Home  /  Wisata Bali  / Wisata Ubud Bali – Pusat Budaya Bali

Wisata Ubud Bali – Pusat Budaya Bali


Wisata Ubud Bali – Pusat Budaya Bali

Ubud, sebuah tempat wisata yang telah terkenal sejak tahun 1930 dan sering disebut sebagai desa bertaraf internasional. Obyek wisata ini menawarkan pesona alam pedesaan yang sangat indah, udaranya bersih dan menyegarkan, serta merupakan salah satu tempat di pulau Bali yang tetap menjaga seni dan budaya Bali.

Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat Ubud tidak bisa terlepas dari seni dan budaya. Sebagian masyarakatnya berprofesi sebagai seniman, seperti seniman tari, seniman lukis, dan seniman kerajinan tangan.

Di sana dapat kita jumpai beberapa galeri seni hasil kerajinan tangan yang unik dan indah. Pertunjukan seni musik dan tari juga digelar secara bergantian di masing-masing penjuru desa setiap malamnya. Ubud sungguh merupakan tempat yang menyenangkan untuk mengenal dan mempelajari seni budaya Bali.

Kondisi lingkungan Ubud yang alami dan jauh dari kebisingan kota, menawarkan pesona alam pegunungan dan persawahan yang dihiasi dengan jurang dan sungai. Sehingga tempat wisata ini menjadi tempat yang tepat untuk bersantai, melepaskan diri dari beban pekerjaan rutin yang sangat menguras pikiran dan tenaga.

Di pagi dan sore hari, terlihat beberapa wisatawan begitu asyik bersepeda menelusuri jalan-jalan persawahan sembari menikmati ketenangan dan keindahan alam Ubud.

wisata-ubud-baliAdapun kegiatan lain yang disukai oleh para wisatawan adalah Yoga.

Tersedia beberapa kelas Yoga yang bisa dijadikan tempat bagi para wisatawan untuk mengikuti Yoga, baik untuk pemula ataupun profesional.

Beberapa hotel berkelas di Ubud juga memiliki fasilitas untuk Yoga, bahkan ada beberapa dari mereka yang memberikan fasilitas gratis bagi tamunya untuk mengikuti Yoga.

Umumnya tempat Yoga tersebut dilengkapi dengan pesona alam persawahan dan sungai.

Bagi wisatawan yang ingin belajar mengenai seni dan budaya Bali, di Ubud tersedia beberapa sanggar seni yang siap untuk membimbing para wisatawan.

Suasana belajar yang kondusif didukung dengan keadaan alam yang menyejukkan, akan membuat proses pembelajaran menjadi semakin nyaman, tenang dan menyenangkan. Tidak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang datang untuk belajar di sini.

Berikut beberapa kegiatan lainnya yang menyenangkan di wisata Ubud Bali :

  1. Arung Jeram di sungai Ayung

Rafting atau arung jeram merupakan sebuah olahraga air yang menegangkan namun sangat menyenangkan.

Bagi wisatawan yang ingin mencoba arung jeram di sungai Ayung, tersedia beberapa perusahaan yang siap untuk memandu para wisatawan menelusuri arus sungai Ayung.

Perusahaan tersebut antara lain : Payung Rafting, Bali Adventure Rafting, dan Sobek Rafting Ayung.

Setelah instruktur memberikan penjelasan mengenai peralatan yang akan digunakan untuk arung jeram, seperti perahu karet, jaket keselamatan, dayung, posisi duduk, cara menyelamatkan diri jika perahu terbalik, dan lain-lain.

arung jeram ayung

Wisatawan akan segera menelusuri sungai Ayung sepanjang 12 km dengan dikawal oleh seorang instruktur yang telah berpengalaman. Perjalanan ini akan ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam.

1 perahu dapat dimuati oleh 5 orang, 4 orang wisatawan dan 1 orang instruktur. Selama perjalanan wisatawan dapat menikmati pesona alam sungai Ayung sambil berfoto di bebatuan pinggir sungai.

Setelah sampai di tempat tujuan wisatawan bisa beristirahat. Telah tersedia tempat untuk beristirahat, kamar ganti, kamar mandi dan handuk.

Pihak pengelola wisata juga telah menyediakan hidangan makan siang yang begitu menggugah selera.

  1. Berkunjung ke beberapa pura di Ubud

Pura Taman Saraswati

Pura Taman Saraswati adalah tempat pemujaan kepada Dewi Saraswati yang berlokasi di Jl. Raya Ubud.

Pura ini memiliki kolam yang banyak ditumbuhi dengan bunga Teratai dan hampir pada setiap bangunan pura dihiasi dengan seni ukir karya para seniman Ubud.

Wisatawan juga bisa menyaksikan pertunjukan tari Kecak yang digelar setiap hari Selasa dan Kamis jam 19.30 WITA.

Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 75 ribu/orang, wisatawan dapat menikmati pertunjukan tersebut yang diselenggarakan di atas sebuah panggung yang dikelilingi oleh kolam bunga Teratai.

Pura Gunung Lebah

Pura Gunung Lebah selain merupakan tempat yang sakral, pura ini juga menyimpan sebuah sejarah bagi masyarakat Ubud, karena pemukiman masyarakat Ubud pertama kali didirikan di dekat Pura Gunung Lebah.

pura gunung lebah

Nama Ubud sendiri memiliki arti yaitu obat. Pemberian nama tersebut dikarenakan di tepi sungai yang mengalir di dekat pemukiman, tersedia berbagai jenis tanaman obat.

Pura Yeh Pulu

Pura Yeh Pulu berlokasi di persawahan, selain melihat relief sejarah pada pura, wisatawan juga bisa menikmati pesona alam persawahan.

  1. Berkunjung ke museum
Di daerah Ubud terdapat 6 buah museum yaitu:

Arma Museum Ubud Atau Museum Agung Rai

Selain memiliki koleksi lukisan, di tempat ini para wisatawan bisa mengetahui seni dan budaya tradisional masyarakat Bali. Disamping itu, museum ini juga menawarkan keindahan kebun bunga anggrek dan lily pond yang tertata dengan rapi.

Museum Neka Ubud

Museum Neka akan menyajikan koleksi beberapa lukisan karya para seniman lokal dan mancanegara. Saat ini, koleksi lukisan pada museum Neka Ubud mencapai angka lebih dari 300 buah lukisan.

Museum Puri Lukisan

Museum ini memiliki koleksi berupa lukisan tradisional dan modern khas Bali. Selain itu, di museum Puri Lukisan para wisatawan dapat menjumpai beberapa karya seni ukir khas Bali.

museum puri lukisan

Museum Blanco Ubud

Museum Blanco Ubud menawarkan lukisan karya pelukis keturunan Spanyol & Amerika yang bernama Mario Antonio Blanco. Terdapat sekitar 300 karya seni lukis yang tersimpan pada museum ini.

Sang maestro begitu piawai dalam menggambarkan kecantikan seorang wanita. Salah satu wanita yang menjadi obyek lukisan sang maestro adalah penari Bali yang bernama Ni Ronji, beliau adalah istri sang maestro.

museum blanco ubud bali

Dua buah museum lainnya yang juga wajib untuk dikunjungi oleh para wisatawan adalah Rudana Museum, dan Museum Marketing yang telah diresmikan pada tahun 2011.

  1. Berkunjung ke Goa Gajah

Goa Gajah diperkirakan berasal dari kata “Lwa Gajah” yaitu wihara sebagai tempat pemujaan para Bhiksu dari umat agama Budha. Kata “Lwa” mengandung arti yaitu sungai, sehingga bisa diambil kesimpulan Lwa Gajah adalah tempat pertapaan yang berada di tepi sungai.

Selain itu, pada tempat wisata ini terdapat pepohonan yang telah berumur ratusan tahun.

  1. Wisata ke Monkey Forest Ubud

Monkey Forest Ubud merupakan cagar alam bagi 340 ekor monyet atau kera ekor panjang. Pada cagar alam ini, ada 4 kelompok monyet. Masing-masing kelompok terdapat pada daerah yang berbeda.

  1. Menonton pertunjukan Tari Kecak

Pada obyek wisata Ubud, pementasan tari Kecak akan dilaksanakan pada malam hari sekitar jam 19.00 WITA.

Informasi lengkap mengenai tempat diselenggarakannya pertunjukan tari Kecak dapat wisatawan tanyakan kepada pihak hotel atau agen wisata yang terdapat di Ubud.

Harga untuk bisa menonton pertunjukan tari Kecak yang dibawakan oleh 50 hingga 100 orang pria, sekitar Rp 75.000-100.000/orang.

  1. Menyaksikan pertunjukan Tari Barong Ket

Tari Barong Ket merupakan seni tari tradisional Bali dimana para penari menggunakan topeng dan kostum yang menyerupai hewan. Untuk melakukan tari Barong Ket diperlukan 2 orang penari yang diberi nama Juru Bapang atau Juru Saluk.

Pementasan tari ini juga disertai dengan tari Rangda, sebuah sosok yang terlihat seram sebagai perwakilan dari keburukan. Tari Rangda berlawanan dengan tari Barong Ket sebagai simbol kebajikan.

Pementasan seni tari ini akan diiringi dengan alat musik tradisional Bali yang dikenal dengan nama Gambelan.

  1. Menonton pertunjukan Tari Legong

Tari Legong  merupakan salah satu jenis tarian Bali dengan variasi gerakan yang sangat banyak, atraktif dan juga unik. Kata Legong berasal dari 2 buah kata yaitu “Leg” yang berarti lentur dan luwes dan ”Gong” yang berarti alat musik tradisional Bali.

tari legong

Sehingga secara umum arti tari Legong adalah sebuah tarian yang lentur dan luwes, diiringi dengan suara musik dari gambelan, sehingga gerakan para penari harus seirama dengan suara musik.

  1. Menikmati keindahan Air Terjun Tegenungan

Tidak lengkap rasanya jika wisatawan tidak berkunjung ke air terjun Tegenungan. Suara air yang menghempas batu karang, dikelilingi dengan pesona alam indah di sekitar lokasi air terjun, dapat memberikan sebuah terapi alam yang menyehatkan bagi para wisatawan.

air terjun tegenungan

  1. Menyegarkan pikiran dengan keindahan Tegalalang Ubud

Tegalalang Ubud, desa yang memberikan lukisan alam yang sangat indah. Di tempat ini wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan terasiring persawahan yang ditata dengan rapi.

  1. Berburu oleh-oleh di Pasar Ubud

Bagi wisatawan yang ingin berburu oleh-oleh, wisatawan bisa memperolehnya di Pasar Ubud. Aneka jenis kerajinan khas Bali seperti patung, sandal, tas, lukisan, dan masih banyak lagi kerajinan lainnya, dapat di beli di Pasar Ubud dengan harga terjangkau.

Apalagi jika wisatawan piawai dalam menawar harga, maka harga barang yang di beli akan jauh lebih murah.

Para pedagang di Pasar Ubud adalah orang Bali, umumnya para pedagang Bali akan memberikan harga spesial bagi pembeli pertama di toko mereka. Oleh karena itu, usahakan untuk datang ke Pasar Ubud pada saat mereka baru membuka toko.

Jika wisatawan ingin mencoba aneka jajanan khas Bali seperti bubuh sagu, bubuh sumsum, jaja klepon, jaja jongkok, dan lain-lain, wisatawan harus mengunjungi Pasar Ubud pada pagi hari.

Karena di pagi hari aneka jajanan tersebut masih fresh dan tersedia banyak pilihan dengan harga yang murah.

Untuk wisatawan mancanegara, jangan khawatir terkendala masalah bahasa. Para pedagang di Pasar Ubud telah terbiasa melayani pembeli dari luar negeri, sehingga mereka bisa berbicara menggunakan bahasa Inggris.

  1. Bagi wisatawan yang mempunyai hobi memasak, di beberapa restoran dan hotel di tempat wisata ini menyediakan kelas untuk belajar memasak. Beberapa menu khas yang sering dipelajari oleh para wisatawan adalah sate lilit, lawar, nasi goreng, gado-gado, dll.
  2. Wisata kuliner di Ubud

Obyek wisata di Bali ini merupakan tempat yang menyenangkan bagi para pecinta kuliner. Karena tempat wisata ini, telah menyediakan beberapa restoran yang menyajikan aneka makanan khas Bali, Eropa, dan Amerika.

Transportasi Menuju Ke Wisata Ubud Bali

Wisata Ubud Bali berlokasi di kabupaten Gianyar, sekitar 40 km dari bandara Ngurah Rai. Wisatawan bisa menggunakan moda transportasi darat untuk menuju ke sana, seperti taksi, bus, dan menyewa mobil atau motor.

Fasilitas Pada Obyek Wisata Ubud Bali

Ubud merupakan sebuah desa yang lengkap dengan segala fasilitas sehingga dapat memberikan kepuasan kepada para wisatawan yang berkunjung. Beberapa wisatawan menyatakan tempat wisata ini adalah sebuah desa bertaraf internasional.

Beberapa fasilitas tersebut yaitu :

  1. Tersedia beberapa penginapan dari hotel berbintang hingga penginapan kelas melati.
  2. Tersedia warung makan atau restoran yang menyajikan aneka hidangan lezat dari dalam dan luar negeri.
  3. Tersedia fasilitas SPA yang siap untuk memanjakan para wisatawan.
  4. Tersedia fasilitas Yoga dengan panorama alam persawahan dan sungai.
  5. Fasilitas umum lainnya seperti toko souvenir, toko yang menjual makanan dan minuman ringan, dll.

Ubud, sebuah desa yang indah, kaya akan nilai seni dan budaya, serta melahirkan banyak seniman di bidang seni patung, seni tari, seni musik tradisional, dan seni lukis.

Beberapa wisatawan menyatakan bahwa Ubud adalah pusat budaya Bali. Bagi wisatawan yang sedang berlibur di Bali, persiapkan waktu anda untuk mengunjungi obyek wisata Ubud yang telah terkenal sampai ke mancanegara.

Please Share :

Related Post


Pantai Tersembunyi Di Bali – Keindahan Alam Pantai Yang Masih Alami
Pantai Tersembunyi Di Bali – Keindahan Alam Pantai Yang Masih Alami

Bagi wisatawan yang berencana atau sedang berlibur ke Bali, berkunjung…

Arts Centre Bali – Taman Budaya Bali Yang Mempesona
Arts Centre Bali – Taman Budaya Bali Yang Mempesona

Arts Centre Bali (Taman Budaya Bali) adalah kompleks bangunan yang…

Pantai Legian – Pantai Menawan di Pulau Bali
Pantai Legian – Pantai Menawan di Pulau Bali

Lokasi Pantai Legian berdekatan dengan Pantai Kuta, tepatnya di sebelah…

Pura Besakih – Pura Terbesar di Indonesia
Pura Besakih – Pura Terbesar di Indonesia

Pura Besakih merupakan Pura terbesar di Pulau Bali. Pura ini…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *