis, akasia, mahoni, dan lain-lain. Sedangkan beberapa fauna yang dapat dijumpai di pantai ini antara lain burung kutilang, burung perkutut, burung cendet, burung jalak, burung prenjak, biawak, musang, dan sebagainya.

Disamping itu, berbagai fasilitas penunjang lain yang juga tersedia di sini adalah penginapan, warung makan, area bermain, mushola, dan kamar mandi.

pantai cemara tuban3. Pantai Cemara & Wisata Mangrove

Suasana di tepi pantai yang terlindungi oleh rindangnya pohon cemara, membuat setiap pengunjung merasa nyaman untuk bersantai menikmati panorama alam pantai di bawah pohon.

Obyek wisata di Tuban ini berlokasi di Desa Jenu, Kec. Jenu, Kab. Tuban, berjarak kurang lebih 8 km dari pusat kota.

Pantai Cemara & Wisata Mangrove tidak menarik biaya masuk untuk semua wisatawan yang berkunjung, kecuali jika mereka ingin memanfaatkan fasilitas listrik dan air bersih maka akan dikenakan biaya sekedarnya. Luas obyek wisata ini sekitar 56 hektar serta didominasi oleh tanaman bakau (mangrove) dan pohon cemara laut.

Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain areal parkir, gazebo, aula, kamar mandi, dan sebagainya. Pantai Cemara & Wisata Mangrove ini dikelola oleh Bapak Ali Mansur.

Pantai Kelapa Tuban4. Pantai Kelapa

Sesuai dengan namanya, obyek wisata di Tuban ini dipenuhi oleh tanaman kelapa yang tumbuh subur dan tampak asri.

Pantai Kelapa berlokasi di Desa Panyuran, Kec. Palang, yaitu kurang lebih 6 km dari pusat Kota Tuban.

Dikarenakan lokasinya yang berada di Desa Panyuran, maka Pantai Kelapa juga dikenal dengan nama Pantai Panyuran.

Selain bersantai, wisatawan juga dapat melihat aktivitas penduduk setempat yang berprofesi sebagai nelayan dan petani rumput laut. Bahkan jika Anda berjumpa dengan nelayan yang baru pulang dari melaut, Anda pun dapat membeli hasil tangkapan mereka seperti kepiting dan ikan laut.

Goa Ngerong5. Goa Ngerong

Goa Ngerong terletak di kaki bukit kapur dengan kedalaman sekitar 1,8 km.

Obyek wisata di Tuban ini sering dikunjungi oleh wisatawan terutama pada saat akhir pekan dan musim libur sekolah.

Bagi Anda yang menyukai wisata goa, tempat wisata ini berada di Desa Rengel, Kec. Rengel, Kab. Tuban.

Selain menikmati pesona goa dari luar, wisatawan juga dapat masuk ke dalam goa dengan menggunakan perahu karet. Airnya yang jernih membuat Anda dapat melihat aneka ikan dan kura-kura putih pada kolam kecil yang berada di dalam goa. Selain itu, di kedalaman ±1000 meter terdapat obyek wisata air terjun, dan sebelum wisatawan tiba di lokasi akan berjumpa dengan ribuan kelelawar.

Anak-anak sangat senang berlibur ke obyek wisata ini. Mereka dapat berenang menikmati segarnya air yang mengalir dari dalam goa sembari berinteraksi dengan aneka ikan. Setiap pengunjung juga diizinkan untuk memberi makan ikan berupa biji kapuk atau randu. Terdapat beberapa pedagang yang menjual makanan ikan tersebut di kawasan wisata ini.

Harga tiket masuk Goa Ngerong adalah sebesar Rp 3.000/orang.

Goa Akbar6. Goa Akbar

Obyek wisata di Tuban ini berada di bawah Pasar Baru Tuban, sehingga suasanya cukup ramai.

Dahulu goa ini merupakan tempat tinggal R.M. Sahid (Sunan Kalijogo). Kemudian beliau memberitahukan lokasi goa kepada Sunan Bonang.

Saat ini, obyek wisata Goa Akbar telah dikelola dengan baik. Pihak pengelola telah memfasilitasi goa dengan alat penerangan sehingga wisatawan dapat melihat stalagmit dan stalaktit dengan lebih jelas.

Selain itu, terdapat juga jalur yang telah dipaving dan dibatasi oleh pagar stainless steel, sehingga akan memudahkan setiap pengunjung menelusuri tiap-tiap sudut goa.

Beberapa hal yang akan dijumpai oleh wisatawan di dalam Goa Akbar selain stalagmit dan stalaktit antara lain musholla, tempat wudhu, kolam ikan air tawar, Paseban Wali, dan lain-lain.

Harga tiket masuk Goa Akbar yaitu sebesar Rp 5.000/orang.

Air Terjun Nglirip7. Air Terjun Nglirip

Pesona kecantikannya sungguh menawan. Obyek wisata di Tuban ini dikenal dengan nama Air Terjun Nglirip atau Grajagan Nglirip.

Ketinggian air terjun ini sekitar 30 meter dengan lebar mencapai kurang lebih 28 meter. Dibaliknya terdapat sebuah goa dengan ukuran yang cukup besar.

Air yang mengalir di kawasan wisata ini berasal dari Hutan Krawak yang berjarak kurang lebih 3 km dan menyatu di dalam sebuah dam.

Beberapa fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini antara lain shelter, dan kedai makanan.

Bagi Anda yang ingin berkunjung, Air Terjun Nglirip berada di Desa Mulyoagung, Kec. Singgahan, Kab. Tuban. Lokasinya cukup strategis karena berada tidak jauh dari jalan utama. Tanpa harus menuju ke tepi air terjun, wisatawan dapat menikmati pesonanya dari sebuah jembatan kecil yang berada di tepi jalan.

Pemandian Bektiharjo Tuban8. Pemandian Bektiharjo Tuban

Pemandian Bektiharjo Tuban merupakan tempat yang menyenangkan untuk berenang atau bermain air dimana airnya berasal dari mata air alami.

Obyek wisata di Tuban ini berlokasi di Desa Bektiharjo, Kec. Semanding, Kab. Tuban, berjarak kurang lebih 6 km dari pusat kota.

Di kawasan wisata ini terdapat dua buah kolam yaitu Sendang Lanang (khusus laki-laki) yang berada di sisi utara, dan di sebelah selatan terdapat Sendang Wadon (khusus wanita). Namun, saat ini peraturan tersebut tidak lagi diterapkan, setiap pengunjung bebas untuk berenang di kolam manapun.

Sendang Wadon difungsikan sebagai kolam renang berstandar Nasional, sedangkan Sendang Lanang menjadi tempat yang menyenangkan untuk berendam atau bermain air. Selain itu, Pemandian Bektiharjo Tuban juga memiliki kolam untuk anak-anak lengkap dengan fasilitas permainan seperti seluncuran.

Museum Kambang Putih9. Museum Kambang Putih

Museum Kambang Putih berada di pusat kota dan berdekatan dengan Masjid Agung Tuban, Makam Sunan Bonang, dan Town Square.

Obyek wisata di Tuban ini berlokasi di Jln. Kartini, Nomor 3.

Museum dibuka pada hari Selasa s.d. Minggu pada pukul 07.00 s.d. 14.00 WIB, kecuali hari Jum’at museum akan ditutup pada jam 11.00 WIB, dan di hari Sabtu museum akan tutup pada jam 12.00 WIB.

Museum Kambang Putih libur pada hari Senin dan Hari Besar Nasional.

Beberapa koleksi yang terdapat di Museum Kambang Putih diantaranya adalah uang kuno, wayang golek, wayang kulit, barongsai, aneka benda purbakala, dan sebagainya.

wisata di tuban10. Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban dibangun oleh Bupati Tuban pertama yang beragama Islam atau Bupati Tuban yang ke 7 yaitu Adipati Raden Ario Tedjo pada sekitar abad ke 15. Lokasi Masjid berada di Jln. Bonang, Kel. Kutorejo, Kec. Tuban, Kab. Tuban.

Saat ini, Masjid Agung Tuban memiliki 3 lantai dengan 6 buah menara dan dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 5.246 m2, dimana total luas bangunannya sekitar 3.565 m2.

Setelah selesai beribadah di Masjid Agung Tuban, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan wisata untuk berziarah ke Makam Sunan Bonang yang lokasinya berdekatan dengan masjid.

Apakah wisatawan pernah berkunjung ke Masjid Cheng Hoo? Salah satu tempat berdirinya Masjid Cheng Hoo berada di Kota Surabaya. Setelah mengunjungi aneka wisata di Tuban, berkunjunglah ke Kota Surabaya yang juga memiliki beberapa tempat wisata yang menarik. Salah satu tempat wisata tersebut adalah Monumen Kapal Selam.

Please Share :

Related Post


Lezat dan Gurihnya Ikan Wader – Kuliner Khas Surabaya
Lezat dan Gurihnya Ikan Wader – Kuliner Khas Surabaya

Siapa yang belum tahu Ikan Wader ? Di Indonesia ikan…

6 Obyek Wisata Di Mojokerto Yang Patut Dikunjungi – Wisata Mojokerto
6 Obyek Wisata Di Mojokerto Yang Patut Dikunjungi – Wisata Mojokerto

Mojokerto adalah salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang terkenal…

Menelusuri Kecantikan Candi Prambanan di Yogyakarta
Menelusuri Kecantikan Candi Prambanan di Yogyakarta

Candi Prambanan adalah salah satu candi peninggalan dari abad ke-10…

7 Obyek Wisata Di Jombang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jombang
7 Obyek Wisata Di Jombang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jombang

Kabupaten Jombang memiliki aneka pariwisata yang menarik untuk dikunjungi. Bagi…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *