Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / 6 Obyek Wisata Di Tulungagung Yang Patut Dikunjungi

6 Obyek Wisata Di Tulungagung Yang Patut Dikunjungi


6 Obyek Wisata Di Tulungagung Yang Patut Dikunjungi

Tulungagung –  salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan kerajinan marmernya. Kualitas marmer Tulungagung tidak hanya diakui di Indonesia, namun juga dunia. Selain berkunjung ke Industri Marmer Tulungagung, wisatawan juga dapat berwisata ke beberapa obyek wisata di Tulungagung.

Berikut 6 Obyek Wisata di Tulungagung yang Patut Dikunjungi :

wisata di tulungagung1. Air Terjun Lawean

Obyek wisata air terjun ini berada pada ketinggian 1.200 meter dpl, tepatnya di Dusun Turi, Ds. Geger, Kec. Sendang, Kab. Tulungagung.

Air Terjun Lawean berada pada jarak sekitar 25 km di sisi barat daya kota.

Dengan ketinggiannya yang mencapai kurang lebih 100 meter, Air Terjun Lawean mampu memberikan sebuah pesona yang menawan.

Obyek wisata di Tulungagung ini sangat tepat untuk dikunjungi bagi mereka yang menyukai tantangan dan gemar berpetualang. Setelah tiba di areal parkir kendaraan, perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 3 km.

Selain melintasi areal perbukitan, wisatawan juga akan menyebrangi sungai sebanyak 9 kali. Perjalanan panjang ini memang cukup melelahkan, oleh karena itu Anda harus mempersiapkan kemampuan fisik dan membawa bekal secukupnya.

Selain Air Terjun Lawean, juga terdapat wisata air terjun lainnya yang juga tak kalah menarik dengan ketinggian sekitar 30 meter, yaitu Air Terjun Pandan Wangi. Lokasinya tidak begitu jauh dari Air Terjun Lawean, dan berada di kawasan Perkebunan Teh Desa Nglurup.

Pantai Popoh2. Pantai Popoh

Pantai Popoh merupakan salah satu pantai favorit di Kab. Tulungagung. Tempat wisata ini berada di selatan kota pada jarak kurang lebih 30 km, tepatnya di Kecamatan Besuki.

Lokasinya yang berada di kawasan teluk, membuat ombak di tepi pantai tidak begitu besar.

Panorama alam pantainya begitu eksotis dimana terdapat tebing-tebing karang yang terjal di sekitar pantai.

Selain bersantai atau bermain air, wisatawan juga dapat menyewa perahu nelayan untuk berkeliling di sekitar kawasan teluk. Obyek wisata di Tulungagung ini merupakan tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan bersama dengan keluarga.

pantai coro3. Pantai Coro

Obyek wisata di Tulungagung ini bersebelahan dengan Pantai Popoh, bahkan pintu masuknya pun sama.

Setelah melalui pintu masuk, wisatawan akan bertemu dengan pertigaan, jika ke kanan akan menuju ke Pantai Popoh dan apabila ke kiri menuju ke Pantai Coro.

Ketika bertemu dengan Monumen Arca Seribu (Reco Sewu), ini merupakan areal parkir kendaraan. Kemudian perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 2 km, melintasi rumah penduduk, perbukitan, perkebunan, serta menyebrangi 7 sungai kecil dengan kedalaman sekitar 10 cm dan lebar kurang lebih 2 meter.

Setelah berjalan selama 30 menit, Anda akan tiba di sebuah pantai yang masih alami dan berpasir putih. Panorama alamnya sungguh menawan dan suasananya relatif sepi.

Pantai Coro adalah tempat yang menyenangkan bagi wisatawan yang mendambakan nuansa pantai yang tenang, nyaman, dan damai.

pantai sine4. Pantai Sine

Berjarak sekitar 35 km di sisi selatan Kota Tulungagung, Pantai Sine merupakan sebuah pantai pasir putih kecoklatan dengan ombak yang cukup besar.

Obyek wisata di Tulungagung ini berada di Desa Kalibatur, Kec. Kalidawir, Kab. Tulungagung.

Selain bermain air dan menikmati pesona alam pantainya, wisatawan juga dapat menyaksikan aktivitas nelayan setempat yang akan berangkat ke laut. Pantai Sine juga dikenal dengan nama Pantai Matahari Terbit.

Pantai Klatak5. Pantai Klatak

Obyek wisata pantai di Tulungagung ini berlokasi di Desa Keboireng, Kec. Besuki.

Jika Anda berangkat dari Kota Tulungagung, membutuhkan waktu kurang lebih 100 menit untuk tiba di lokasi pantai dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Panorama tepi pantainya dihiasi dengan batu-batu sungai dan hamparan pasir yang berwarna hitam. Kegiatan yang menyenangkan di kawasan wisata ini adalah bersantai, berenang, dan memancing.

Baca lebih lanjut mengenai wisata di Trenggalek.

industri marmer tulungagung6. Industri Marmer

Liburan ke Tulungagung tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Industri Marmer.

Lokasinya berada di Desa Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung, sekitar 15 km dari pusat kota. Selain di Desa Besole, industri marmer juga dapat ditemukan di Desa Gamping.

Aneka produk yang dihasilkan oleh industri ini antara lain beragam perlengkapan rumah, kantor, hotel, dan sebagainya. Produk tersebut tidak hanya terkenal di dalam negeri, namun juga telah dikirim sampai ke mancanegara.

Selain marmer, kawasan ini juga memiliki bahan lainnya seperti batu granit, onix, bobos, andesit, dan sebagainya.

Itulah beberapa tempat wisata di Tulungagung yang lebih didominasi oleh wisata pantai.

Please Share :

Related Post


7 Obyek Wisata Di Jombang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jombang
7 Obyek Wisata Di Jombang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jombang

Kabupaten Jombang memiliki aneka pariwisata yang menarik untuk dikunjungi. Bagi…

12 Obyek Wisata Di Jember Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jember
12 Obyek Wisata Di Jember Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jember

Jember -  Selain terkenal dengan kualitas tembakaunya, salah satu kabupaten…

5 Obyek Wisata Di Gresik Yang Patut Dikunjungi – Wisata Gresik
5 Obyek Wisata Di Gresik Yang Patut Dikunjungi – Wisata Gresik

Kabupaten Gresik terletak di dataran rendah dan berada di sebelah…

16 Obyek Wisata Di Blitar Yang Patut Dikunjungi – Wisata Blitar
16 Obyek Wisata Di Blitar Yang Patut Dikunjungi – Wisata Blitar

Selain dikenal sebagai kota bersejarah, Blitar juga mempunyai beberapa tempat…



One thought on “6 Obyek Wisata Di Tulungagung Yang Patut Dikunjungi

  1. Waoo keren sekali wisata di tulungagung ini,saya pernah kesini beberapa kali dan rasanya nggak ada bosennya menghabiskan waktu disana.Sukses terus Mas Admin Terimakasih sudah memperkenalkan Wisata Tulungagung ke dunia . Salam kenal



Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *