Home  /  Wisata Bali  / Wisata Tanjung Benoa – Surga Wisata Air di Bali

Wisata Tanjung Benoa – Surga Wisata Air di Bali


Wisata Tanjung Benoa – Surga Wisata Air di Bali

Tanjung Benoa, sebuah perkampungan nelayan yang berkembang menjadi tempat wisata pantai yang indah, dengan beragam fasilitas olahraga air yang lengkap.

Perubahan pada kawasan wisata ini terlihat sangat signifikan, telah di bangun hotel-hotel berbintang, restoran berkelas, area shopping dan juga fasilitas SPA. Perubahan tersebut berdampak pada jumlah kunjungan wisatawan yang semakin meningkat, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Lokasi wisatanya yang mudah untuk dicapai, fasilitasnya yang lengkap, pesona alamnya yang indah, dan tersedia aneka permainan air yang sangat menarik, merupakan salah satu alasan bagi wisatawan untuk berwisata di Tanjung Benoa Bali.

wisata tanjung benoaSekitar tahun 1546, Tanjung Benoa merupakan pelabuhan kecil yang biasa digunakan oleh para pedagang dari negeri Cina.

Di pelabuhan ini, terjadi pertukaran barang dagangan antara pedagang Cina dan penduduk lokal. Bahkan ada beberapa pedagang Cina yang menetap di daerah ini, sehingga terdapat Vihara di Tanjung Benoa.

Perkembangan kawasan wisata Tanjung Benoa tidak terlepas dari perkembangan kawasan wisata di Nusa Dua.

Pada tahun 1976, BTDC (Bali Tourism Development Corporation) mulai membangun sebuah kawasan wisata yang mewah di Nusa Dua, sebuah kawasan yang tandus dan tidak produktif dikembangkan menjadi sebuah obyek wisata pantai yang indah.

Tanjung Benoa merupakan pantai berpasir putih, air lautnya jernih, ombaknya tenang, dan terdapat beberapa tumbuhan seperti pohon kelapa dan pohon palem di sekitar pantai. Dengan kelebihan tersebut, membuat kawasan wisata ini ikut mengalami perkembangan menjadi salah satu tempat wisata pantai yang menarik di pulau Bali.

parasailing

Pemerintah daerah Bali telah menetapkan kawasan wisata Tanjung Benoa sebagai pusat wisata bahari. Sehingga ada beberapa olahraga air yang menarik di kawasan wisata Tanjung Benoa, seperti :

  1. Seawalker, yaitu perjalanan di dasar laut dengan menggunakan sebuah helm khusus yang kedap air. Wisatawan dapat berinteraksi dengan kehidupan alam bawah laut Tanjung Benoa.
  2. Snorkeling, berenang di permukaan air sembari menikmati pemandangan indah di dalam laut.
  3. Diving, menyelam ke dalam laut dengan menggunakan peralatan selam seperti tabung oksigen, pakaian selam, sirip selam (kaki katak), dll. Hanya wisatawan tertentu yang bisa melakukannya, karena diperlukan keahlian khusus.
  4. Parasailing, permainan dengan menggunakan payung parasut, dimana wisatawan akan ditarik oleh speed boat berkeliling pantai Tanjung Benoa.
  5. Wakerboard, wisatawan berdiri di atas sebuah papan (board), lalu ditarik oleh speed boat.
  6. Waterski, wisatawan berdiri di atas papan ski, lalu ditarik oleh speed boat.
  7. Jetski, sebuah permainan yang menarik, karena wisatawan akan merasakan kenikmatan seperti mengendarai motor di laut.
  8. Rolling Donut, wisatawan akan duduk di dalam sebuah perahu karet yang berbentuk seperti donat, dan ditarik oleh speed boat.
  9. Flying Fish, sebuah permainan menggunakan perahu karet yang ditarik oleh speed boat sampai dengan perahu karet tersebut melayang di udara.
  10. Glassbottom Boat adalah perahu yang dilengkapi dengan kaca pada salah satu bagian di bawah perahu, sehingga wisatawan dapat menikmati pemandangan bawah laut dari atas perahu.

tanjung benoa

Kegiatan olahraga air ini hanya bisa dilakukan pada saat air laut pasang, biasanya dimulai sejak jam 8 pagi sampai dengan jam 12 siang.

Di pulau Bali terdapat beberapa agen wisata yang menawarkan paket olahraga air dengan harga yang kompetitif. Salah satu paket tersebut diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin menikmati aneka permainan air di kawasan wisata Tanjung Benoa.

Selain itu, Pemerintah daerah Bali juga telah membuat sebuah tempat untuk penangkaran Penyu, yang lebih dikenal dengan nama pulau Penyu. Wisatawan dapat berkunjung ke pulau tersebut, agar bisa mengetahui cara budidaya Penyu yang saat ini termasuk dalam salah satu hewan langka.

glassbottom boat

Kawasan wisata Tanjung Benoa juga dilengkapi dengan fasilitas hotel dan restoran berkelas, sehingga dapat memberikan kepuasan bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini.

Bagi wisatawan yang gemar berbelanja, di lokasi ini juga tersedia area shopping yang menjual aneka produk seperti pakaian, souvenir, hasil kerajinan, dan lain-lain. Setelah lelah berbelanja, wisatawan dapat memanjakan diri untuk menikmati beberapa tempat SPA terbaik di kawasan wisata Tanjung Benoa.

Dengan beberapa kelebihan yang dimilikinya, membuat kawasan wisata Tanjung Benoa tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan.

Transportasi Menuju ke Wisata Tanjung Benoa

Tanjung Benoa berlokasi di kelurahan Tanjung Benoa, kec. Kuta Selatan, Badung, Bali, memiliki jarak sekitar 13 km dari bandar udara Ngurah Rai.

Wisatawan dapat menggunakan transportasi darat seperti taksi, mobil, dan sepeda motor untuk menuju ke kawasan wisata Tanjung Benoa.

Penginapan di Tanjung Benoa

Tersedia beberapa hotel atau villa di kawasan wisata Tanjung Benoa, yang dapat dijadikan pilihan bagi para wisatawan sesuai dengan keinginan masing-masing.

Penginapan tersebut diantaranya :

Bintang 1

  1. Andree Home Stay

Perum Siligita Blok H/1 Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, Bali

  1. D’ Kubu Pratama

Jl. Pratama No. 26 A, Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, Bali

Bintang 3

  1. ION Bali Benoa

Jl. Pratama No. 93, Kuta Selatan, Badung, Bali

  1. The Benoa Beach Front Villa & Spa

Jl. Pratama No. 15 B, Kuta Selatan, Badung, Bali

  1. Ibis Styles Bali Benoa

Jl. Pratama No. 57 A, Kuta Selatan, Badung, Bali

Bintang 4

  1. Segara Condotel

Jl. Segara Windu, Tanjung Benoa, Kuta Selatan, Badung, Bali

  1. Kind Villa Bintang

Jl. Pratama, Tanjung Benoa, Kuta Selatan, Badung, Bali

  1. Rumah Bali Bed & Breakfast

Jl. Pratama, Tanjung Benoa, Kuta Selatan, Badung, Bali

Bintang 5

  1. Grand Aston Bali Beach Resort

Jl. Pratama No. 68 X, Tanjung Benoa, Kuta Selatan, Badung, Bali

  1. The Bali Khama

Jl. Pratama No. 100 X, Nusa Dua – Tanjung Benoa, Kuta Selatan, Badung, Bali

  1. Grand Mirage Resort & Thalasso Bali

Jl. Pratama No. 74, Tanjung Benoa, Kuta Selatan, Badung, Bali

Saran

  1. Untuk melindungi kulit dari panasnya sinar matahari, maka disarankan bagi wisatawan menggunakan krim tabir surya sebelum menuju ke pantai.
  2. Harga yang ditawarkan oleh agen wisata untuk segala permainan air di Tanjung Benoa, lebih kompetitif dibandingkan wisatawan langsung membayar di tempat.
  3. Harga sewa mobil di pulau Bali cukup murah, namun jika wisatawan ingin mendapatkan harga sewa mobil yang lebih murah, maka wisatawan bisa menyewa mobil tersebut bersama wisatawan yang lain.
  4. Setelah menikmati beberapa wisata pantai yang ada di Bali, lanjutkan perjalanan wisata Anda untuk berkunjung ke Pura Uluwatu.

Tanjung Benoa, wisata pantai yang difasilitasi dengan banyak permainan/olahraga air. Disamping itu, wisatawan yang berkunjung tidak hanya mencoba permainan air, mereka juga bisa bersantai di tepi pantai sembari menikmati sejuknya angin pantai dan indahnya panorama pantai.

Berenang di pinggir pantai juga merupakan kegiatan yang asyik di Tanjung Benoa. Wisatawan bisa merasakan kesegaran air laut sembari bercanda bersama keluarga.

Please Share :

Related Post


Wisata Alam Sangeh di Pulau Bali
Wisata Alam Sangeh di Pulau Bali

Pulau Bali tidak hanya terkenal karena memiliki beberapa wisata pantai…

Pantai Pandawa – Secret Beach Bali Yang Mempesona
Pantai Pandawa – Secret Beach Bali Yang Mempesona

Pantai Pandawa, salah satu pantai indah di selatan pulau Bali.…

Air Terjun Gitgit – Wisata Air Terjun di Kabupaten Buleleng
Air Terjun Gitgit – Wisata Air Terjun di Kabupaten Buleleng

Berlibur di Kabupaten Buleleng merupakan salah satu pilihan yang tepat…

Menyaksikan Devdan Show – Pertunjukan Budaya Nusantara
Menyaksikan Devdan Show – Pertunjukan Budaya Nusantara

Devdan Show, sebuah pertunjukan spektakuler yang menyajikan hiburan yang sarat…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *