Home  /  Wisata Jawa  / 3 Wisata Goa di Yogyakarta

3 Wisata Goa di Yogyakarta


3 Wisata Goa di Yogyakarta

Bagi wisatawan yang sedang berlibur bersama dengan keluarga ke Yogyakarta, selain Anda berbelanja ke Malioboro, jangan lewatkan untuk berkunjung ke 3 wisata goanya. Apa sajakah 3 wisata goa di Yogyakarta? Berikut ulasannya. 

1. Wisata Alam dan Sejarah Goa Selarong

Goa Selarong merupakan salah satu wisata sejarah dan wisata alam yang cukup hits di Yogyakarta.

Lokasi ini juga kerap disebut sebagai wisata religius karena banyak digunakan untuk meditasi dan ritual lainnya.

Dari sejarahnya, goa ini merupakan markas pusat perjuangan Pangeran Diponegoro melawan Belanda. Terletak di kawasan Kembang Putihan, Guwosari, Bantul, Yogyakarta. Lokasinya sangat curam dan harus menaiki anak tangga sejauh 400 meter.

goa-selarong

Fasilitas

Obyek wisata ini memiliki sejumlah fasilitas menarik, diantaranya yaitu area parkir yang luas, pendopo, toilet umum, tempat ibadah, festival kesenian tradisional Selarong dan juga Air Terjun Sendang Manikmaya.

Tiket Masuk

Untuk menikmati wisata di Goa Selarong dikenakan tarif masuk sekitar Rp 2000 (harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan). Selain itu, pengunjung juga dikenakan tarif parkir kendaraan.

Transportasi

Banyak sekali transportasi umum yang bisa menjadi pilihan untuk menuju ke Goa Selarong. Misalnya dengan menggunakan bus umum dari Terminal Giwangan dengan jurusan Yogya – Bantul, lalu turun di Masjid Agung dan naik ojek ke lokasi.

Jika dari terminal Jombor, bisa dengan naik bus jurusan Yogya-Tempel, lalu turun di ring road perempatan jalan Bantul. Kemudian naik bus jurusan Yogya-Bantul dan turun di Masjid Agung.

Bila Anda dari bandara ataupun stasiun, wisatawan harus naik bus Trans Jogja terlebih dahulu untuk menuju ke terminal Giwangan.

goa-cerme2. Menelusuri Jejak Walisongo di Goa Cerme

Wisata goa yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi di Yogyakarta ialah Goa Cerme.

Lokasinya terletak pada ketinggian 500 meter dari permukaan laut, Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

Daya tarik goa ini ialah keindahan alam stalagtit, stalagmit, dan juga terdapat sungai bawah tanah.

Tak hanya itu, Goa Cerme merupakan goa yang panjang (sekitar 1,5 km dan menembus dua arah) dan dalam (dasar goa panjangnya sekitar 750 m dan menuruni 760 anak tangga). Dalam sejarahnya, Goa Cerme merupakan lokasi pertemuan walisongo untuk membahas dakwah Islam.

Fasilitas

Tidak banyak fasilitas yang ada di Goa Cerme. Namun, setidaknya telah tersedia fasilitas umum seperti toilet, tempat istirahat, tempat pertemuan, tempat ibadah, warung makan hingga pusat informasi.

Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati wisata Goa Cerme dikenakan tarif masuk sekitar Rp 2500/orang (harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan). Selain itu, juga ada biaya untuk parkir kendaraan, penyewaan topi senter dan juga jasa pemandu.

Transportasi

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, dari terminal Giwangan arahkan kendaraan menuju ke Imogiri Timur dan ikuti saja petunjuk ke arah Goa. Nantinya Anda akan melewati lokasi air terjun di kawasan Selopamioro dan melalui tanjakan yang cukup tajam.

Untuk Anda yang menggunakan transportasi umum bisa menggunakan angkutan rute Jogja-Imogiri-Cerme. Setelahnya Anda akan berjalan kaki menuju Goa.

3-wisata-goa-di-yogyakarta3. Pesona Indahnya Goa Pindul

Wisata Goa Pindul adalah lokasi yang cukup populer di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta.

Selain fasilitasnya yang cukup baik dan keindahan alamnya yang tersaji, goa ini juga dijadikan sebagai tempat untuk berolahraga dan berpetualang.

Lokasinya terletak di Dusun Gelaran, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta. Hal yang menarik di sana ialah kilauan stalagtit dan stalagmit yang seperti kristal dan eksotis.

Uniknya, untuk bisa menikmati dan menyusuri goa ini, wisatawan harus menggunakan ban pelampung.

Fasilitas

Fasilitas yang terdapat pada obyek wisata ini cukup lengkap, diantaranya adalah jasa pemandu dan penyewaan peralatan (yang biasanya tersedia dalam satu paket).

Selain itu juga tersedia homestay, toilet, tempat parkir, pemancingan dan rumah makan.

Tiket Masuk

Tempat wisata ini cukup baik di dalam memberikan pelayanan. Untuk tiket retribusi pengunjung dikenakan Rp 10000/orang.

Kemudian wisatawan bisa memilih paket yang tersedia diantaranya:

– Cave Tubing, Rp 35000 (lokal) dan Rp 50000 (asing)/orang;

– River Tubing Sungai Oya Rp 45000/orang;

– Geo Gelatik Rp 30000/orang.

Semua paket tersebut sudah termasuk pemandu, asuransi dan perlengkapan seperti pelampung, jaket, sepatu dan senter kepala.

Transportasi

Wisatawan bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Untuk kendaraan pribadi, dari Yogyakarta rutenya menuju ke Wonosari – Karangmojo – perempatan Angropolitan, lalu belok kiri dan ikuti jalan. Setelahnya Anda sudah sampai di Bejiharjo dan lokasi Dusun Gelaran tidak jauh dari sana.

Jika menggunakan transportasi umum, bisa dengan memakai bus jurusan Yogya-Wonosari. Kemudian dari Wonosari wisatawan bisa memanfaatkan jasa ojek untuk menuju ke lokasi Goa Pindul.

Please Share :

Related Post


7 Obyek Wisata Di Jombang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jombang
7 Obyek Wisata Di Jombang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jombang

Kabupaten Jombang memiliki aneka pariwisata yang menarik untuk dikunjungi. Bagi…

Museum Keraton Yogyakarta
Museum Keraton Yogyakarta

Museum merupakan salah satu tempat yang banyak dipilih baik untuk…

5 Obyek Wisata Di Madiun Yang Patut Dikunjungi – Wisata Madiun
5 Obyek Wisata Di Madiun Yang Patut Dikunjungi – Wisata Madiun

Jika berkunjung ke kota Madiun maka tak lengkap rasanya apabila…

6 Obyek Wisata Di Tulungagung Yang Patut Dikunjungi
6 Obyek Wisata Di Tulungagung Yang Patut Dikunjungi

Tulungagung -  salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *